Home / Peristiwa / Inilah Tanaman Paling Unik yang Ada di penjuru Dunia

Inilah Tanaman Paling Unik yang Ada di penjuru Dunia

Inilah tanaman paling unik yang ada di penjuru dunia. Memelihara tanaman merupakan salah satu bagian dari hobi banyak orang. Tanaman yang beraneka ragam memang bisa menjadi pengelola stres dan hiburan tersendiri. Namun, tahukah kamu bahwa di dunia ini ada berbagai tanaman yang paling unik dan langka?

Hal tersebut disebabkan karena bentuk tanamannya yang tidak lazim. Apa sajakah? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Hydnora Africana

Ini merupakan salah satu jenis tanaman paling unik di dunia. Kalau kamu pernah berimajinasi tentang bentuk bunga yang mengerikan seperti dalam cerita-cerita, bunga ini adalah salah satu buktinya. Tumbuhan ini tidak mempunyai klorofil dan sifatnya parasit dengan akar tumbuhan Euphorbiaceae. Tumbuhan ini memiliki salah satu bagian yang paling menonjol di atas tanah, yakni bagian bunganya. Tak hanya menonjol, bentuk bunga ini pun seperti mulut monster yang membuka dengan gigi-gigi tajam yang siap menerkam. Seolah-olah jarimu bisa dikunyah seandainya kamu masukkan ke dalam rongga bunga itu.

Chinese Fleece Flower

Tanaman yang satu ini persis sekali dengan tanaman aneh yang bisa menangis yang ada di dalam film Harry Potter seri kedua. Kalau kamu pernah menontonnya, kamu pasti tahu bentuknya seperti apa, ya? Nah, rupanya tanaman tersebut ada wujud nyatanya, lho! Tanaman bernama Chinese Fleece Flower ini hidup di daerah Shandong, Cina dan mempunyai keunikan yang membuatmu ternganga. Pasalnya, akar dari tanaman ini menyerupai bentuk dari manusia. Mulai dari kepala, wajah, tangan, kaki, bahkan sampai alat kelaminnya. Aduh!

Buddha’s Hand

Seperti namanya, tanaman paling unik yang satu ini berbentuk tangan Buddha. Dengan bentuk besar berwarna kuning segar, kamu bisa melihat bentuk jari-jari yang berimpitan di buah ini. Akhirnya, benar-benar menyerupai tangan Buddha yang besar. Hanya saja, tangan yang satu ini boleh dimakan karena memang masih satu golongan dengan jeruk. Bagaimana, apa kamu mau makan tangan Buddha?

BACA JUGA  Ternyata kereta api jaman sekarang kalah dengan kereta api jaman old

False Morels

Duh, kamu yang penggemar jamur mungkin jadi harus berpikir ulang untuk mengolah apalagi memakan jamur yang satu ini. Bukan karena beracun atau apa, tapi bentuknya yang mungkin akan membuatmu mual. Yap, False Morels sendiri merupakan sebuah julukan untuk jamur yang bergenus Helvella, Verpa, dan Gyromitra. Pasalnya, jamur ini aneh sekali bentuknya, yakni menyerupai otak. Kerutan-kerutan dengan warna ungu tua dan berongga membuatmu mungkin bergidik untuk hanya memegangnya saja.

Mick Jagger’s Lip

Nah, kalau tanaman paling unik yang satu ini hanya akan dapat kamu temukan di hutan hujan tropis yang ada di Colombia dan Costa Rica. Tumbuhan ini memiliki bentuk yang sangat khas, yakni bentuk bibir besar dengan warna yang merah menyala. Tentu saja ini menjadi penarik perhatian bagi kupu-kupu dan burung kolibri. Mereka akan hinggap dan mengambil sari patinya untuk membantu penyerbukan.

Duckweed

Dijuluki sebagai tanaman paling kecil di dunia, jangan remehkan kemampuannya, ya! Tanaman ini bisa berkembang biak dengan sangat cepat dan mengerikannya, bisa menempel di mana pun. Coba saja letakkan Duckweed di jari jemarimu, maka tak menunggu waktu lama telapak tanganmu akan dipenuhi oleh tumbuhan itu. Meski hanya berukuran satu titik berwarna hijau saja, tapi tumbuhan ini termasuk parasit yang cukup handal dan mengerikan.

Nah, itu dia beberapa tanaman paling unik yang ada di berbagai penjuru dunia. Bagaimana, minat mengoleksinya?