Home / Peristiwa / Teknik ini akan membantu Anda bertahan hidup jika di serang hewan buas

Teknik ini akan membantu Anda bertahan hidup jika di serang hewan buas

Bhaca.com – Di dunia ini tentu banyak hewan buas yang siap membunuh manusia. Artikel ini akan membantu Anda untuk melakukan apa saja yang dibutuhkan jika bertemu degan hewan buas.

Dikutip dari laman brightside, jika suatu hari Anda bertemu dengan hewan buas, teknik ini mungkin akan menyelamatkan kamu. Perilaku setiap hewa buas tidak sama, oleh karena itu akan sangat penting jika mengetahui cara-cara agar bisa menyelamatkan diri sendiri jika bertemu hewan buas.

Berikut ini, merupakan hal yang harus dilakukan jika bertemu hewan-hewan buas:

1. ikan hiu

hiu

Hiu sudah di kenal dengan hewan buas yang bisa menyerang manusia. Memang tida semua jenis hiu menyerang manusia, namun harus tetap waspada juga.

  • Hindari air yang tercemar dengan darah ataupun air kencing. Hiu bisa merasakan bau darah ataupun air kencing dari jarak beberapa kilometer.
  • Jika sudah terlanjur bertemu dengan hiu, maka jangan kabur dengan panik, Anda harus melihat matanya dan menghindari hiu  perlahan-lahan.
  • Jika Anda sudah berada di dekat hiu dan susah untuk mengindar lagi, maka pukul dengan tangan di daerah mata ataupun insangnya.

2. Kangurukanguru

Kanguru akan menyerang jika ia merasa terancam, apabila Anda memasuki wilayahnya hal itu sudah termasuk ia merasa terancam dengan keberadaan Anda. Untuk menghindari konflik dengan kanguru, maka ikutilah langkah dibawah ini.

  • Lakukan batuk singkat dan tetap tenang, atau lakukan seakan Anda memiliki penyakit. Maka Anda tidak akan di serang oleh kanguru.
  • Mundur secara perlahan-lahan, kanguru akan merasa tetap aman dan mengangap Anda bukan sebagai Ancaman.
  • Jangan membalikan badan ataupun lari, hal itu akan membuat Anda di kejar oleh kanguru karena merasa terprovokasi.

3. Singasinga

Singa tentu merupakan hewan yang sangat mengerikan. Singa biasanya akan menyerang jika Anda membelakanginya atau membalikan badan Anda. Saat Anda melihatnya, maka ia akan langsung menyerang Anda. Hal-hal yang perlu di ketahui agar aman adalah:

  • Cobalah untuk terlihat lebih besar, angkat legan dan jaket Anda. Singa akan berusaha untuk menghindari Anda.
  • Bicara dengan singa dengan suara yang keras dan percaya diri. Singa akan merasakan bahwa Anda sangat berbahaya jika terus berada di dekat Anda. Beberapa saat kemudian ia akan segera pergi meninggalkan Anda.

4. Gajahgajah

Gajah liar sangat berbeda dengan gajah yang biasa kita temui di kebun binatang. Gajah akan sangat berbahaya jika berada di dekatnya, terutama gajah betina. Karena gajah betina selalu beranggapan Anda berbahaya bagi anaknya.

  • Perlu di ketahui, jika seekor gajah sudah menunjukan bahasa tubuh seperti telinga yang terlihat ke belakang, berarti dia sedang bersiap-siap untuk menginjak Anda.
  • Jika gajah mulai menyerang maka Anda harus mulai mencari suatu tempat yang dapat menghalangi gajah untuk sampai di depan Anda. Anda juga harus tetap tenang dan jangan melakukan gerakan yang akan membuat dia menyerang Anda.

5. Badakbadak

Badak adalah hewan yang paling menakutkan, badak memiliki penglihatan yang buruk dan sangat mudah untuk membuat mereka gampang emosi dan menyerang Anda. Badak memiliki kecepatan lari sampai 60 km per jam, sangat sulit untuk melarikan diri dari badak jika sudah di kejar.

  • Satu-satunya cara untuk mengindari serangan badak adalah dengan cara berdiri di belakang pohon dan segera menuju semak-semak ataupun rumput yang tinggi. Hal itu akan menghambat badak, dan ia tidak akan mengejar Anda lagi.

6. Kuda nilkuda nil
Kuda nil sudah tercatat sering membunuh manusia, dan termasuk sebagai hewan yang berbahaya jika berada di dekat manusia. Kuda nil memang memiliki berat badan yang besar, namun kuda nil bisa berlari dengan kecepatan 30 km per jam. Hewan ini juga sangat mudah tersingung dan marah.

  • Disaat cuaca sendang panas, kuda nil suka berada di tempat rumput yang tinggi, hindari tempat seperti itu.
  • Jika kuda nil mulai menyerang, maka sesegera mungkin untuk pergi ke tempat yang sulit di jangkau oleh kuda nil. Seperti pohon, bebatuan tinggi, tunggu sampai ia menginggalkan Anda.

7. Bantengbanteng

Banteng sebenarnya akan terpancing atau marah dengan gerakan yang mendadak. Banteng bukanlah seekor hewan yang terprovokasi dengan warna. Jadi Anda jangan berpikiran warna merah akan membuat dia marah.

  • Jika banteng berlari di dekat Anda, maka Anda cukup berdiri tegak dan diam saja. Gunakan sesuatu yang ada di bagian tubuh Anda, seperti topi ataupun kain sapu tangan. Begitu bantengnya cukup dekat dengan Anda, maka buanglah topi ataupun sapu tangan Anda. Maka ia akan mengejar topi atau sapu tangan itu.

8. Ubur uburubur-ubur

Sengatan ubur-ubur pasti memberikan rasa gatal dan sakit yang panjang. Orang-orang berkata jika menyiram dengan air kencing adalah hal pertama yang harus di lakukan, namun itu adalah mitos.

  • Setelah Anda mendapatkan sengatan dari ubur-ubur, maka segera mencucinya dengan air asin. Air tawar hanya akan memperburuk situasi, kemudian dengan menggunakan pinset untuk melepas sisa sisa tentakel ubur-ubur.

9. Buayabuaya

Buaya memiliki rahang yang sangat kuat, jika Anda sudah tergigit maka sangat mustahil untuk lepas lagi.

  • Jika Anda sudah terlanjur tertangkap oleh rahangnya, maka pukul mata dan juga tenggorokannya. Tempat itu adalah daerah yang sangat sensitif, agar ia melepaskan gigitannya.
  • Jika buaya sedang menuju tempat Anda atau menyerang Anda, maka buatlah suara yang berisik dan berlari secara zigzag. Hal tersebut akan membuat buaya bingung.
  • Apabila Anda sedang berenang dan melihat buaya, maka jangan membuat cipratan air dan jangan berteriak. Karena hal ini akan menarik perhatiannya. Cobalah untuk berenang dengan tenang dan kembali ke daratan.

10. Ularular

Kebanyakan ular memang tidak berbahaya ataupun beracun. Namun tetap saja ada beberapa ular yang sangat berbaya dan beracun.

  • Jika Anda merasa di ikuti oleh seekor ular, maka buatlah getaran dengan menginjak tanah. Getaran akan membuat ular merasa ketakutan dan meninggalkan Anda.
  • Apabila Anda di gigit oleh ular, maka jangan coba-coba untuk menghisap racunnya. Karena racunnya akan tertinggal di mulut Anda meskipun Anda sudah meludahinya. Sebaiknya cuci luka dengan air keran yang mengalir, dan segera pangil pelayanan medis.

11. Gorilagorila

Gorila di sebut dengan raja hutan, dan ada alasannya. Mereka adalah pemimpin sejati yang melindungi keluarga dan daerah kekuasaannya. Gorila tidak akan menyerang jika Anda berperilaku baik.

  • Jika Anda melihat gorila di sekitar Anda, maka jangan lari. Tapi duduklah agar tidak terlihat lebih besar atau lebih tinggi dari gorila. Hindari kontak mata menatap langsung ke matanya.
  • Apabila gorila menyerang Anda, maka lakukan gerakan menghindari dengan cara mengelinding dengan badang Anda. Gorila adalah hewan yang sombong, ia tidak akan menyerang yang lemah dan tak berdaya.

12. Lebahlebah

Lebah akan melindungi sarangnya, lebah biasanya akan menyerang jika merasa terancam. Meskipun Anda hanya melewatinya, hal itu juga bisa membuat Anda di sengat oleh lebah.

  • Warna gelap merupakan warna yang berbahaya jika di dekat lebah, karena warna hitam memiliki resiko yang tinggi untuk di sengat oleh lebah.
  • Jika ada sekelompok lebah yang menyerang Anda, maka carilah tempat yang gelap. Hal itu akan membuatnya lebah merasa buta dan tidak akan dapat menemukan Anda.