Hal Yang Perlu Di Ketahui Tentang Darah

Hal Yang Perlu Di Ketahui Tentang Darah. Semua orang tahu bahwa ketika terluka pasti mengeluarkan darah hasil dari pergerakan darah yang konstan melalui tubuh kami. Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan tentang darah manusia dan beberapa teori yang layak ngeri yang mendahului pemahaman ilmiah modern tentang cairan vital ini.

Darah

Dokter Masih Menggunakan Pertumpahan Darah Dan Lintah Untuk Mengobati Penyakit

Lintah juga kembali dalam pengobatan. Kita sekarang tahu bahwa air liur lintah mengandung zat dengan sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan anestesi. Ini juga mengandung hirudin , enzim yang mencegah pembekuan. Ini memungkinkan lebih banyak darah teroksigenasi ke dalam luka, mengurangi pembengkakan dan membantu membangun kembali pembuluh darah kecil sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Para Ilmuwan Tidak Mengerti Bagaimana Sirkulasi Darah Bekerja Sampai Abad Ke-17

Teori yang berlaku pada zaman Harvey adalah bahwa paru-paru, bukan jantung, memindahkan darah ke seluruh tubuh. Sebagian dengan membedah hewan hidup dan mempelajari detak jantung mereka yang masih berdetak, Harvey mampu menggambarkan bagaimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan bagaimana darah kembali ke jantung. Dia juga menunjukkan bagaimana katup dalam vena membantu mengendalikan aliran darah ke seluruh tubuh. Harvey diejek oleh banyak orang sezamannya, tetapi teorinya akhirnya dibenarkan.

BACA JUGA:  5 Fakta Unik Mengenai Tinggi Badan Manusia. Sudah Tahu?

Golongan Darah Ditemukan Pada Awal Abad Ke-20.

Dokter Austria Karl Landsteiner menemukan golongan darah yang berbeda pada tahun 1901, setelah ia memperhatikan bahwa darah yang bercampur dari orang-orang dengan berbagai jenis akan menggumpal. Penelitian selanjutnya mengklasifikasikan tipe A, B dan O. (Penelitian selanjutnya mengidentifikasi tipe tambahan, AB). Jenis-jenis darah dibedakan oleh jenis-jenis antigen — molekul yang memicu reaksi sistem kekebalan — yang melekat pada sel darah merah.

Darah Membentuk Sekitar 8 Persen Dari Total Berat Tubuh Kita.

Tubuh orang dewasa mengandung sekitar 5 liter (5,3 liter) darah. Pengecualiannya adalah wanita hamil, yang tubuhnya dapat memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah untuk memberi makan janin.

Apa Saja Yang Perlu Diketahui Tentang Darah?

Sel Darah Merah Yang Sehat Bertahan Sekitar 120 Hari.

Sel darah merah mengandung protein penting yang disebut hemoglobin yang mengantarkan oksigen ke semua sel lain di tubuh kita. Ia juga membawa karbon dioksida dari sel-sel itu kembali ke paru-paru. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang, tetapi tidak semua orang menghasilkan yang sehat.

Orang-orang dengan anemia sel sabit, suatu kondisi turun-temurun, mengembangkan sel-sel darah merah cacat yang tersangkut di pembuluh darah. Sel-sel darah ini bertahan sekitar 10 hingga 20 hari, yang menyebabkan kekurangan kronis sel darah merah, sering menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan kerusakan organ.

BACA JUGA:  Si Pria Pemakan Seluruh, Bahkan Pesawat malahan Disantap

Darah Mungkin Berperan Dalam Mengobati Penyakit Alzheimer.

Pada tahun 2014, penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan Universitas Stanford menemukan bahwa menyuntikkan plasma tikus muda ke tikus yang lebih tua meningkatkan memori dan pembelajaran. Temuan mereka mengikuti eksperimen bertahun-tahun di mana para ilmuwan secara bedah bergabung dengan sistem peredaran darah tikus tua dan muda untuk menguji apakah darah muda dapat membalikkan tanda-tanda penuaan. Hasil tersebut menunjukkan efek peremajaan protein darah tertentu pada organ tikus yang lebih tua.

Pemandangan Darah Bisa Membuat Orang Pingsan.

Untuk 3 hingga 4 persen orang, mual yang berhubungan dengan darah, cedera, atau prosedur medis invasif seperti suntikan naik ke tingkat fobia sejati yang disebut fobia injeksi cedera darah (BII). Dan sebagian besar penderita memiliki reaksi yang sama : pingsan.

Sebagian besar fobia menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah, dan seringkali ketegangan otot, getar, dan berkeringat: bagian dari respons “lawan atau lari” sistem saraf simpatik tubuh. Tetapi penderita BII mengalami gejala tambahan. Setelah awalnya meningkat, tekanan darah dan detak jantung mereka akan tiba-tiba turun.