Home / Unik / Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal!

Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal!

Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal! Bulan Desember identik dengan perayaan natal dan tahun baru. Hampir semua tempat dihiasi dengan pernak-pernik natal mulai dari topi santa clause, dekorasi serba merah, dan yang tidak kalah penting ialah adanya pohon cemara dengan hiasan khasnya.

Tidak hanya di Indonesia, perayaan yang identik dengan pohon natal ini sudah menjadi tradisi disambut meriah oleh umat kristiani di berbagai belahan dunia. Sebagai simbol perayaan yang paling populer, pohon natal juga memiliki kisah unik di dalamnya. Yuk simak fakta unik pohon natal berikut ini!

  1. Sempat Dilarang oleh Gereja

Dulunya, pohon cemara dilarang sebagai simbol karena tidk ada hubungannya dengan agama. Pada 1647, Johann Conrad, seorang pengkhotbah gereja Katedral Strasbourg juga pernah mengkritik adanya cemara tersebut bahkan menyebutnya dengan mainan anak-anak.

Tapi pada kenyataannya, adanya kritikan tersebut tidak berpengaruh. Orang-orang bahkan terus membawa pohon natal ke rumah masing-masing dan kemudian menghiasnya menggunakan bunga kertas. Akhirnya, gereja memutuskan untuk mengalah dan membuat pohon cemara yang telah dihias sebagai tradisi natal. fakta unik pohon natal tersebut jarang diketahui masyarakat hingga saat ini.

  1. Awalnya Dari Festival di Jerman

Pohon natal dulu bukan tradisi yang berasal dari umat kristiani melainkan tradisi jerman kuno ketika merayakan festival musim dingin beberapa ribu tahun yang lalu. Waktu itu, masyarakat masih belum mengenal agama dan menggunakan ranting untuk dekorasi rumah sebagai harapan akan datangnya musim semi.

Fakta unik pohon natal ternyata dulu masyarakat Roma kuno memanfaatkan pohon cemara sebagai dekorasi kuil saat musim dingin dan digunakan sebagai bentuk Festival of Saturnalia.

  1. Unik, Dulunya Digantung Dibalik

Jika saat ini pohon natal dipajang dengan berdiri disertai hiasan khasnya sehingga membuatnya menjadi sangat indah. Siapa sangka duluna pohon natal dipasang dengan cara terbalik. Sekitar abad 17 sampai  18, keluarga Jerman justru memasangnya terbalik, ranting dn daunnya berada di bagian bawah sedangkan akarnya ada di atas.

  1. Dijadikan Tempat Menyimpan Kado Natal

Fakta unik pohon natal bukan hanya digantung secara terbalik, ternyata hadiah natal juga pernah disimpan pada bagian atas pohon. Saat pohon natal mulai masuk ke Amerika, masyarakat menyimpan kado natal dengan meggantungnya pada bagian ranting.

BACA JUGA  Misi pembuktian pemeran Kapten Amerika mirip dengan anjing jenis Golden Retriever

Tidak jarang pula pohon natal akan dipenuhi dengan kado yang biasanya berupa mainan dan boneka. Anak-anak juga bisa memetik kue, permen, dan buah yang ada di pohon perayaan tersebut.

  1. Salah satu orang yang mempopulerkan ialah Ratu Victoria

Pohon Natal semakin populer di Amerika dan Eropa pada tahun 1800. Hal tersebut bermula saat seorang editor buku mulai membuat ilustrasi Ratu Victoria dan Pangeran Albet dengan pohon Natal yang digunakan sebagai background. Fakta unik pohon natal tersebut membuat pohon cemara semakin viral di mana-mana.

  1. Marthin Luther, Memulai Dekorasi Lampu Pohon Natal

Keindahan pohon Natal tidak lepas dari adanya lampu kecil berwarna-warni yang dipasang di daun dan rantingnya. Saat pertama kemunculannya, masyarakat hanya menggunakan hiasan bunga kertas sebelum akhirnya reformator protestan, Marthin Luther memasang lilin di pohon cemara tersebut.

Itu tadi 6 kisah menarik dan fakta unik pohon natal  yang  selama ini jarang orang tahu. Kini saatnya menyambut pesta tahunan dan menjalankan tradisi yang sudah ada. Salah satunya dengan menghias pohon natal. Yuk meriahkan natal tahun ini dengan suka cita!

About bhaca