Home / Unik / Inilah Fakta Unik Turki yang Menakjubkan, Bikin Mupeng Liburan ke Sana

Inilah Fakta Unik Turki yang Menakjubkan, Bikin Mupeng Liburan ke Sana

Inilah fakta unik Turki yang menakjubkan, bikin mupeng liburan ke sana! Apa yang terlintas dalam benakmu saat mendengar nama negara ini? Turki merupakan negara yang penuh dengan sejarah dan tentunya destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain orangnya yang cantik dan ganteng-ganteng, ada beberapa fakta unik dari negara ini yang pasti bakal bikin kamu mupeng untuk berlibur ke sana.

Apa saja sih, fakta unik Turki tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Sejarah Hegia Sophia

Kalau kamu ke Turki, pastikan kamu berkunjung ke Hegia Sophia, ya. Ini merupakan salah satu bangunan paling bersejarah yang ada di sana. Dulunya, bangunan yang sekarang menjadi sebuah masjid ini merupakan katedral yang telah berdiri sejak zaman Byzantium pada abad keenam. Bangunan ini sudah menjadi bagian dari gereja yang terpenting dalam agama Kristen sampai 900 tahun lamanya, lho!

Namun, di abad ke-15 saat Mehmet III merebut kekuasaan di kota Konstantinopel atau yang sekarang dinamakan Istanbul, ia telah mengubah gereja tersebut menjadi sebuah masjid. Tentu ada renovasi dengan menambahkan empat minaret, juga air mancur. Kini, Hagia Sophia menjadi museum yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan sekaligus fakta unik Turki yang tidak boleh dilewatkan.

Bazar Istanbul

Berikutnya, di Turki kamu akan menemukan salah satu hal unik yang bertajub bazar Istanbul. Ini merupakan pasar paling besar yang ada di Istanbul hingga mencatat rekor sebagai pasar paling besar di dunia. Meski bazar ini tertutup, kamu bisa menemukan 64 lorong, lebih dari 4000 toko, juga ada lebih dari 25.000 orang yang bekerja di sana. Ini merupakan salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Turki. Bayangkan saja, setiap tahunnya terdapat lebih dari 90 juta orang wisatawan yang mampir untuk berbelanja di bazar ini. Wah, kamu juga harus mampir dan jangan sampai tersesat, ya!

BACA JUGA  Video luar biasa unta makan kaktus berduri

Santa Claus

Fakta unik Turki selanjutnya adalah yang satu ini. Apa sih, yang ada di benakmu saat mendengar kata Santa Claus? Sosok pemberi hadiah saat natal tiba? Tentu saja, tapi tahukah kamu dari  mana si Santa ini berasal? Dari Turki lho, rupanya! Sinterklas berasal dari sosok Saint Nicholas yang lahir di Patara pada tahun 270. Nah, pada saat itu Patara merupakan kekaisaran Romawi, dan di zaman modern pun masih masuk dalam wilayah kedaulatan di Turki. Dalam legendanya, Santa adalah orang suci yang dengan sukarela membantu masyarakat miskin yang kelaparan di wilayah Myra. Inilah kenapa dia lalu dikenal dengan sebutan Saint Nicholas dari Myra.

Fakta Bunga Tulip

Kamu masih menyangka kalau bunga tulip berasal dari Belanda? Wah, kamu salah kalau begitu. Bunga tulip adalah bunga yang sebenarnya berasal dari Turki. Dalam bahasa Turki, bunga ini disebut Turbah atau sorban. Sejak abad ke-10, bunga ini sudah menjadi salah satu tanaman obat di Turki, lho! Akhirnya, pada tahun 1590, tanaman ini juga mulai dijadikan sebagai tanaman obat di Belanda sana. Sampai saat ini, tulip terus dibudidayakan di Belanda dan menjadi salah satu simbol dari negara itu.

Nah, itu dia beberapa fakta unik Turki yang perlu kamu tahu. Bagaimana, semakin ingin ke sana, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!