Home / Peristiwa / Inilah Beberapa Oase Mencengangkan yang Ada di Padang Pasir, Kamu Wajib Tahu

Inilah Beberapa Oase Mencengangkan yang Ada di Padang Pasir, Kamu Wajib Tahu

Inilah beberapa oase mencengangkan yang ada di padang pasir, kamu wajib tahu! Padang pasir memang dikenal dengan gurun tandus yang sangat panas. Tidak heran, kalau di sepanjang hamparan itu kamu hanya akan menemukan hamparan pasir yang tandus tanpa setetes pun air. Namun, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, lho!

Nyatanya, di beberapa padang pasir ini ada oase yang menjadi penyejuk dan sangat indah di tengah-tengahnya. Oase di bagian padang pasir mana sajakah? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Oase Seba, Libya

Kamu pasti tahu ya, gurun pasir terluas di dunia? Benar sekali, itulah gurun pasir Sahara. Kalau di tengah-tengah gurun ini terdapat oase, apa kamu sudah tahu? Benar, Libya Oasis merupakan salah satu oase mencengangkan yang ada di padang pasir. Oasis ini tepatnya ada di bagian kota Sabha, yang terletak di sebelah barat daya dari Libya. Alih-alih pemandangan tandus padang pasir, di sini kamu akan disuguhi dengan palem-palem hijau yang membentang. Pohon palem memang dipercaya kuat menghadapi cuaca panas seperti di gurun seperti itu.

Penduduk di oasis Seba ini memang sengaja menanam tumbuhan palem untuk mengantisipasi supaya kandungan air di dalamnya tetap alami. Meski pun cuaca berubah ekstrem, tapi kandungan air di dalam gurun tersebut tidak akan habis. Nah, kalau suatu saat kamu tersesat di Sahara, kamu bisa mampir ke oase indah ini.

Oase Danau Sabit, China

Oase mencengangkan yang ada di padang pasir selanjutnya adalah yang satu ini. Kamu pasti sudah mengenal jalur Sutra, yang dulu sering muncul di pelajaran sejarah sebagai jalur perdagangan dari Cina ke Asia, bukan? Nah, jalur ini harus melewati sebuah gurun yang bernama gurun Gobi. Gurun ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia, lho!

BACA JUGA  Teknik ini akan membantu Anda bertahan hidup jika di serang hewan buas

Namun, siapa sangka jika di tengah gurun ini terdapat sebuah oase yang sangat indah. Namanya adalah Oase Danau Bintang. Oase ini letaknya di dekat kota Dunhuang, dan menjadi penyegar di antara wilayah sekitarnya yang benar-benar kering. Kamu bisa mampir ke sana untuk minum jika kebetulan sedang lewat. Selain itu, ada juga penginapan khas Cina yang bisa ditempati untuk istirahat. Ada juga pusat suvenirnya, lho!

Oase Chebika, Tunisia

Oase yang berada di Tunisia ini juga merupakan salah satu oase mencengangkan yang ada di padang pasir. Terletak di sebuah gurun di Tunisia, Oase Chebika adalah kaki gunung Djebel el Negueb. Di oase ini kamu akan disuguhi pemandangan indah yang tidak lazim ada di padang pasir, yakni sebuah air terjun. Meski tidak begitu tinggi, air terjun ini akan memberikan kesegaran yang tiada tara untuk siapa saja.

Akan lebih indah lagi kalau kamu mengunjungi oase ini menjelang senja. Seolah matahari akan terbenam ke dalam tebing yang menyerupai kastil. Pemandangan indah inilah yang membuat oase tersebut dijuluki dengan istilah Qasr el-Shams oleh orang-orang Arab, yang berarti kastil matahari. Dulunya, tebing ini merupakan tempat persembunyian para budak di daerah Tunisia. Namun, pemandangannya yang sangat menawan akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

Nah, itu dia beberapa oase mencengangkan yang ada di padang pasir. Masih ada juga Oase Pica di Cili, Oase Zulganai di Mongolia, dan sebagainya. Bagaimana, tertarik untuk bertualang di padang pasir?