Ngeri-Ngeri Sedap, Inilah Beragam Budaya Paling Aneh di Dunia

Ngeri-ngeri sedap, inilah budaya paling aneh di dunia. Budaya merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang tertuang dalam berbagai bentuk. Budaya ini sering kali dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti pada seberapa maju peradaban masyarakat tersebut. Namun, banyak juga masyarakat yang sudah maju yang tetap menjalankan budaya yang bisa dibilang primitif lantaran sudah mendarah daging dari nenek moyang.

Nah, ada lho, budaya paling aneh di dunia yang bikin kamu geleng-geleng kepala saking ngeri-ngeri sedapnya. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Penguburan Langit, Tibet

Saking susahnya menguburkan jenazah manusia di tanah berbatu yang ada di Tibet, penguburan langit adalah budaya yang masih berlaku di sana. Selain itu, keyakinan Budha mengenai transmigrasi roh, bahwa orang yang telah meninggal maka tubuhnya merupakan sebuah kapal kosong, turut mendukung budaya ini. Jasad manusia yang telah meninggal akan ditempatkan di pegunungan tinggi begitu saja, yang nantinya melibatkan alam untuk menyingkirkan jasad tersebut.

Ya, burung serta binatang lain akan membuat jasad tersebut hilang secara alamiah. Sebelum diletakkan di atas gunung, jasad terlebih dahulu akan dibongkar oleh Rogyapas, orang yang bisa bicara pada jasad mati untuk membantu jiwanya pergi ke alam selanjutnya. Setelah itu, burung-burung Manyar akan memangsa dagingnya, dan tulang belulang akan dimangsa burung gagak. Budaya paling aneh di dunia yang satu ini menyatakan bahwa jika jasad masih tersisa, maka itu merupakan suatu pertanda buruk. Ngeri, ya!

BACA JUGA:  Film terbaru dari Titanic yang menyoroti kisah penumpang yang selamat

Voodoo, Afrika

Siapa yang tidak tahu ritual aneh ini? Sudah banyak film-film horor yang mengangkat Voodoo sebagai ide cerita, ya. Sekitar enam ribu tahun yang lalu, ritual ini sudah dilaksanakan di Kerajaan Afrika. Tidak hilang, Voodoo masih dilakukan sampai sekarang oleh orang-orang modern di Togo,Benin, dan Ghana. Sampai-sampai, wilayah Fon disebut sebagai Cradle of Voodoo oleh para ilmuwan saking berkembangnya praktik ini.

Budaya paling aneh di dunia ini mempunyai ciri-ciri seperti penghormatan pada para leluhur, menggunakan benda-benda untuk melukai dan melindungi diri sendiri, juga beberapa tarian ritual. Untuk versi Barat, penambahan media boneka Voodoo melengkapi aksi ritual yang ngeri-ngeri sedap ini.

Kanibalisme, Papua

Wow, siapa sangka di Indonesia praktik kanibalisme ini benar-benar ada? Tepatnya dilakukan oleh suku Korowai yang ada di Papua bagian Tenggara. Seperti namanya, kanibalisme di sini benar-benar diartikan dengan praktik memakan daging atau organ tubuh manusia. Disebutkan bahwa Suku Korowai memiliki aturan tersendiri, barang siapa melakukan praktik dukun dan menjadi seorang dukun, maka dia wajib disiksa, dibunuh, lantas dimakan. Beberapa mengatakan bahwa otak dukun tersebut biasanya dimakan langsung saat kondisinya masih hangat. Hi!

BACA JUGA:  4 Kota Penting Nan Megah yang Sekarang Hanya Berdiri Sebagai Kawasan Berhantu Saja

Festival Thaipusam, India

Budaya paling aneh di dunia yang satu ini terwujud dalam bentuk festival yang merupakan simbol untuk menaklukkan kejahatan setan bernama Soorapadman. Menurut sejarahnya, pengusir setan ini adalah Murugan yang menggunakan tombak pemberian Parvati. Acara ini dilaksanakan setiap bulan purnama pada bulan Tail Thai yakni Januari atau Februari.

Selama 48 hari, orang-orang akan berpuasa dan hanya boleh makan satu kali sehari dengan makanan murni yang khusus disediakan dalam ritual. Selain itu, ada banyak pengorbanan yang dilakukan, seperti mencukur rambut, juga melukai diri sendiri dengan tombak Parvati. Tentu, akan ada banyak darah di festival ini.

Nah, itu dia beberapa budaya paling aneh di dunia yang ngeri-ngeri sedap. Bagaimana menurutmu?