Home / Unik / Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini

Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini

Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini
Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini

Hewan berwarna putih berukuran besar, pemakan bamboo. Siapa sih yang tidak mengenal sosok ini? Ya, panda. Hewan asal negeri tirai bamboo ini terkenal lucu dan menggemaskan. Dengan ukuran tubuh yang besar dan gendut, panda sering terlihat lucu dan banyak disukai, terlebih dengan tingkah menggemaskannya. Maka dari itu, tidak heran jika ada banyak orang yang ingin bisa melihat langsung hewan ini, atau bahkan menyentuh dan bermain dengannya.

Panda memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dengan rambut berwarna hitam serta putih pada seluruh tubuhnya. Ada juga lingkaran hitam yang mengelilingi matanya. Dengan demikian, aka nada banyak orang yang sangat mudah untuk mengenali hewan menggemaskan satu ini. Di balik wujudnya yang lucu dan menggemaskan, teryata panda raksasa juga memiliki beberapa kebiasaan yang belum banyak diketahui oleh orang, loh. Seperti apa itu? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

  1. Ukuran tubuh panda raksasa

Aiuropoda melanoleuca atau nama ilmiah dari panda raksasa ternyata memiliki ukuran tubuh tertentu. Hewan berwarna hitam dan putih ini memiliki tinggi sekitar 1,2 sampai dengan 1,5 meter. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat ukuran tubuhnya yang besar, bukan? Berat badan panda raksasa ini sendiri sekitar 75 kg sampai dengan 135 kg. Cukup besar, bukan?

  1. Tempat tinggal panda raksasa

Ada banyak orang yang mengetahui bahwa panda bisa hidup di hutan, kebun binatang, bahkan juga dengan sejumlah tempat penangkaran. Akan tetapi, ternyata panda raksasa hidup di hutan bambu yang tersebar di seuruh Cina Timur dan Selatan. Bahkan, ada juga yang tinggal di Vietnam Utara dan Mianmar. Akan tetapi, seiring dengan meningkatnya populasi manusia, hewan ini pun akhirnya hanya bisa ditemukan di Provinsi Sichuan, Gangsu, dan Shaanxi.

BACA JUGA  Cafe India Memberikan Sensasi Makan di Sebelah Mayat
  1. Tingkah laku panda raksasa

Ada yang menganggap panda itu ganas? Faktanya, panda merupakan hewan yang jinak. Akan tetapi, panda juga bisa menyerang ketika merasa dirinya terancam. Mereka juga bisa menyerang ketika sedang melindungi diri dan bayi=bayinya yang terancam. Maka dari itu, ada baiknya Anda berhati-hati agar tidak mengganggunya.

  1. Makanan panda raksasa

Bila selama ini ada banyak orang yang mengetahui bahwa panda merupakan pemakan bambu, ternyata faktanya tidak demikian. Hewan mamalia ini ternyata merupakan omnivora. Sesekali panda memakan ikan dan hewan kecil. Akan tetapi, memang 99% makanan utamanya adalah tanaman, terutama bambu. Dalam sehari, panda  bisa memakan bambu mulai dari 12 sampai dengan 38 kg. Bahkan, panda dewasa bisa menghabiskan 45 kg bambu. Banyak sekali, bukan?

  1. Ulang tahun panda raksasa

Di kebun binatang atau tempat penangkaran, ternyata panda juga merayakan ulang tahunnya. Panda diberikan kue ulang tahun seperti manusia. Kue ini disediakan secara khusus dan terbuat dari sayur-sayuran serta es. Uniknya, lilin yang digunakan dibuat dari batang bambu. Dengan demikian, panda tersebut pun bisa menikmati kue ulang tahunnya seperti ketika manusia melakukan hal yang sama di hari spesialnya.

Itulah beberapa fakta tentang panda raksasa yang sudah Anda ketahui. Beberapa hal di atas bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan, sehingga tidak merasa asing lagi dengan hewan yang satu ini. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu merasa aneh lagi ketika mengetahui atau melihat tingkah panda raksasa yang menggemaskan.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan