Home / Kuliner / Makanan Unik dan Khas di Indonesia

Makanan Unik dan Khas di Indonesia

Makanan Unik dan Khas di Indonesia – Bicara tentang Indonesia tentu tak akan ada habisnya. Negara beriklim tropis ini memiliki beragam suku, budaya, hingga tradisi yang bisa dikatakan unik. Tak ketinggalan beragam kuliner Indonesia. Indonesia terkenal dengan beraneka ragam kuliner khasnya yang unik dan tentu saja lezat. Tak mengherankan tentunya. Negara kepulauan ini pada dasarnya memang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Rempah-rempah yang ada di Indonesia bisa digunakan sebagai bahan masakan yang membuat rasanya unik dan enak.

 

Dewasa ini, kuliner Indonesia semakin mengalami kemajuan. Bahkan, kuliner Indonesia juga ada yang dibuat dengan bahan makanan yang tak biasa dikonsumsi. Tak hanya itu, penampilan hingga nama makanan di Indonesia pun banyak yang bisa dikatakan unik dan beda dari yang lain.

Apa saja makanan unik yang ada di negara ini?

Kue Tete

Kue Tete merupakan olahan dari tepung terigu dan tepung beras dengan diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan. Bahan dasar pembuatan kue ini tergolong sesederhana. Namun, bentuk Kue Tete ini mampu membuat orang pangling. Pada bagian tengah kue yang berwarna hijau ini memiliki bentuk yang melebar, di tengahnya menyembul seperti payudara. Itulah mengapa kue ini dinamakan Kue Tete. Kue Tete berasal dari Betawi dan memiliki nama lain yakni Kue Ape. Saat ini, Anda bisa menemukan Kue Tete dijual di pinggir-pinggir jalan.

Kue Pancong

Kue pancong merupakan kue tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu. Hingga saat ini, kue ini sering dimodifikasi dan menjadi kue yang masih disukai masyarakat. Bahkan, kue pancong tergolong kue yang cukup hits. Kue ini berbentuk setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam. Hingga saat ini, tidak diketahui alasan mengapa kue tersebut diberi nama kue Pancong.

BACA JUGA  10 Fakta Unik Bahan Makanan yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Bir Pletok

Dari namanya saja, kue ini sudah terdengar unik. Meskipun dinamakan bir, tetapi Anda tak perlu khawatir mengonsumsinya. Sebab, bir pletok ini tidak akan membuat Anda mabuk. Minuman ini biasanya dikonsumsi orang Betawi sebagai penghangat badan dan melancarkan peredaran darah. Minuman ini dibuat dari campuran rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. Warna merah bir pletok berasal kayu secang.

Dadiah

Tak hanya negara luar yang memiliki yoghurt, Indonesia juga punya. Dadiah merupakan makanan unik Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Dadiah adalah susu kerbau yang difermentasi secara alami di dalam buluh atau ruas batang bambu. Umumnya, fermentasi yang terjadi berlangsung selama sehari penuh. Namun, yang biasa dijual ke pasar adalah dadiah yang telah berumur dua hari.

Nasi Kentut

Nasi Kentut berasal dari kota Medan. Nasi kentut merupakan nasi yang digoreng bersama daun kentut, sejenis tanaman merambat yang banyak tumbuh di sana dan punya bau daun yang khas. Nasi ini terasa lebih lezat lagi karena dibungkus menggunakan daun pisang.

Sate Kere Solo

Dari namanya saja, Anda pasti bisa menerka-nerka makanan yang satu ini. Meskipun dinamakan sate, tetapi makanan ini bukanlah terbuat dari daging seperti sate lainnya. Namun, sate kere berisi potongan tempe gambus (tempe yang terbuat dari ampas tahu). Selain berisi tempe gambus, sate kere juga biasanya diisi dengan jeroan seperti hati dan usus.

Demikianlah artikel mengenai makanan unik yang ada di negara Indonesia. Anda tertarik mencoba salah satunya?