Perayaan Unik di Negara Indonesia

Perayaan Unik di Negara Indonesia. Indonesia adalah negara dengan banyak budaya. Setiap budaya akan mengadakan beberapa acara unik untuk menunjukkan keberadaannya. Namun, acara ini juga bertujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung dari daerah lain di Indonesia.

Dalam beberapa perayaan hari besar, setiap wilayah di Indonesia biasanya memiliki caranya sendiri untuk melakukan beberapa acara. Acara ini diselenggarakan dengan baik dengan banyak persiapan. Beberapa perayaan itu unik. Itu sebabnya Anda perlu melihat beberapa Perayaan Unik di Negara Indonesia.

Panjat Pinang

Panjat Pinang adalah acara permainan terkenal untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Biasanya dipegang oleh warga di beberapa daerah di Indonesia. Peserta permainan harus laki-laki, panjat Pinang sebenarnya sudah terkenal sejak penjajahan Belanda di Indonesia.

Peralatan utama permainan ini adalah pohon pinang atau biasa disebut ‘pohon pinang’ di Indonesia. Pohon itu harus lurus dan cukup tinggi. Kemudian, itu akan diolesi dengan oli mesin. Panitia permainan akan meletakkan banyak hadiah di atas pohon. Dan, para peserta harus bersaing untuk memilih salah satu hadiah. Tidak mudah mengambil hadiah karena pohonnya sangat licin. Namun, orang-orang akan sangat antusias menonton pertandingan.

Rabo Rabo Jakarta

Rabo Rabo Jakarta adalah perayaan Natal yang dilakukan oleh warga Tugu, Koja Jakarta. Rabo rabo sebenarnya diadaptasi dari Portugal. Itu karena hampir semua orang Tugu adalah keturunan Portugis. Pada hari perayaan Natal, mereka akan mengunjungi gereja terdekat di Tugu. Setelah sholat di sana, mereka mengunjungi rumah-rumah di Tugu satu per satu dengan menyanyikan ‘Keroncong Tugu’. Mereka akan meminta maaf kepada tuan rumah. Selanjutnya, tetangga yang dikunjungi akan bergabung untuk mengunjungi rumah berikutnya.

BACA JUGA:  Polisi menyelamatkan bayi umur 1 tahun yang ditinggal orang tuanya di dalam mobil

Tabot dan Tabuik

Tabot Tabuik adalah perayaan tradisional masyarakat Bengkulu. Ini bertujuan untuk menyambut Tahun Baru Islam. Upacara dilakukan pada hari kesepuluh bulan Muharam. Muharam adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Tabuik sebenarnya adalah parade peti yang dihias di sekitar desa. Kemudian, di akhir parade, Tabot akan tenggelam ke laut.

Nyepi

Sementara perayaan hari besar biasanya ramai dan meriah, umat Hindu berbeda. Mereka tidak merayakan hari besar mereka dengan beberapa festival atau karnaval. Namun, mereka merayakannya dengan tidak pergi ke mana pun. Nyepi berarti diam. Jadi, itu disebut hari Senyap. Mereka percaya bahwa ‘Nyepi’ adalah hari penyucian para Dewa. Itu sebabnya ketika hari raya Nyepi, hampir semua objek wisata di Bali ditutup. Semua aktivitas di Bali tidak aktif.

Namun, hari Nyepi memberikan efek yang baik terhadap lingkungan. Terbukti pada hari Nyepi, dapat mengurangi emisi karbon dioksida hingga dua puluh ribu ton dalam sehari.

BACA JUGA:  Fakta Unik Cicak dan Laba-Laba

Apa Saja Contoh Perayaan Unik yang Ada di Indonesia?

Perang Topat

Perang Topat adalah perayaan Idul Fitri di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Topat sebenarnya adalah kue beras yang direbus dalam bungkusan daun kelapa muda berbentuk belah ketupat. Sementara itu Perang Topat adalah perang Topat.

Para peserta Perang Topat adalah orang-orang Hindu dan orang-orang Islam di Lombok. Antara orang Hindu dan orang Islam, mereka akan saling melempar. Tidak ada kemarahan di antara mereka. Namun, mereka akan tertawa keras. Meskipun mereka memiliki kepercayaan yang berbeda, mereka tidak benar-benar melakukan perang yang sebenarnya. Perang tupat adalah bentuk toleransi di Lombok.

Mepe Kasur di Banyuwangi

Mepe Kasur adalah perayaan unik untuk merayakan Idul Adha di Banyuwangi, Jawa Timur. Terletak di Desa Kemiren. Nama suku itu adalah Osing, semua orang Osing akan melakukan ‘Mepe Kasur’ dengan kompak. Jadi, jika Anda mengunjungi desa ini pada hari Ed al-Adha, Anda akan melihat banyak kasur di depan rumah-rumah.

Mereka percaya dengan melakukan perayaan ini, itu akan menghindarkan mereka dari semua penyakit. Perayaan akan berakhir pada parade Tumpeng di malam hari. Inilah beberapa Perayaan Unik di Negara Indonesia yang dapat Anda lihat dan Anda saksikan.