Fakta Unik Tentang Aurora, Pertunjukan Cahaya yang Mengagumkan

Fakta Unik Tentang Aurora, Pertunjukan Cahaya yang Mengagumkan! Aurora atau yang juga dikenal dengan sebutan The Northen Light, mungkin adalah nama yang sering kita dengar. Fenomena yang sangat populer ini memang sangat mengagumkan. Namun, tak banyak orang yang bisa menikmati keindahannya. Sebab, munculnya aurora hanya ada di belahan bumi bagian utara dan juga selatan saja.

Di bagian utara sana, kamu bisa menyaksikan aurora ini di langit pada sepanjang Pantai Siberia, Islandia, Skandinavia, selain itu ujung selatan Greenland, Alaska dan di bagian Kanada Utara. Akan tetapi, selain fakta bahwa aurora tak bisa disaksikan oleh banyak orang, ada pula fakta lainnya yang harus kamu ketahui tentang keindahan cahaya yang satu ini. Yuk simak 5 faktanya di artikel bawah ini!

Telah Diamati Sejak Lama

Fakta unik tentang aurora yang pertama, sebenarnya fenomena cahaya ini telah ada sejak zaman dahulu kala. Jauh sebelum kita menyaksikannya di era modern saat ini, para ilmuwan seperti Galileo Galilei dan banyak orang lainnya telah melihat fenomena keindahan aurora tersebut.

Adapun hal ini dibuktikan dengan temuan berupa lempengan tanah liat yang berasal dari Babilonia. Isi dari penemuan ini adalah tentang pengamatan mengenai ‘cahaya merah’ yang muncul pada sekitaran tahun 576 SM. Selain catatan itu, ada juga bukti lainnya berupa lukisan aurora yang terdapat di sebuah gua berusia 30.000 tahun.

BACA JUGA:  Pekerjaan Unik yang Bergaji Besar

Warna yang Paling Sering Muncul adalah Hijau

Fakta unik tentang aurora yang satu ini bukan tanpa alasan. Seringnya kemunculan warna hijau ini dikarenakan partikel matahari yang bertabrakan pada ketinggian di atas 60 hingga 150 mil. Di mana ketika itu ada banyak sekali oksigen yang membuat warna hijau ini lebih sering muncul dibandingkan dengan warna lainnya.

Fenomena Apa yang Dapat Dilihat di Angkasa?

Dapat Terlihat Hingga Luar Angkasa

Mungkin selama ini kamu hanya tahu bahwa fenomena cahaya mengagumkan yang disebut aurora ini hanya bisa dinikmati oleh penduduk bumi saja. Sayangnya, anggapan tersebut sangat keliru. Sebab, meski aurora memang muncul di belahan bumi bagian utara dan selatan, nyatanya keindahan dari cahayanya bisa terpancar hingga ke luar angkasa. Sehingga para astronout pun juga bisa menikmati keindahan dari cahaya tersebut dari Stasiun Luar Angkasa.

Ditemukan di Planet Selain Bumi

Fakta unik tentang aurora yang selanjutnya adalah mengenai keberadaan cahaya menakjubkan yang satu ini. Nyatanya, aurora tak hanya ada di bumi saja loh, planet lain pun juga memiliki aurora di kutub mereka. Contohnya saja di planet Jupiter, Uranus, Saturnus dan juga Neptunus. Selain itu, karena medan magnet di planet-planet itu sangatlah besar, maka tak akan heran lagi jika aurora yang dimiliki oleh beberapa planet tersebut lebih kuat dan lebih besar daripada yang ada di bumi.

BACA JUGA:  Bir seharga 400 juta rupiah, begini rasanya

Beberapa Percaya Aurora adalah Pembawa Keberuntungan

Pada beberapa negara sangat percaya bahwa fenomena aurora ini merupakan sebuah pertanda. Contohnya saja yang terjadi pada orang Amerika Utara kuno yang mempercayai bahwa kemunculan aurora adalah karena roh para orang mati sedang bermain bola. Ada lagi kepercayaan Amerika Utara kuno lainnya yang meyakini bahwa aurora merupakan jalan sempit terang.

Nantinya jalan tersebut akan memandu orang yang sudah meninggal untuk ke surga. Banyak lagi kepercayaan lain tentang aurora yang tak banyak diketahui oleh generasi zaman sekarang. Nah, terlepas dari apapun fakta unik tentang aurora, kamu pastinya tak bisa memungkiri bahwa fenomena tersebut sangatlah indah dan ingin menyaksikannya dari dekat, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.