Wajib Tahu, Inilah Fakta Unik Hutan Amazon yang Luar Biasa

Wajib tahu, inilah fakta unik hutan amazon yang luar biasa! Siapa yang tidak mengetahui hutan amazon? Hutan ini merupakan hutan terluas yang berada di Amazon, Negara Amerika Selatan. Hutan amazon merupakan paru-paru dunia tempat banyaknya flora dan fauna berbagai jenis spesies.

Namun, beberapa bulan yang lalu hutan ini mengalami kebakaran besar sehingga tercatat sebagai rekor terparah kebakaran hutan di tahun 2019. Padahal, hutan amazon memiliki banyak sekali fakta unik yang luar biasa. Berikut merupakan fakta unik hutan amazon yang harus kamu ketahui.

Sebagai Paru-Paru Dunia

Hutan amazon terkenal dijuluki dengan sebutan paru-paru dunia. Karena hutan ini memiliki pasokan tiga puluh persen oksigen dunia. Hal tersebut jelas terjadi karena banyaknya tumbuhan yang memiliki peran penting untuk menyerap karbondioksida, sehingga membuat terjadinya fotosintesis yang berguna untuk menghasilkan oksigen.

Mencakup di Sembilan Negara

Fakta unik hutan amazon selanjutnya adalah memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu sekitar 6,7 juta kilometer persegi atau sama dengan dua kali luas wilayah India. Dengan wilayah yang luas tersebut, hutan amazon kini dikenal sebagai hutan tropis yang paling luas di dunia.

BACA JUGA:  Sejarah Film Panas Dewasa

Saking luasnya hutan tersebut, wilayah hutan amazon ternyata mencakup sembilan negara besar, lho. Diantaranya ada negara Brasil, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Boilivia, Guyana, Suriname, serta negara Prancis.

Tanaman dan Binatang Unik yang Banyak

Fakta unik hutan amazon berikutnya adalah memiliki banyak sekali tumbuhan berbagai jenis serta binatang unik yang terkadang tidak ditemui di negara manapun. Hutan amazon menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi mereka. Menurut informasi yang beredar, hutan amazon memiliki sekitar 40.000 spesies tanaman, 16.000 jenis pepohonan, 5.600 berbagai jenis ikan, sekitar 1.300 spesies burung, 430 lebih hewan mamalia, 1.000 lebih hewan amfibi serta 400 lebih binatang reptil yang ada disini.

Sungai Amazon yang Indah dan Bersih

Meskipun bukan sungai terpanjang yang ada di dunia, namun sungai amazon memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer. Sungai ini memiliki keindahan serta airnya yang begitu bersih dan jernih. Namun, dibalik keindahannya tersebut, sungai amazon dihuni oleh beberapa hewan yang cukup mengerikan. Diantaranya ada piranha, belut listrik, anaconda hijau, caiman hitam, dan beberapa ikan langka seperti arapaima. Ikan arapaima ini merupakan ikan tawar terbesar yang hanya ditemui di sungai amazon.

BACA JUGA:  Inilah Fakta Unik Capung yang Menakjubkan

Rumah Penduduk Asli Negara Amerika

Fakta unik hutan amazon yang selanjutnya merupakan rumah atau tempat tinggal dari penduduk asli Amerika. Mereka tinggal di sekitar sungai hutan amazon dan selalu menjaga kelestarian hutan itu sendiri. Untuk bertahan hidup, mereka seringkali berburu, memancing, dan juga bercocok tanam.

Penduduk asli Amerika tersebut sangat senang tinggal disana dan hidup dengan makmur berteman dengan alam. Udara sekitar hutan amazon masih bersih dan tidak ada polusi di sekitar mereka. Selain itu, mereka sangat menjaga hutan amazon agar tidak terjamah oleh tangan-tangan kotor yang ingin melukai hutan terbesar di dunia.

Itulah beberapa fakta unik hutan amazon yang bisa kamu ketahui. Selain kelima fakta tersebut, masih banyak hal-hal unik dan luar biasa yang akan kamu dapatkan dari hutan amazon. Sehingga, kita bisa menyadarkan diri sendiri agar senantiasa menjaga alam sekitar agar tidak terjadi kerusakan yang akan membahayakan para penghuninya itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.