Home / Peristiwa / Tak Sekadar Indah, Ini Dia Fakta Unik Bulan yang Harus Kamu Tahu

Tak Sekadar Indah, Ini Dia Fakta Unik Bulan yang Harus Kamu Tahu

Tak sekadar indah, ini dia fakta unik bulan yang harus kamu tahu. Bulan. Satu benda langit yang muncul setiap malam dan menerangi bumi dari kegelapan. Bulan sering dijadikan inspirasi para pujangga saat menulis puisi, karena memang keberadaannya yang indah. Namun, ternyata bulan yang setiap malam kita lihat itu mempunyai banyak fakta unik yang mungkin saja belum kamu tahu.

Apa sajakah fakta unik bulan tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Ada Sejak Lama

Kamu tentu tahu jika bulan merupakan satu-satunya satelit bumi. Namun, rupanya bulan sudah ada sejak lama lho, tepatnya sekitar 4,53 miliar tahun yang lalu. Wow! Sebuah laman antariksa menyebutkan bahwa bulan telah terbentuk sekitar 30-50 juta tahun setelah tata surya terbentuk. Sedangkan bumi terbentuk sebelumnya, yakni sekitar 4,54 miliar tahun silam.

Selisih yang dekat antara bumi dan bulan ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa bulan terbentuk setelah sebuah benda yang seukuran Mars menabrak bumi. Material-material yang meledak dan bertebaran di luar angkasa akhirnya membentuk bulan. Fakta unik bulan yang satu ini memang masih diperdebatkan dan sedang dilanjutkan penelitian lebih lanjut lagi.

Bulan Semakin Menjauh Setiap Tahun

Fakta yang satu ini mungkin juga belum banyak diketahui orang-orang. Bulan disinyalir semakin bergerak menjauh dari bumi. Menurut penelitian, bulan selalu menjauhi bumi setiap tahunnya dengan jarak sekitar 4 cm. Jika hal ini terus terjadi sampai 50 miliar tahun nanti, maka bulan akan perlu waktu sampai dengan 47 hari untuk mengorbit di bumi, bukan hanya 27,3 hari seperti sekarang.

Namun jangan khawatir, fakta unik bulan yang satu ini bukan berarti menunjukkan bulan akan meninggalkan bumi. Menurut prediksi, matahari akan membuat pasang surut bumi dengan maksimal sehingga putarannya akan diperlambat. Karena itulah, bumi nantinya akan menarik bulan menjadi dekat lagi, meski hal ini butuh ratusan miliar tahun.

BACA JUGA  Demi mendapatkan like, seorang laki-laki memposting sebuah foto mengerikan

Tidak Memiliki Atmosfer

Bulan yang bersinar indah ini ternyata tidak memiliki atmosfer layaknya bumi, apa kamu sudah tahu? Hal tersebut disebabkan, bulan mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan dilengkapi pula dengan medan magnet yang lemah. Sebaliknya, bumi mempunyai banyak massa yang mampu menahan atmosfer, dilengkapi pula dengan medan magnet yang kuat untuk melindunginya.

Namun, rupanya bulan di masa lalu pernah mempunyai atmosfer, tepatnya kira-kira 3,5 miliar tahun yang lalu. Atmosfer bulan sangat tipis sehingga hanya mampu bertahan sampai 70 juta tahun saja. Para peneliti telah menemukan jejak atmosfer ini melalui zat-zat yang tertinggal di bulan, seperti karb.

Bagaimana Permukaan Bulan?

Fakta unik bulan yang lain adalah di bagian permukaannya. Jika kamu mengira bulan ini indah dan rata, kamu salah. Nyatanya, menurut astronom yang menyinggahi bulan, permukaan bulan merupakan sisa dari gunung api yang sudah mati, aliran lava, juga kawah. Karena itu, permukaan bulan cenderung tandus, berbatu, serta mempunyai warna yang kelabu. Kerak bulan sendiri merupakan permukaan berbatu yang tertutup regolith.

Tidak Bisa Bernapas di Bulan

Kenapa astronot harus mengenakan pakaian khusus dan membawa oksigen ke bulan? Karena di sana kamu tidak akan bisa bernapas jika sampai melepas kostum astronot. Masalah kesehatan seperti ebullisme dan kekurangan oksigen akan mengancam. Hal ini juga bisa menyebabkan tubuhmu membengkak sampai dua kali lipat dari ukuran normal lantaran rendahnya tekanan yang ada di bulan. Widih!

Nah, itu dia beberapa fakta unik bulan yang harus kamu tahu. Bagaimana, masih ingin ke sana?