Home / Peristiwa / Sejarah Ripped Jeans dari Awal Kemunculannya Sampai Jadi Salah Satu Mode Fesyen Kekinian

Sejarah Ripped Jeans dari Awal Kemunculannya Sampai Jadi Salah Satu Mode Fesyen Kekinian

Sejarah Ripped Jeans
Sejarah Ripped Jeans

Mungkin banyak orang mengira bahwa celana atau kain jeans itu berasal dari Amerika Serikat karena diproduksi oleh perusahaan raksasa dari Negara Paman Sam saja, yaitu Levi Strauss & Co.. Namun tahukah Anda bahwa kain tersebut bukanlah asli Amerika Serikat?

Ya, memang kain jeans sendiri bukanlah asli berasal dari Amerika Serikat karena kali pertama muncul dan diciptakan adalah oleh ‘les Nîmois’ atau orang Nîmes yang berasal dari Prancis bagian selatan. Bahkan istilah jeans sendiri juga bukan asli berasal dari Amerika Serikat karena menurut referensi sejarahnya, nama tersebut awalnya adalah Gênes atau Genoa dalam Bahasa Prancis.

Hanya saja, kali ini bukan ingin membahas masalah sejarah dari jeans, melainkan membahas tentang sejarah dari ripped jeans atau tren celana jeans robek yang seperti tidak pernah pudar termakan zaman. Yuk, langsung saja simak informasinya berikut.

Awal muasal tren ripped jeans

Celana jeans dengan dua saku depan dan belakang serta memiliki model seperti sekarang ini kali pertama diperkenalkan oleh Loeb Strauss yang kemudian mengubah namanya menjadi Levi dan membuat perusahaan terkenal dunia bernama Levi Strauss & Co.. Produk buatannya memang banyak digunakan oleh para pekerja kasar secara mayoritas, namun lama kelamaan, celana jeans mulai digandrungi oleh para selebritis dan orang-orang terkenal lainnya.

Dikarenakan sudah menjadi tren yang mana berlanjut menjadi salah satu item gaya hidup orang-orang berada, komunitas punk kemudian ikut mengenakannya namun dengan merobek pada bagian paha atau lututnya. Perobekan tersebut memiliki artian sebagai bentuk ekspresi atas kemarahan mereka kepada masyarakat yang mana menyebut bahwa celana jeans adalah simbol dari kemapanan dan monopoli.

BACA JUGA  Demi mendapatkan like, seorang laki-laki memposting sebuah foto mengerikan

Kali pertama dicetuskan oleh komunias punk di berbagai negara, kemudian banyak musisi sampai dengan selebritis yang turut mengenakan jeans robek ini, mulai dari Sex Pistols, Bananarama, Iggy Pop and Bros sampai dengan Madonna. Justru ketika banyaknya musisi terkenal dan selebritis mengenakan itu, protes komunitas punk melalui perobekan celana jeans tersebut seakan hilang dan ripped jeans atau celana jeans yang robek itu menjadi tren baru di masyarakat dunia.

Tren ripped jeans semakin melambung di tahun 1980-2000an

Popularitas akan tren celana jeans robek semakin tinggi ketika memasuki tahun 1980 sampai 2000an di mana era rock dan heavy metal menggema dan kemudian diteruskan oleh era grunge muncul. Banyak musisi di genre itu yang mengenakan celana jeans robek, seperti salah satu contohnya adalah mendiang Kurt Cobain memakainya baik ketika dalam keseharian ataupun saat manggung.

Fakta seputar ripped jeans

Sebelum digunakan oleh komunitas punk sebagai bentuk protes dan perlawanan kepada diktator, kemapanan dan fesyen, celana jeans robek memiliki artian khusus yang mana bermakna buruk. Dikatakan begitu karena di era tahun 30 sampai dengan awal 70-an, orang-orang yang mengenakan celana jeans robek berarti sudah diasosiasikan bahwa dia dari golongan menengah ke bawah.

Hal itu dikarenakan celana jeans tergolong celana yang cukup mahal karena tahan lama dan dapat digunakan di berbagai medan. Ketika celana jeans menjadi sobek, maka itu artinya seseorang tidak memiliki cukup uang untuk membeli celana lainnya atau setiap hari hanya mengenakan celana itu saja. Selain itu, disebut sebagai tanda orang miskin karena orang miskin tidak akan mampu untuk membeli celana jeans baru ketika yang lama telah robek.

BACA JUGA  Sekali seumur hidup melihat petir seperti ini

Uniknya, sekarang ini, justru ada celana jeans yang dijual dengan harga gila-gilaan karena diproduksi secara terbatas oleh sebuah perusahaan garmen ternama dunia atau bekas dikenakan oleh public figur atau orang terkenal lainnya.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *