Elegan, Inilah Baju Adat Wanita Paling Cantik dari Penjuru Dunia

Elegan, inilah baju adat wanita paling cantik dari penjuru dunia. Setiap negara atau daerah sudah tentu memiliki pakaian adatnya masing-masing. Model dan jenis pakaian adat ini biasanya dipengaruhi oleh unsur-unsur lain juga seperti budaya, keyakinan, iklim di tempat tersebut, dan sebagainya.

Nah, dari beberapa pakaian adat wanita, ada lho, pakaian adat yang dinilai paling cantik dari berbagai penjuru dunia. Cantik di sini dimaksudkan, saat mengenakan pakaian adat tersebut wanita jadi semakin memesona. Wah, pakaian adat dari mana saja, nih? Simak ulasan berikut, ya!

Cheongsam

Baju adat wanita paling cantik ini berasal dari Tiongkok. Cheongsam juga dikenal sebagai Qipao, yang merupakan pakaian tradisional wanita Tiongkok. Pakaian ini biasa dikenakan di acara penting sudah sejak dulu, tepatnya dari zaman dinasti Qing. Pakaian ini mempunyai ciri utama, seperti kerah baju yang berdiri, lipatan kain yang membuka di sisi kanannya, dan bagian bawah pinggang kain tersebut dibiarkan terurai.

Memakai Cheongsam bisa mengekspos keindahan tubuh seorang wanita. Di zaman dulu, pakaian ini menandakan status wanita yang terhormat. Namun, sekarang ini hampir semua wanita di Tiongkok, China, bahkan sampai ke luar negeri nyaris bisa mengenakan pakaian adat ini.

BACA JUGA:  Ingin Jadi Miss Universe? Ini Dia Fakta Tentang si Ratu Kecantikan yang Harus Diketahui

Sari

Kalau baju adat wanita paling cantik yang satu ini semua orang sepertinya sudah tahu, ya. Yap, sari atau saree merupakan nama baju sekaligus nama jenis kain yang digunakan untuk membuat baju adat India. Sari ini sangat panjang lho, kira-kira antara empat sampai sembilan meter, dan tidak dijahit, hanya dililitkan saja di badan.

Seperti yang kamu tahu, pakaian adat ini nampaknya hanya cocok dipakai wanita India, ya. Jenis sari yang paling populer adalah sari yang dililit di pinggang, kemudian ujung lain disangkutkan ke bahu sampai ke punggung. Sari ini digunakan untuk menutupi baju dalamnya yang dikenal dengan sebutan pavada atau shaya.

Dirndl

Baju adat wanita paling cantik selanjutnya adalah dirndl. Pakaian ini merupakan baju tradisional yang dulu dipakai oleh wanita di pedesaaan pegunungan Alpen. Khususnya, dirndl dipakai oleh wanita Austria yang bekerja di ladang, karena memang bentuknya yang simpel dan bisa bebas bergerak. Dulu, warna dari dirndl ini hanya hitam dan putih saja, juga terdapat celemek atau rok kecil yang menutupi bagian depannya.

BACA JUGA:  Wanita ini bisa mencium aroma orang yang akan meninggal

Namun, rupanya Raja Austria dan sang permaisuri menyukai pakaian adat ini, sehingga pakaian tersebut pun naik pamor. Mereka menyebutnya dengan istilah sissi, yang kini menjadi pakaian adat Austria.

Kebaya

Tentu baju adat wanita paling cantik ala Indonesia ini tidak ketinggalan, ya! Kebaya memang akan membuat pemakainya semakin cantik dan terlihat Indonesia banget. Seperti yang kamu tahu, kebaya ini berasal dari Jawa, yang  dulu hanya dipakai oleh para istri raja dan selirnya. Namun, sejak zaman penjajahan, kebaya barulah dikenal semakin luas sampai ke seantero negeri. Kebaya sering kali digunakan untuk acara-acara formal seperti pernikahan, wisuda, dan sebagainya. Sekarang ini, kebaya sudah banyak mengalami modifikasi yang semakin mempermanis tampilannya.

Nah, itu dia beberapa pakaian adat yang paling cantik di seluruh penjuru dunia. Selain itu ada juga Hanbok dari Korea, Kimono dari Jepang, Ao Dai dari Vietnam, juga Sarafan dari Rusia. Sebagai wanita Indonesia, kita tentu harus menjaga kelestarian baju adat wanita paling cantik berupa kebaya ini, ya!