Mengenal Elesta Apriliana, Pilot Indah di Medan Ekstrem Takluk di Pelukan Pratu TNI

Mengenal Elesta Apriliana, Pilot Indah di Medan Ekstrem Takluk di Pelukan Pratu TNI
Pilot cantik. Instagram @elestaapriliana ©2020 Merdeka.com

Bhaca – Menjadi seorang pilot bukan hal yang mudah. Kecuali pengajaran yang tergolong mahal, tanggung jawab pilot untuk keselamatan penumpang pesawat malahan betul-betul tinggi.

Dikutp dari laman merdeka.com, Meskipun demikian, pekerjaan sebagai pilot rupanya tak cuma sanggup dilakukan oleh pria. Wanita malahan juga bisa mengerjakan pekerjaan hal yang demikian. Awal salah satu pilot wanita bernama Elesta Apriliana Wulansari berikut ini.

Penasaran dengan ceritanya? Berikut review lengkapnya.

Umur 17 Tahun Telah Bisa Terbangkan Pesawat

Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com
Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com

Elesta Apriliana menjadi salah satu pilot berusia muda yang memiliki jam terbang tinggi dengan medan penerbangan susah, merupakan di wilayah Indonesia Timur, secara khusus Papua.

Pada merdeka.com, Elesta menyebutkan bahwa dirinya telah sanggup menerbangkan pesawat tanpa instruktur di umur 17 tahun. Pesawat yang pertama kali sanggup dia terbangkan merupakan jenis Cessna 172.

“Aku lulus SMA cuma ada dua alternatif, jikalau enggak kerja, maka saya cari pengajaran yang memberikan fasilitas asrama. Waktu itu saya tinggal dengan kakek, kesudahannya segera masuk sekolah pilot di Nusa Flying Internasional yang di Halim,” kata Elesta pada merdeka.com, Sabtu (9/4/2016).

Cita-Cita Dikala Kecil Jadi Pedagang Nasi Uduk
Menjadi seorang pilot tentu bukan lah pekerjaan yang mudah. Elesta malahan juga tak menyangka jikalau dirinya akan menjadi seorang pilot.

Malahan, dikala masih kecil, rupanya Elesta bercita-cita menjadi pedagang nasi uduk.

“Dulu pilot itu bukan cita-cita saya, justru waktu itu malahan pengennya jadi penjual nasi uduk,” ujar Elesta dikala berbincang dengan merdeka.com, Sabtu (6/4/2016).

Mau Sekolah Pilot karena Diremehkan Teman

Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com
Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com

Via uploadan video di channel Youtube ‘TNI AD’, rupanya Elesta berharap masuk sekolah pilot sebab diremehkan oleh temannya.

BACA JUGA:  Bintang Film Dewasa Ini Siap ‘Puasin’ Dokter yang Temukan Obat Corona

“Dulu ada kata-kata temen saya yang di situ bikin hati saya, menyakiti yang dalam gitu. Ia bilang kayak gini. Orang kayak kau itu enggak bakal bisa deh jadi orang. Di situ ada di diri saya, oh saya pengen buktiin ke kau jikalau saya bisa. Aku enggak seperti yang kau bilang dikala itu,” ujar Elesta.

“Kesudahannya saya daftar dulu, rupanya tes-tes lumayan banyak kan, itu lulus. Kesudahannya lulus SMA itu saya lanjut sekolah pilot itu,” imbuhnya.

Jadi Pilot di Medan Ekstrem

Elesta menjadi pilot di wilayah Indonesia Timur, secara khusus Papua. Ia bekerja untuk maskapai Trigana Air.

Wilayah hal yang demikian merupakan wilayah dengan tingkat rintangan tinggi untuk penerbangan di tanah air. Elesta malahan mengakui bahwa rintangan penerbangan di sana berlokasi pada cuaca dan situasi geografis.

“Track-nya berat, untuk dibandingi Jakarta, Papua yang menjadi rute terbang saya memang daerah hazard (rintangan) nya tinggi. Sebab jikalau di sana perubahan cuaca kencang,” kata Elesta pada Merdeka.com, Sabtu (9/4/2016).

Kecuali itu, menurutnya, infrastruktur penerbangan di wilayah Indonesia timur masih terbilang minim. Untuk itu, para pilot di sana selain sepatutnya hafal dengan situasi geografis, juga perlu berkomunikasi setiap waktu dengan pesawat lain untuk menentukan jalanan yang dilaluinya aman, bagus dari pesawat maupun situasi cuaca.

“Tiap bandara belum ada navigasi yang komplit. Kita komunikasi sesama pesawat. Tantangan di sana pilot sepatutnya hafal benar wilayah yang menjadi rute terbangnya. Misal terbang dari Jayapura, sepatutnya hafal gunung, ketinggiannya berapa, dan biasanya telah kita koordinasikan dengan pesawat lain,” terangnya.

BACA JUGA:  Sudah Tahu? Inilah Hal-hal Unik di Dunia yang Mungkin Tidak Terpikir Olehmu

Jatuh Cinta dan Menikah dengan Anggota TNI

Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com
Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com

Via uploadan channel Youtube TNI AD, Elesta menyebutkan dikala dirinya dilamar oleh sang suami.

Dikala ini, Elesta telah diperistri oleh seorang anggota TNI bernama Pratu Januardy Ferdiansyah. Keduanya telah saling mengenal sejak masih duduk di bangku SMP.

Melainkan, keduanya sempat cukup lama tak menjalin komunikasi sampai pada kesudahannya bertemu lagi di media sosial tahun 2017.

Pratu Januardy melamar Elesta dengan ungkapan yang sederhana. Elesta menyebutkan bahwa dikala itu, Januardy menyebutkan pekerjaan sampai penghasilannya. Januardy berkata berharap menikahinya.

“Ia bilang semacam ini, saya tentara, gaji saya sekian, saya pengen nikahin kau,” kata Elesta menyebutkan.

“Dalam hati saya cuma ada keyakinan jikalau memang dia jodoh saya semuanya akan dilancarin. Melainkan jikalau memang bukan, yaudah, mungkin nantinya memang jadi sahabat atau gimana. Melainkan alhamdulillah semuanya dilancarin, Februari kami tunangan bulan April 2018, kami menikah,” imbuhnya.

Pernah Diragukan Oleh Penumpang

Menjadi pilot di umur muda tentu memiliki tantangan tersendiri. Awal dikala Elesta diragukan oleh salah seorang penumpang pesawatnya.

“Aku-permulaan jadi pilot itu banyak yang meremehkan. Apalagi dengan umur saya yang dikala itu muda ditambah perempuan. Kesudahannya pernah ngalamin ideal berharap berangkat, penumpang tau, lho itu pilotnya perempuan ya, pasti takut kan. Kesudahannya dia enggak berharap naik ke pesawat saya. Ia meminta pindah ke penerbangan berikutnya. Itu udah pernah waktu saya baru-barunya masuk di Trigana,” kata Elesta.

Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com
Instagram @elestaapriliana 2020 Merdeka.com

Semangat Meskipun Meskipun sempat diragukan, Elesta sama sekali tak berkecil hati. Ia menghasilkan hal hal yang demikian sebagai semangatnya untuk terus maju.

“Melainkan mengapa cuma sebab saya perempuan dan masih muda mereka meragukan saya gitu, dan itu jadi motivasi lagi buat saya,” imbuhnya.

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.