Home / Popular / Pencipta GPS ternyata seorang perempuan, ini dia sosoknya

Pencipta GPS ternyata seorang perempuan, ini dia sosoknya

Anda pasti pernah mendengar istilah GPS atau Global Positioning System. Berkat GPS, sekarang dengan mengaplikasikan telpon pintar dengan jalan masuk dunia online, kau dapat mengenal posisi dimana kau sedang berada.

Tetapi, tahukah kau siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya, banyak yang tak tahu kalau GPS ditemukan oleh seorang perempuan.

Ya, ia yakni Gladys West. Sosoknya diketahui sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

West berprofesi dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an sampai 1960-an.

Kiprah sekelompok perempuan cerdas ini pernah diangkat dalam film berjudul Hidden Figures. Sayang, sosok West tidak tampil dalam film drama ini.

Dikutip dari The Hill, sebagai ahli matematika, West berprofesi dengan dunia militer sebelum masuknya metode gelombang elektronik.

West masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Di tahun itu pula ia meraih penghargaan sebab meneliti keteraturan gerak relatif Pluto kepada Neptunus.

Pada 1960, West mulai menginisiasi pemrograman komputer IBM 7030 yang dinamai Stretch.

Komputer ini disebut cakap memberikan perhitungan geodetik Bumi yang jitu atau disebut geoid. Program inilah yang menjadi cikal bakal GPS.

Atas kontribusinya, sepekan yang lalu, West didapuk masuk ke dalam deretan orang berdampak dalam Angkatan Udara AS.

Ia menerima induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi adalah istilah untuk penghargaan tinggi di Angkatan Udara AS.

Pelantikan West sendiri digelar di markas militer AS, Pentagon, Washington DC.

Ilmuwan Bakal Implan Chip GPS ke Dalam Tubuh Manusia

Ilmuwan lab ilmu komputer dan kecerdasan buatan MIT (Massachussets Institute of Technology), dilaporkan tengah mengoptimalkan teknologi GPS yang akan ‘ditanam’ ke dalam tubuh manusia.

Pengembangan teknologi ini didasari alasan untuk menolong dunia kesehatan.

Ilmuwan Bakal Implan Chip GPS ke Dalam Tubuh Manusia

Diberitakan CNET pada Senin (11/3/2019), pengembangan GPS yang dikepalai oleh profesor Dina Katabi ini telah nyaris rampung.

Adapun chip GPS hal yang demikian diberikan nama “ReMix”. Dia akan hadir dalam wujud chip wireless mini yang akan di-implan ke dalam tubuh manusia.

Nantinya, dengan ReMix, dokter akan dapat mengecek GPS hal yang demikian di sebuah layar.

Ambil teladan, ketika dokter mau mencari tumor di dalam tubuh pasien, mereka akan memanfaatkan ReMix dan mengamati treknya untuk menemukan tumor.

Dalam uji coba ReMix, ilmuwan membawa tumor palsu dalam sebuah kontainer besar. Mereka meletakkan ReMix di kontainer hal yang demikian dan membiarkanya mencari tumor palsu di dalam kontainer.

Nah, dalam penggunaannya di tubuh manusia, ReMix cakap berprofesi dua kali lipat lebih bagus. Pasalnya, kulit manusia dianggap cakap memendarkan sinyal lebih kuat.

Belum dibongkar kapan ReMix akan diterapkan di industri kesehatan. Ilmuwan bahkan mengakui seandainya mereka seharusnya menguji ReMix dalam sebagian rangkaian uji coba lanjutan.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *