6 Fakta Unik Tentang Pelangi yang Masih Jarang Diketahui

6 Fakta unik tentang pelangi yang masih jarang diketahui! Pelangi adalah salah satu ciptaan Tuhan dan merupakan fenomena alam yang sangat indah. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air di udara maka terbentuklah pelangi. Pelangi sama dengan senja, meski kehadirannya sangat singkat, nyatanya mampu membuat sebagian orang menyukainya. Apakah kamu termasuk yang menyukai pelangi? Sudahkah kamu mengetahui fakta unik mengenainya? Kalau belum, yuk ketahui faktanya di bawah ini.

Pelangi Bergantung Kepada Matahari

Tahukah kamu, bahwa formasi pelangi bergantung kepada sudut matahari? Itu artinya, pelangi bisa dilihat saat matahari berada pada sudut 42°. Itulah sebabnya, pelangi lebih banyak muncul ketika matahari terbit atau saat tenggelam. Jadi, jangan berharap  bisa melihat pelangi pada pukul 12 siang, ya. Meski kemunculan pelangi mengandalkan sinar matahari, ternyata pelangi juga bisa muncul saat malam hari. Pelangi yang muncul pada malam hari disebabkan oleh refleksi bulan yang disebut sebagai moonbows.

Pelangi Ganda Memiliki Warna Terbalik

Fakta unik tentang pelangi kedua adalah adanya kejadian pelangi ganda. Hal ini sangat langka terjadi. Pelangi ganda adalah pelangi yang dapat membuat langit terlihat cerah dan berwarna-warni. Pelangi ini akan terbentuk ketika cahaya dibiaskan dari setetes air pada kedua kalinya dan memiliki sekunder dan busur primer. Biasanya, busur sekunder akan lebih samar dibandingkan dengan busur primer. Selain itu, yang membuatnya semakin unik adalah warna yang berada pada busur sekunder berada dalam keadaan terbalik, lho.

BACA JUGA:  Bikin Heran, Inilah Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Penjuru Dunia

Pelangi Tidak Terlihat Sama Pada Setiap Orang

Wah, ternyata meski pelangi bisa dilihat oleh setiap orang, mata setiap orang akan menangkap pelangi yang berbeda-beda. Saat kamu dan temanmu melihat pelangi yang sama dan di lokasi yang sama, pasti juga akan berbeda. Hal ini terjadi karena cahaya yang memantul dari tetesan air hujan yang membentuk pelangi, juga memantul pada tetes air lainnya dan dari sudut yang berbeda. Kamu bisa membuktikannya dengan cara seperti ini. Cobalah untuk melihat pelangi hanya dengan satu mata, sedangkan mata lainnya ditutup. Lalu, coba lakukan hal yang sama pada mata sebelah. Apakah kamu melihat pelangi yang sama? Kamu pasti akan melihat keadaan pelangi yang berbeda dari rintik hujan.

Pelangi Tidak Memiliki Ujung

Tahukah kamu bahwa pelangi tidak memiliki ujung? Pernahkah kamu mendengar tentang ujung pelangi di mana jika seseorang bisa mencapai ujung pelangi maka akan mendapatkan harta karun. Ternyata, fakta unik tentang pelangi ialah ujung pelangi tidak bisa dicapai. Hal itu hannyalah mitos. Ini terjadi karena cahaya yang membentuk pelangi bergantung pada sudut yang dapat disaksikan seseorang. Akibatnya, jarak yang diciptakan akan tetap sama meski kamu bergerak.

BACA JUGA:  4 Fakta Unik Tentang Semangka, Kamu Harus Tahu

Tidak Ada yang Bisa Melihat Seluruh Warna Pelangi

Salah satu fakta unik lainnya adalah manusia tidak bisa melihat seluruh warna yang ada pada pelangi. Pelangi memiliki jutaan warna di dalamnya. Ada banyak kesatuan yang terdiri dari satu juta warna. Namun, manusia hanya bisa melihat 7 warna saja, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu atau biasa disingkat menjadi mejikuhibiniu.

Pelangi Terbentuk Dari Pelangi Kecil

Cahaya yang dipantulkan melalui tetesan air hujan akan membentuk sebuah pelangi. Ada banyak busur kecil yang bergabung bersama-sama sehingga membentuk busur besar dan menciptakan langit yang penuh warna. Itulah dasarnya pelangi terbentuk dari fakta unik tentang pelangi.

Itulah 6 fakta unik tentang pelangi yang jarang diketahui. Apakah kamu sudah tahu sekarang?

 

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.