Home / Kuliner / Enak, Ini Dia Kuliner Khas Indonesia yang Jadi Favorit Dunia

Enak, Ini Dia Kuliner Khas Indonesia yang Jadi Favorit Dunia

Enak, ini dia kuliner khas Indonesia yang jadi favorit dunia. Pecinta kuliner tentu tidak boleh melewatkan beragam makanan dari tanah air, ya. Indonesia memang terkenal dengan beragam makanan khasnya yang menggiurkan lantaran banyaknya bumbu dan rempah. Ternyata, tidak hanya di tanah air saja lho, kuliner kita banyak penggemarnya.

Beragam kuliner khas Indonesia juga sudah turut meramaikan mancanegara dan menjadi favorit di sana. Tentunya orang-orang bule itu ketagihan, dong dengan rasanya yang cetar! Apa sajakah? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Gudeg

Siapa sih, yang tidak kenal dengan makanan khas Jogja yang satu ini? Rasanya yang nampol nyaris bisa menaklukkan lidah siapa saja. Gudeg dibagi menjadi tiga jenis yakni gudeg basah, kering, dan gudeg solo. Makanan yang satu ini sekarang tidak hanya ada di Jogja ya, bahkan seantero nusantara sudah ada. Mulai dari yang mangkal di pinggir jalan sampai restoran-restoran elit.

Nah, di Australia juga ada lho, gudeg Jogja ini! Benar sekali, kalau kamu lagi jalan-jalan ke Negeri Kanguru tersebut, coba sempatkan mampir ke Clayton Road, Melbourne. Di sana kamu akan menjumpai kuliner khas Indonesia yang satu ini. Tak hanya itu, gudeg sekarang juga sudah diekspor ke berbagai benua lain seperti Amerika, Eropa, dan juga Timur Tengah dengan kemasan kalengan.

Rendang

Ini juga menjadi salah satu favorit banyak orang di seluruh dunia. Rendang, makanan khas Sumatera Barat ini memang tidak perlu diragukan lagi soal cita rasanya. Rasanya yang pedas dilengkapi santan kelapa, ditambah rempah-rempah, bumbu, dan teknik khusus membuat daging dalam rendang terasa pas teksturnya. Bahkan, pada tahun 2011 lalu rendang menjadi makanan nomor satu terlezat di daftar 50 Most Delicious Food, yakni survei yang dilakukan CNN. Wow! Kamu bisa menemukan rendang di berbagai negara di dunia, seperti Kanada, Inggris, Jerman, Amerika, Australia, dan sebagainya. Di Jerman sana, makanan ini juga menjadi daftar makanan favorit!

BACA JUGA  6 Street Food yang Dapat Anda Temukan, Beli dan Makan di Lisbon

Tempe

Siapa sangka kuliner khas Indonesia yang satu ini juga telah mendunia? Tempe digadang sebagai makanan semua jenis kalangan, dari masyarakat biasa hingga masyarakat kelas elit. Cara pengolahannya yang beragam pun menjadikan tempe semakin banyak digemari siapa saja. Di Jepang sana, seorang Indonesia bernama Rustono telah berhasil memperkenalkan tempe pada masyarakatnya. Sehingga, kamu bisa menemukan tempe saat liburan ke Jepang.

Di London, kuliner khas Indonesia yang satu ini juga sangat populer. Ada sebuah Warung Tempeh yang berada di Streetfood yang bisa kamu sambangi saat jalan-jalan ke sana. Di Amerika, Arab Saudi, dan Australia, tempe juga tidak kalah populernya. Jadi, masa kamu yang orang Indonesia masih mengelak atau gengsi untuk makan tempe?

Gado-Gado

Makanan yang satu ini juga sulit ditolak oleh lidah siapa saja, ya saking lezatnya. Pada tahun 2010, gado-gado diikutkan dalam ajang perlombaan tingkat internasional dengan kategori sajian kuliner estetika di Napoli. Hasilnya? Wah, tentu juara satu dong! Makanan khas Betawai ini tentunya harus membuat kita semua bangga, ya, karena diakui di kancah internasional sebagai makanan yang lezat. Meski bahan dan pembuatannya sederhana, gado-gado tetap bisa membuat ketagihan.

Nah, itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang tenar di mata dunia karena kelezatannya. Kamu paling suka yang mana, nih?

About bhaca