Fakta Unik Semangka yang Harus Anda Ketahui

Fakta Unik Semangka yang Harus Anda Ketahui. Siapa yang tidak suka makan buah semangka? Selain menyegarkan, semangka juga dikenal sehat. Buah ini mengandung vitamin A, B6, dan C, serta rendah kalori yang disukai wanita yang sedang diet.

Selain itu, masih banyak fakta unik tentang semangka yang perlu Anda ketahui. Yuk lihat ringkasannya di bawah ini ya!

  • Semangka mentah tidak mengandung banyak nutrisi

Fakta unik semangka pertama yaitu tingkat kematangan. Sebelum mengkonsumsi semangka, pastikan dulu sudah matang atau belum? Selain tidak enak, semangka hanya mengandung sedikit nutrisi. Hampir tidak ada beta-karoten di dalamnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari permukaan kulit, jika ada bercak putih, itu pertanda bahwa semangka tidak matang.

  • Jangan makan terlalu banyak semangka

Sesuatu yang berlebihan pasti memiliki efek samping. Ini juga berlaku ketika mengonsumsi semangka, meskipun dianggap sebagai salah satu sumber fitonutrien terbaik, yaitu likopen. Lycopene adalah antioksidan yang dapat mencegah beberapa kanker dan meningkatkan kesehatan jantung. Sayangnya, dalam 30 mg atau lebih likopen, justru dapat membahayakan tubuh kita.

Efek samping yang paling dirasakan adalah gangguan pencernaan. The American Cancer Society memeriksa pasien yang mengonsumsi suplemen lycopene 15 mg tinggi dua kali sehari. Akibatnya, pasien melaporkan masalah usus dengan gejala mual, muntah, diare, gangguan pencernaan, dan perut kembung. Kandungan likopen dapat menyebabkan peradangan hati.

  • Biji semangka aman untuk dikonsumsi.

Fakta unik semangka selanjutnya yaitu biji semangka aman untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian dari The International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka ternyata juga banyak bermanfaat bagi kesehatan. Biji buah ini mengandung sejumlah besar antioksidan, vitamin B, dan beberapa mineral. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara langsung.

  • Jangan membuang kulit semangka

Menurut laporan Live Science, ternyata hampir semua bagian semangka dapat dimakan, termasuk kulitnya. Setiap 3 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti meningkatkan libido, menjaga kebugaran saat berolahraga, membantu menurunkan tekanan darah, serta untuk membuat prostat Anda sehat.

  • Detoks semangka bisa menurunkan berat badan

Fakta unik semangka yang paling fantastis adalah semangka bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan racun (detoks) sekaligus dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Semangka adalah buah rendah kalori. Setiap irisan memiliki 86 kalori atau 46 kalori per 150 gram. Dalam melakukan detoksifikasi semangka, Anda harus dapat menghitung kebutuhan kalori harian Anda. Biasanya wanita membutuhkan 1.200 kalori dan 1.500 pria.

  • Jus semangka dapat meredakan nyeri otot

Semangka mengandung sejenis asam amino langka yang dikenal sebagai L-citrulline. Senyawa ini disinyalir bisa bekerja sangat baik pada otot yang sakit. Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry ini membuktikan bahwa jus semangka disinyalir dapat mempercepat pemulihan otot dan juga dapat meningkatkan kerja otot.

  • Semangka memiliki banyak warna daging

Ada ratusan varietas semangka dengan keunikannya. Warna merah diperoleh karena jenisnya tidak memiliki likopen. Sebaliknya, beta-karoten yang kaya akan membuat daging berwarna kuning cerah atau oranye. Masing-masing sehat untuk kita, tetapi yang mana yang Anda butuhkan? Dalam semangka merah terkandung zat fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat, vitamin B6, C, E, dan vit K. Tidak jauh berbeda, semangka kuning juga memiliki kandungan serupa. Uniknya, semangka ini mengandung serat dan gula alami yang aman bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:  Isi Waktu Luang Dengan Si Mungil Ukulele, Ini Tips Untuk Memainkannya

Nah, itulah beberapa fakta unik semangka yang harus Anda ketahui. Meskipun tidak semua orang menyukai buah semangka, namun buah semangka merupakan salah satu buah favorit lho! Karena selain buah ini sangat segar secara alami harganya pun cukup terjangkau dan tidak membuat kantong Anda kering.