Home / Hewan / Pecinta Kucing Wajib Tahu, Ini Fakta Unik Hewan Kesayanganmu

Pecinta Kucing Wajib Tahu, Ini Fakta Unik Hewan Kesayanganmu

Pecinta kucing wajib tahu, ini fakta unik hewan kesayanganmu. Siapa sih, yang tidak gemas dengan hewan yang satu ini? Selain tingkahnya yang menggemaskan dan lucu, kucing juga terkenal sebagai hewan peliharaan yang sangat setia dengan majikannya. Karena itu, di mana-mana hewan ini masih menjadi pilihan nomor satu untuk dipelihara dan dijadikan teman bermain.

fakta unik kucing

Jika kamu juga salah satu penggemar berat kucing, tentu kamu sering mendapati tingkah laku aneh hewan berbulu ini. Terus tidur seharian misalnya, atau hal-hal lain yang tidak dimengerti. Nah, simak yuk, fakta unik kucing di bawah ini agar kamu semakin bisa memahami mereka!

Si Tukang Tidur

Tidak perlu cemas kalau kucing peliharaanmu lebih banyak tidur untuk mengisi hari-harinya. Bukan berarti kucing tersebut sakit, melainkan hal itu memang sudah menjadi tabiatnya. Secara alami, kucing terlahir sebagai tukang tidur, yang mana rata-ratanya seekor kucing akan menghabiskan 70% hidupnya untuk tidur. Kalau dihitung, itu setara dengan 16 jam per hari. Alasan kucing sering tidur adalah untuk menghemat energi mereka dalam beraktivitas.

Punya Sembilan Nyawa

Fakta unik kucing yang sering didengungkan ini nyatanya tidak sepenuhnya benar. Memang, kucing sangat lihai dalam melompat dari ketinggian sehingga bisa lolos dari maut. Inilah yang menjadi latar belakang munculnya mitos itu. Nah, sebenarnya, kucing memiliki kemampuan yang refleks untuk meluruskan tubuh mereka di udara. Dengan begitu, saat mendarat dari tempat tinggi sekalipun, maka kakinya dulu yang akan menapak tanah. Hal inilah yang membuat kucing tetap baik-baik saja walaupun jatuh dari ketinggian.

Tidak Suka Mandi

Kucing mana ya, yang suka bersentuhan dengan air? Tampaknya sebagian besar kucing benci dengan aktivitas mandi dan takut dengan yang namanya air. Ternyata, hal itu bukanlah tanpa alasan. Menurut penelitian, ditemukan hasil bahwa di kucing merupakan hewan yang tidak mempunyai bakteri kotor yang menempel di tubuhnya. Lidah kucing pun terbukti bersih dari bakteri. Apa hubungannya dengan tidak suka mandi? Karena kucing tahu betul bahwa air merupakan tempat yang subur untuk pertumbuhan bakteri. Hewan itu tidak mau memindahkan bakteri di dalam air ke tubuhnya. Jadi, mandikan kucing peliharaanmu kalau benar-benar perlu saja, ya.

BACA JUGA  Hewan-hewan Unik di Dunia yang Sudah Punah dari Peradaban

Hewan yang Perasa

Fakta unik kucing yang satu ini bukan mitos semata. Kucing dapat memberikan pengaruh positif bagi pemiliknya, itu memang benar. Meski hewan yang satu ini terkesan lebih cuek jika dibandingkan dengan anjing, tapi sebuah penelitian mengungkapkan hal lain. Ditemukan hasil bahwa kucing merupakan hewan yang sangat perasa. Mereka bisa menangkap perubahan emosi dari pemiliknya, dan bersimpati. Seperti hanya terdiam atau meringkuk di pangkuan majikan saat majikannya sedang sedih, dan tidak mau pergi saat majikannya sakit.

Penciuman dan Pendengaran yang Sensitif

Hal yang satu ini mungkin bukan lagi rahasia, ya. Kucing memang memiliki pendengaran yang paling sensitif di antara mamalia lainnya, sampai dengan 65 khz. Ini bahkan melebihi anjing yang mempunyai pendengaran paling tajam. Jadi, kamu tidak perlu cemas jika si kucing berperilaku aneh atau mengeong-ngeong tidak jelas, karena bisa jadi dia sedang mendengar apa yang tidak kamu dengar.

Selain itu, indra penciuman kucing juga sangat tajam. Buktinya, dia tidak akan mau buang air di litter box jika kamu belum membersihkannya bukan? Karena itu, sebagai pemilik yang baik kamu memang harus rajin membersihkan tempat buang airnya.

Nah, itu dia beberapa fakta unik kucing yang harus kamu tahu. Semakin gemas dengan hewan yang satu ini, ya!

Tinggalkan Balasan