Home / Unik / Inilah Fakta Unik Capung yang Menakjubkan

Inilah Fakta Unik Capung yang Menakjubkan

Inilah fakta unik capung yang menakjubkan! Capung merupakan salah satu serangga pertama yang menghuni planet bumi. Ia sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu untuk menyempurnakan gaya terbang, berburu dan sebagainya. Selain itu, capung juga memiliki beberapa keunikan yang sunguh menakjubkan, bahkan tanpa kamu sadari dan ketahui sebelumnya.

Berikut ini merupakan fakta unik capung yang bisa kamu ketahui.

Menangkap Mangsa di Udara

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, namun kecerdasan dan kemampuan terbang capung yang melesat dapat membuat ia menangkap mangsa dengan mudah. Sehingga, capung menjadi hewan yang paling ditakuti oleh nyamuk, serta serangga kecil lainnya.

Fakta unik capung mampu menangkap mangsa bahkan ketika sedang diudara sekalipun karena capung mampu menganalisis kecepatan serta lintasan target mangsa yang membuat capung dengan mudah menangkapnya. Tingkat keberhasilan hal ini bisa mencapai hingga 95 persen, lho. Dengan kata lain, jarang sekali para capung gagal menangkap mangsanya dalam keadaan terbang sekalipun.

Memiliki Mandibula yang Sangat Tajam

Selain pandai menangkap mangsa, capung juga pandai dalam hal memecahkan mangsa. Perlu kamu ketahui bahwa capung termasuk ke dalam golongan odonata yaitu hewan atau serangga yang memiliki gigi.

Fakta unik capung yang memiliki mandibula tajam ini terbukti pada saat capung berburu, kemudian menangkap mangsa dengan kakinya lalu merobek sayap musuh dengan rahang yang tajam dan membuat musuh tak mampu melarikan diri. Semua hal tersebut bisa para capung lakukan tanpa harus mendarat terlebih dahulu.

Namun, Anda tidak perlu takut ketika ada diantara para capun, atau datang ke tempat cagar capung karena mandibula mereka tidak akan mampu menggigit kulit manusia sehingga tidak terlalu membahayakan dan tidak semengerikan yang kamu bayangkan.

BACA JUGA  Fakta Unik Tentang Candi Prambanan

Mata Capung Adalah Kepalanya

Fakta unik capung berikutnya adalah sesuatu yang tidak kamu ketahui dan sangat luar biasa. Capung memiliki mata majemuk yang besar di area kepalanya dan masing-masing berisi sekitar 30.000 sisi. Mata capung mampu melihat hampir 360 derajat dan mampu menangkap informasi sekitar lingkungan yang ia tempati atau kunjungi.

Apa Fakta Unik Tentang Capung yang Memiliki Mata Besar?

Dengan mata yang besar tersebut, capung mampu menangkap mangsa yang sedang bergerombol di udara tanpa bertabrakan dengn gerombolan lain. Penglihatan serta kegesitan capung ini membuat serangga ini tampak menakjubkan. Bahkan, bukan hanya memiliki penglihatan yang luar biasa. Capung juga bisa melihat warna dunia yang bahkan tidak bisa kita bayangkan dengan mudah.

Mampu Hidup Selama 2 Tahun di Bawah Air

Fakta unik capung ini dilatarbelakangi dengan capung yang bertelur di dalam air. Lalu, ketika larva sudah menetas, maka mereka akan hidup sementara di dalam air kurang lebih selama dua tahun. Selama duaa tahun tersebut, larva capung akan mengalami perubahan bulu hampir 17 kali sampai akhirnya ia bisa terbang dan hidup di udara.

Penanda Hujan Akan Turun

Jika kamu melihat gerombolan capung merah atau kuning kejinggaan sedang terbang mengitari langit, maka sudah dipastikan bahwa hujan akan segera turun. Capung tersebut mampu memberi peringatan pertanda hujan sehingga orang yang melihatnya akan bersiap-siap menyiapkan payung atau hal apapun agar terhindar dari hujan.

Itulah beberapa fakta unik capung yang bisa kamu ketahui. Selain beberapa fakta yang disebutkan diatas, masih banyak lagi hal unik dan menakjubkan yang dimiliki oleh serangga kecil tersebut. Bahkan, capung dikenal sebagai ide dalam pembuatan pesawat helikopter, lho. Luar biasa sekali, bukan?

About bhaca