Home / Hewan / Hewan-hewan Unik di Dunia yang Sudah Punah dari Peradaban

Hewan-hewan Unik di Dunia yang Sudah Punah dari Peradaban

Hewan-hewan unik di dunia yang sudah punah dari peradaban. Banyak sekali jenis satwa di dunia yang memiliki ciri khas serta keunikannya tersendiri. Mulai dari yang jinak sampai yang buas, mamalia sampai unggas, ada banyak sekali jenisnya dari yang mungkin kamu ketahui saat ini. Sayang, hewan-hewan tersebut sekarang sudah punah karena fase alam atau pun memang sudah tidak bisa dilestarikan lagi oleh manusia.

Nah, hewan-hewan apa sajakah yang telah punah dan memiliki keunikannya tersendiri? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Harimau Tasmania

Hewan unik di dunia yang satu ini berasal dari Australia, Tasmania, juga sebagian berasal dari Papua Nugini, Indonesia. Seperti harimau pada umumnya, Harimau Tasmania merupakan mamalia besar dalam golongan karnivora, tapi memiliki tubuh yang lebih kecil daripada harimau jenis lain. Paling besar, harimau ini hanya seukuran anjing saja.

Berat harimau Tasmania biasanya berkisar antara 30 kilogram, dengan buntut yang sangat panjang, mencapai dua meter. Selain itu, yang menjadi keunikan dari harimau ini adalah garis-garis gelap di tubuhnya, yang semakin menebal ke bagian ekor. Sayang, hewan unik yang satu ini telah punah sejak lama.

Stellers Sea Cow

Sapi laut merupakan salah satu hewan unik di dunia yang tergolong dalam mamalia herbivora dengan ukuran tubuh sangat besar. Nama ini disematkan oleh George Steller, seoraang naturalis yang telah menemukan hewan ini di tahun 1741. Pada tahun tersebut, sapi laut bisa hidup dengan panjang tubuh mencapai 8-9 meter dan berat mencapai 8 hingga 10 ton. Wow!

Seperti sudah menjadi tempat langganan hewan-hewan unik, Indonesia juga pernah ditemukan sapi laut ini, tepatnya di Kepulauan Komandan di sekitar Laut Bering. Selain itu, sapi laut juga pernah ditemukan di Barat Daya Alaska. Uniknya lagi, mamalia yang satu ini hanya memakan rumput laut dan tergolong jinak, juga tidak bisa menenggalamkan tubuhnya sehingga diketahui punah karena perburuan manusia.

BACA JUGA  Pecinta Kucing Wajib Tahu, Ini Fakta Unik Hewan Kesayanganmu

Dodo

Hewan unik di dunia yang satu ini berwujud seekor burung besar yang tinggal di Mauritius, Dodo namanya. Tidak seperti burung-burung pada umumnya, Dodo memiliki tinggi sekitar satu meter dengan berat antara 10 hingga 18 kilogram. Satu-satunya bukti atas pernah hidupnya hewan ini adalah ilustrasi serta catatan dari abad ke-17, hingga sampai sekarang belum diketahui benar bentuk aslinya seperti apa.

Berdasarkan penelitian, konon Dodo punah karena kekurangan sumber makanan seperti benih, akar dan buah serta tidak adanya predator yang relatif. Selain itu, Dodo juga diketahui selalu diburu oleh para pelaut serta hewan-hewan buruan mereka, sehingga Dodo terakhir kali terlihat pada tahun 1662. Sayang sekali, ya?

A Wolly Mammoth

Penggemar film Ice Age mungkin sangat familiar dengan hewan unik di dunia yang telah punah ini. Mammoth merupakan salah satu mamalia dengan ukuran tubuh yang sangat besar, yang diyakini merupakan nenek moyang dari gajah modern saat ini. Sekitar 3,5 juta tahun yang lalu, diketahui bahwa nenek moyang Mammoth keluar dari Afrika dan menyebar sampai Eurasia serta Amerika Utara. Tinggi Mammoth bisa mencapai empat meter dengan berat badan lebih dari enam ton. Bulu yang sangat tebal dan taring melengkung adalah salah satu keunikan hewan ini.

Nah, itu dia beberapa hewan unik di dunia yang telah punah dari peradaban. Kalau saja hewan-hewan besar tersebut masih ada sampai sekarang, apa yang akan kamu lakukan terhadap mereka?