Home / Unik / Pakaian Tradisional Yang Masih Di Pakai Hingga Sekarang

Pakaian Tradisional Yang Masih Di Pakai Hingga Sekarang

Pakaian Tradisional Yang Masih Di Pakai Hingga Sekarang. Apa yang kita kenakan lebih dari sekadar bahan yang dijahit bersama untuk melindungi kita, pakaian kita adalah penanda identitas dan budaya kita. Jadi tidak mengherankan bahwa selama berabad-abad.

Pakaian Tradisional

Masyarakat telah menggunakan pakaian sebagai sarana untuk mengkomunikasikan status, merayakan acara-acara penting. Menunjukkan persatuan di antara banyak hal lainnya. Di sini kita menjelajahi pakaian tradisional dari seluruh dunia yang masih dipakai, mencari tahu sejarah di balik pakaian khusus dan kerajinan yang masuk ke dalamnya.

Sari

Sari (sering dieja ‘saree’) adalah pakaian tradisional dipakai di India, Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh dan Nepal. Meskipun sebagian besar dipakai oleh wanita dalam mode modern, sari adalah pakaian unisex. Ini bisa berupa pusaka yang diturunkan dari generasi ke generasi, atau pakaian yang murni fungsional yang dipakai sehari-hari.

Secara tradisional, sari telah didefinisikan sebagai selembar kain tanpa jahitan, seringkali dengan bagian yang lebih berat untuk memungkinkannya untuk menggantungkan dengan benar. Perbatasannya (mirip hem) akan ditenun dengan kepadatan yang lebih berat, seperti halnya ‘pallu’ (potongan ujung yang sering dekoratif). Saat ini istilah tersebut telah berkembang menjadi bahan-bahan kontemporer termasuk kapas, sutera, serat sintetis dan banyak lagi

Kimono

Kata ‘kimono’ berarti ‘sesuatu untuk dipakai’ dan telah datang untuk menunjukkan jubah panjang-panjang tradisional yang dikenakan di Jepang. Pakaian tradisional Kimono dikenakan untuk festival penting dan acara-acara formal dan formalitas garmen telah menjadi identik dengan kesopanan dan sopan santun.

Dikatakan bahwa prototipe pertama untuk kimono adalah kantoi, gaun one-piece tanpa lengan, yang dipakai sejauh abad ke-3. Secara tradisional kimono dijahit dengan tangan dan bahkan kimono buatan mesin membutuhkan jahitan tangan yang besar.

BACA JUGA  Fakta Paling Menarik Tentang Dunia

Kebaya

Sebuah kebaya adalah kombinasi blus-gaun tradisional yang berasal dari pelataran Kerajaan Majapahit Jawa. Pakaian tradisional ini adalah kostum nasional Indonesia tetapi juga dipakai oleh wanita di Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand selatan, Kamboja dan Filipina bagian selatan.

Apa Saja Pakaian Yang Di Pakai Saat Ini?

Sebelum tahun 1600, kebaya adalah pakaian yang hanya digunakan oleh keluarga kerajaan, bangsawan dan bangsawan kecil, tetapi diadopsi oleh semua orang dan bukan hanya elit. Pakaian seperti blus sering semi-transparan dan dapat dibuat dari katun, beludru, sutra, renda, dan brokat

Hanbok

Hanbok di Korea Selatan (atau Joseon-oth di Korea Utara) adalah pakaian tradisional Korea. Ini ditandai dengan warna-warna cerah dan garis-garis sederhana tanpa kantong. Meskipun secara harfiah berarti ‘pakaian Korea’, hanbok biasanya merujuk secara khusus pada pakaian periode Joseon, dan dipakai sebagai pakaian semi-formal atau formal selama festival dan perayaan.

Shúkà

Shúkà adalah kata Maa untuk lembaran yang dipakai secara tradisional melilit tubuh orang-orang Maasai di Kenya selatan dan Tanzania utara. Garmen yang terpal biasanya merah, kadang-kadang dicampur dengan warna dan pola lain seperti kotak-kotak atau bunga. Pakaian one piece yang dikenal sebagai kanga, istilah Swahili, adalah umum.

Topeng Bamileke Elephant

Pejuang Kamerun yang memberikan layanan hebat kepada Raja Bamileke berhak menjadi anggota Aka, atau masyarakat ‘Topeng Gajah’. Mereka menari di pemakaman Raja dan pada pertemuan dua kali setahun mengenakan topi dramatis dan topeng gajah bermanik-manik.

Pakaian tradisional ini milik Raja dan menunjukkan kekayaan, kekuasaan, dan hak istimewanya. Masuknya ‘manik-manik pound’ kecil – disebut demikian karena dijual oleh pound dalam kisaran warna dan bentuk biasa yang tak terbatas – diperdagangkan ke Afrika Tengah dan memungkinkan pengembangan motif baru manik-manik patung yang menggabungkan desain hewan dan tanaman simbolik.