Home / Peristiwa / Kisah Untung Pranoto, Seorang Preman yang Berhasil Menjadi Perwira Kopassus

Kisah Untung Pranoto, Seorang Preman yang Berhasil Menjadi Perwira Kopassus

Kisah Untung Pranoto, Seorang Preman yang Berhasil Menjadi Perwira Kopassus

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata preman? Tentunya yang bakal terbayang adalah seseorang dengan wajah garang, lusuh, kotor, penuh dengan tato menghiasi bagian dari tubuhnya, urakan dan banyak hal negatif lain yang tersemat.

Memang tidak ada yang salah dengan penggambaran seperti itu karena mayoritas seseorang yang dianggap preman memiliki tampang dan juga penampilan seperti itu. Oleh karena itu, tidak heran jika di era tahun 1980 sampai 1990-an, orang-orang yang dikategorikan preman disebut juga dengan istilah korak atau kotoran masyarakat.

Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah apakah orang yang sudah berkecimpung dalam dunia gelap dan mendapatkan status masyarakat sebagai preman tidak akan dapat lagi berubah dan memberdayakan dirinya untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi? Tentu jawabannya adalah tidak.

Ada banyak orang yang dulunya ‘bergelar’ preman dan akhirnya tobat dan kemudian kembali ke jalan yang benar serta melakukan usaha lain yang lebih menguntungkan dirinya dan masyarakat sekelilingnya, salah satunya adalah seorang pria yang bernama Untung Pranoto ini. Siapa sangka sosok yang dulunya hanyalah preman terminal tersebut sekarang bergelar Letnan Kolonel di kesatuan elit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kopassus.

Kisah pribadi dari Letkol Untung ini dibukukan dalam sebuah buku yang berjudul “Kopassus Untuk Indonesia” di bab yang berjudul “Pilihan Hidup: Jadi Bajingan atau Tentara.” Dalam buku tersebut diceritakan bahwa sebelum menjadi anggota TNI, Untung tidak ubahnya seperti preman lain pada umumnya.

Setiap hari nongkrong di terminal bus dengan menunjukkan tampang yang garang dan tidak segan melakukan aksi kekerasan jika ada yang mencoba melawan. Tampilan sangar tersebut semakin terlihat karena dalam keseharian, Untung hanya mengenakan kaos singlet, celana panjang dan juga sepatu boots ala koboi. Ditambah lagi wajahnya yang memang gahar serta rambut panjangnya membuatnya terlihat sangat menakutkan.

BACA JUGA  Demi mendapatkan like, seorang laki-laki memposting sebuah foto mengerikan

Namun suatu hari, entah apa yang melandasi, tiba-tiba saja Untung merasa hidupnya hambar dan membosankan. Dia mulai berfikir bahwa akan menjadi suatu hal yang sia-sia saja jika dirinya terus menjadi preman seperti itu. Akhirnya terbersit keinginan dari dalam dirinya untuk mencoba mengabdi pada negara dengan cara menjadi seorang tentara. Singkat kata, dia dengan tampilan apa adanya itu langsung melamar untuk menjadi anggota TNI dan jawaban yang diterimanya adalah berupa penolakan.

Tentu saja Untung kecewa dengan penolakan tersebut, akan tetapi dia tidak patah semangat dan mendaftar lagi untuk kali kedua. Hanya saja, pada kesempatan kedua tersebut, Untung datang dengan penampilan rapi, berpakaian yang lebih layak dan rambut panjangnya sudah dipotong habis. Bahkan sebelum berangkat untuk mendaftar menjadi anggota TNI yang kedua kalinya itu, Untung meminta restu dari ibu serta keluarganya.

Tekad Untung untuk menjadi seorang tentara sangatlah besar. Pada kesempatan kedua tersebut, dia tidak ingin gagal lagi. Jikalau akhirnya kegagalan yang diterimanya, maka Untung bersumpah akan menjadi preman seterusnya.

“Jika saya tidak berhasil kali ini (menjadi seorang tentara), saya akan jadi bajingan sekalian,” ungkapnya dalam hati.

Tuhan memang selalu mengetahui niat tulus hambanya, maka pada kesempatan kedua tersebut, Untung berhasil masuk dan berpangkat Prada. Dikarenakan kehidupannya di dunia preman sangat keras, maka saat menjadi tentara, mentalnya sudah terpupuk terlebih dahulu dan berhasil masuk dalam jajaran praurit yang loyal dan selalu melakukan tugasnya dengan antusias tinggi.

Tidak hanya itu saja, saat menjadi prajurit, Untung juga dikenal sebagai seseorang yang tekun, ulet dan tidak kenal menyerah. Dengan segala kesungguhan hati serta kerja keras yang dilakukannya itu, karir Untung sangat bagus di kesatuan. Karirnya terus menanjak dan akhirnya terpilih untuk masuk ke kesatuan elit TNI, Kopassus.

BACA JUGA  4 Penemuan Hebat dan Salah Satunya Anda Gunakan Sehari-hari Ini, Ternyata Terinspirasi dari Alam

Tiada kata mengeluh apalagi menyerah walaupun tugas yang dilakoninya cukup berat dengan gaji yang dapat dibilang sangat kecil. Semuanya dia lakukan dengan sabar, iklas serta penuh kebanggaan. Kerja keras memang tidak pernah mengkianati hasil, Untung berhasil naik pangkat sebanyak 17 kali dan berhasil mendapatkan gelar perwira sebagai seorang Letnan Kolonel.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *