Tidak Hanya Menyehatkan, Inilah Fakta Unik Tertawa yang Lainnya

Tidak hanya menyehatkan, inilah fakta unik tertawa yang lainnya! Tertawa adalah salah satu ekspresi yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbahagia, atau setidaknya sedang terhibur. Kamu akan tertawa saat menyaksikan hal-hal lucu, dan sebagainya. Tertawa ini menyehatkan karena akan melepas hormon endorfin dalam tubuh dan bisa menekan stres.

Namun, rupanya masih banyak hal unik lainnya tentang ekspresi yang satu ini, lho! Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai dan bersiaplah untuk selalu tertawa setelahnya.

Bisa Menular

Pernahkah kamu ikut tertawa saat melihat orang lain tertawa? Padahal toh kamu tidak tahu menahu apa yang sedang orang tersebut tertawakan. Nah, ini merupakan salah satu fakta unik tertawa yang jarang diketahui. Benar sekali, tertawa itu menular! Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan hal ini, lho! Tertawa bisa menular lantaran tawa membawa energi positif bagi siapa saja, tak terkecuali untuk orang yang hanya melihatnya.

Jadi Lebih Sehat

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, tertawa memang membuat tubuhmu lebih sehat. Salah satunya adalah yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tertawa mampu mengeluarkan hormon endorfin yang bisa melepas stres. Selain itu, rupanya tertawa juga sama dengan olahraga, lho! Saat kamu tertawa, otot-otot di wajahmu pun akan meregang.

BACA JUGA:  Tanpa peralatan khusus seorang wanita dengan rok panjang berlari sejauh 50 Km dan mengalahkan 500 orang

Nah, pada saat yang sama, denyut nadimu pun akan meningkat, persis seperti saat kamu sedang berolahraga. Fakta unik tertawa yang satu ini akan membuat distribusi oksigen ke paru-parumu akan meningkat. Tak hanya ke paru-paru, tapi ke darah dan otak juga mengalami peningkatan.

Menjadi Penyebab Kematian

Selain menyehatkan, rupanya tertawa juga bisa menjadi salah satu penyebab kematian seseorang. Wah, kok bisa begitu? Iya, karena tertawa yang sampai terpingkal-pingkal bisa mengakibatkan seseorang mempunyai perasaan yang berlebihan. Saat tertawa terpingkal, otak akan merespon dengan mengaktifkan insting yang tidak wajar, yakni menyerupai insting yang menerima atau justru melawan ancaman yang datang dari luar.

Kalau sudah seperti ini, kinerja jantung pun akan menjadi lebih berat dari sebelumnya. Karena itu,  fakta unik tertawa yang satu ini mengingatkan kita bahwa tertawa tetap ada batasannya, ya. Jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, bukan?

Sebuah Bahasa Universal

Tertawa juga menjadi sebuah bahasa yang umum atau universal. Semua orang bisa melakukannya, dan semua orang juga bisa mengartikannya. Jadi, kamu bisa langsung menangkap apa yang sedang terjadi saat melihat orang lain tertawa. Bukan begitu?

BACA JUGA:  Ingin Punya Berat dan Bentuk Tubuh Ideal Tanpa Diet Ketat? Ini 4 Kiat Mudahnya!

Merupakan Respon Sosial

Fakta unik tertawa yang satu ini cukup mencengangkan, lho! Jika kamu mengira kebanyakan orang tertawa karena hal lucu, kamu rupanya salah. Nyatanya, faktor utama penyebab orang tertawa adalah karena respon sosial. Itulah sebabnya mengapa tertawa juga bisa menular seperti yang sudah disebutkan di atas. Nyatanya, menurut penelitian, orang yang tertawa karena lelucon hanya sekitar 10 sampai 15 persen saja.

Anak-anak Tertawa Lebih Banyak

Ya, dunia anak-anak memang dunia yang bebas dan tanpa beban. Wajar saja jika mereka bisa tertawa sampai dengan 400 kali sehari. Sedangkan orang dewasa? 15 kali tertawa dalam sehari saja sudah bagus, lho! Jauh sekali ya, selisihnya?

Nah, itu dia beberapa fakta unik tertawa yang harusnya kamu tahu. Bagaimana, kamu setuju dengan fakta-fakta di atas? Yuk, sering-sering tertawa biar stres tidak melanda. Tapi ingat, jangan berlebihan, ya!