Home / Popular / Isi Waktu Luang Dengan Si Mungil Ukulele, Ini Tips Untuk Memainkannya

Isi Waktu Luang Dengan Si Mungil Ukulele, Ini Tips Untuk Memainkannya

Sedang suntuk dengan aktivitas yang monoton dan butuh hobi baru? Coba deh, mainkan ukulele. Alat musik mungil berbentuk seperti gitar ini memang sedang naik daun. Banyak banget selebgram maupun selebriti yang terlihat sering memainkannya di Instagram. Ukulele sendiri merupakan instrumen dengan 4 senar yang berasal dari Hawaii dan sudah ada sejak tahun 1900-an. Suaranya renyah dan nyaring, cocok untuk mengiringi berbagai alunan lagu.

Isi Waktu Luang Dengan Si Mungil Ukulele, Ini Tips Untuk Memainkannya
Isi Waktu Luang Dengan Si Mungil Ukulele, Ini Tips Untuk Memainkannya

Kalau dibandingkan gitar yang memiliki 6 senar, jelas ukulele ini jauh lebih mudah dimainkan. Anda pun bisa mempelajarinya sendiri lewat YouTube dengan terlebih dulu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Miliki ukulele sendiri

Bisa saja sih, Anda belajar memainkan ukulele dengan meminjam punya teman. Tapi untuk bisa mahir memainkan alat musik, butuh latihan yang rutin. Nah, bagaimana bisa latihan kalau ukulele saja tidak punya? Maka dari itu, sebaiknya kamu membeli ukulele sendiri dan memilih jenisnya sesuai kebutuhan. Ada 4 jenis ukulele yaitu concert, tenor, bariton, dan soprano. Kayu bahan pembuat ukulele pun beragam, dan jenis kayu yang berbeda bisa mempengaruhi kualitas suaranya. Kalau dari segi harga, rata-rata ukulele dijual dengan harga Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribuan, meski ada juga yang jauh lebih mahal. Jadi sebaiknya sesuaikan hal ini dengan budget yang Anda miliki, ya.

Hafalkan kunci dasarnya

Sama halnya seperti alat musik lain, ada juga kunci dasar dari ukulele yang harus dihafalkan jika Anda ingin bisa mengalunkan sebuah lagu. Ada 3 jenis kunci yaitu mayor, minor, dan kunci 7 yang harus dipelajari dengan baik. Anda bisa kok, dengan mudah melihat posisi berbagai kunci ukulele ini melalui internet. Bisa juga putar video tutorial di YouTube supaya Anda bisa dengan tepat mengetahui bagaimana posisi jari tangan. Menghafalkan kunci ukulele dan melatih perpindahan tangan dengan fasih memang butuh waktu. Tapi percaya deh, kalau Anda rajin berlatih pasti bisa dengan cepat menguasai berbagai lagu menggunakan ukulele.

BACA JUGA  Fakta Menarik Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Tidur

Mulai dengan lagu sederhana

Siapapun yang belajar ukulele pasti ingin segera bisa memainkan lagu utuh. Tapi tentu saja untuk bisa memainkan lagu dengan sempurna, butuh latihan yang cukup lama. Anda sebaiknya memulai latihan dengan lagu-lagu yang memiliki kunci sederhana. Kalau memulai latihan dengan lagu yang kuncinya susah, dijamin Anda akan putus asa duluan sebelum bisa mahir memainkan ukulele. Ada baiknya juga Anda belajar ukulele sambil bernyanyi untuk menjaga agar ketukan tetap stabil dan memacu agar jari bisa berpindah tepat waktu.

Kolaborasi dengan orang yang sudah lebih ahli bermain ukulele

Supaya Anda makin semangat bermain ukulele dan cepat mahir, ada baiknya untuk berkolaborasi dengan pemain lain terutama yang sudah ahli. Anda jadi bisa melihat bagaimana sih, cara bermain ukulele dengan baik. Mungkin Anda juga akan mendapatkan beberapa trik bermain ukulele dengan lebih mudah. Sekarang sudah banyak juga lho, komunitas ukulele yang akan dengan senang hati mengajarkan Anda untuk bermain ukulele sekaligus bertukar informasi terkait ukulele. Seru kan, kalau suatu saat bisa main bersama dan kemudian mengunggahnya di media sosial Anda atau bahkan tampil di suatu acara?

Makin tak sabar untuk menyanyikan lagu favorit dengan ukulele? Yuk, segera beli ukulele dan belajar memainkannya di rumah!

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan