Home / Popular / Perjuangan Hidup Sang Kolonel Pencipta Waralaba KFC, Kolonel Sanders

Perjuangan Hidup Sang Kolonel Pencipta Waralaba KFC, Kolonel Sanders

Kolonel Sanders
Kolonel Sanders

Mungkin dalam presentase secara global, hanya beberapa persen saja dari seluruh manusia di bumi ini yang tidak pernah merasakan enak dan gurihnya makanan berbahan dasar ayam dari sebuah franchise terkenal dunia, Kentucky Fried Chicken (KFC). Perusahaan satu ini diciptakan oleh seorang kolonel yang tidak pernah berpangkat kolonel sebagai mana mestinya.

Tentunya Anda akan dibuat bingung, bukan, dengan pernyataan di atas? Nah, untuk mengetahuinya, maka simak sedikit kisah dari sang pencipta KFC dari awal sampai terkenal seperti sekarang, yaitu Kolonel Sanders.

Sanders dengan nama lengkap Harland David Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890. Sanders sendiri merupakan anak tertua dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders yang memiliki 2 saudara lagi lainnya.

Menginjak usia 5 tahun, ayah Sanders meninggal dunia dan mau tidak mau Margaret harus banting tulang sendiri untuk dapat menghidupi 3 anaknya dan akhirnya bekerja di sebuah perkebunan tomat di Henryville. Ketika menginjak usia 10 tahun, Sanders mulai bekerja di ladang.

Di saat yang bersamaan, ibunya menikah lagi dengan seorang pria bernama William Broaddus yang mana membuat hidup Sanders tidak begitu menyenangkan. Pada usia 13 tahun, Sanders memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah dan keluiarganya. Dia bekerja serabutan sampai tahun 1906. Pada bulan Oktober 1906, Sanders mengikuti wajib militer dan beruntung saja, hanya sampai 1 tahun, dia kemudian dipulangkan kembali karena suatu hal.

Setelah keluar dari wajib militer, Sanders kembali bekerja serabutan, mulai dari sebagai pekerja di badan perkeretaapian, menjadi pande besi, tukang bersih-bersih di stasiun sampai dengan menjadi seorang pemadam kebakaran. Di usianya yang masih sangat belia, Sanders bertemu dengan seorang wanita, Josephine King, dan kemudian menikah tidak lama kemudian. Dari pernikahannya itu, keduanya dikaruniai 3 orang anak.

BACA JUGA  Kisah Untung Pranoto, Seorang Preman yang Berhasil Menjadi Perwira Kopassus

Sempat sedikit berjaya dengan perusahaan kapal ferry yang didirikannya dan kemudian dia jual karena ingin mendirikan perusahaan lain yang memproduksi lampu, Sanders mengalami kebangkrutan dengan tingkat kerugian yang lumayan besar karena ada perusahaan besar lain memproduksi produk yang sama dan lebih bagus.

Pada tahun 1930, Sanders mendapatkan tawaran menarik dari Shell Oil Company sebuah dana untuk mendirikan usaha makanan berbasis ayam. Kesuksesannya itu dia dapatkan saat dirinya pindah ke North Cobin, Kentukcy. Dikarenakan kesuksesannya itu, maka Ruby Laffoon sebagai Walikota Kentucky waktu itu mengkaruniai Sanders gelar Kolonel yang akhirnya melekat pada namanya.

Popularitas makanan berbasis ayam buatan Sanders sangat populer sampai awal tahun 1940-an. Sayangnya, memasuki tahun 1941, kerugian besar ditanggungnya karena Pemerintah Amerika Serikat menerapkan sistem penjatahan untuk gas yang sangat diperlukan dalam bisnisnya itu karena imbas dari Perang Dunia II yang sedang berkecamuk.

Walaupun di tengah keterbatasan dan himpitan tersebut, Sanders tetap berusaha menghidupkan usahanya itu sembari melakukan banyak eksperimen untuk menciptakan bumbu rahasia makanan berbasis ayam. Dan akhirnya, usahanya berhasil. Dia sukses menciptakan bumbu rahasia yang langsung terkenal pada awal tahun 1950-an. Sayangnya, setelah Kentucky mengalami perubahan tata kota, tempat makan milik Sanders lama kelamaan menjadi sepi karena tempatnya yang tidak lagi strategis. Mau tidak mau Sanders harus menjual tempat usahanya tersebut dan untuk hidup setiap harinya, dia harus menggunakan uang pensiun sebagai veteran tentara walaupun hanya sebentar saja.

Kemudian dari tahun ke tahun Sanders berusaha untuk menawarkan resep-resep rahasianya tersebut ke berbagai tempat. Penolakan demi penolakan didapatkannya berulang kali. Di usianya yang sudah mencapai 65 tahun, resep rahasianya itu bulan juga laku dibeli pihak manapun. Sanders yang sudah bercerai dengan istri dan kehilangan hak asuh atas 2 anaknya itu, harus menghabiskan masa tuanya setiap hari di dalam mobil butut dengan penyakit reumatik yang dideritanya. Walaupun begitu, Sanders tidak patah semangat dan terus berusaha menjual lisensinya itu.

BACA JUGA  Begini 6 Cara Bermain Game di Ponsel Android tapi Tetap Hemat Baterai

Akhirnya usaha kerasnya membuahkan hasil, kini bisnis ritel KFC sudah menjamur di banyak negara di dunia. Sanders pun akhirnya dapat menikmati masa tuanya dengan tenang. Dia meninggal dunia pada usia ke-90 di Rumah sakit Yahudi yang terletak di Louisville, Kentucky.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan