Fakta-fakta Unik Menara Eiffel, Dari yang Dibenci Sampai Punya Istri

Fakta-fakta unik Menara Eiffel, dari yang dibenci sampai punya istri. Siapa ya, yang tidak mengenal menara yang satu ini? Menara Eiffel adalah maskot dari negara pusat mode dunia, Paris, Perancis. Sepertinya, mengunjungi Menara Eiffel ada di dalam whist list setiap orang saking populer dan indahnya menara ini.

Nah, sebelum ke sana, ada baiknya nih, kalau kamu tahu terlebih dahulu tentang fakta unik Menara Eiffel. Ada yang bikin melongo, lho! Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Pernah Nyaris Dibongkar

Asal kamu tahu, Menara Eiffel ini pernah hampir dibongkar, lho! Dulu, saat Nazi kembali berkuasa pada tahun 1944 di Perancis, Hitler menitahkan pada gubernur militer Jerman yang saat itu menguasai Perancis, untuk membongkar kota. Termasuk menara Eiffel di dalamnya juga diperintahkan untuk dibongkar. Hitler berdalih Menara Eiffel dan kota harus dibongkar supaya tidak direbut lawan. Syukurlah, sang gubernur menolak usulan pimpinan Nazi tersebut, dan membiarkan Eiffel tetap menjulang. Bayangkan saja kalau sampai dibongkar, apa kabar Perancis hari ini tanpa menara Eiffel?

Pernah Dibenci dan Tidak Diterima

Fakta unik Menara Eiffel yang satu ini juga cukup mencengangkan. Bagaimana mungkin simbol kota yang romantis dan cantik ini dulu pernah dibenci bahkan tidak diterima? Saat pertama kali dibangun, menara ini dibenci oleh warga Paris sendiri. Tak hanya warganya, bahkan tokoh-tokoh penting kota itu juga turut membencinya. Mereka bilang, adanya menara yang menjulang tinggi ini hanya akan merusak suasana dan keindahan kota saja. Waduh, padahal nyatanya sekarang, Perancis ada karena Eiffel ada, ya! Kalau dulu tidak jadi dibangun, mungkin Perancis tidak akan sepopuler seperti sekarang di mata dunia.

BACA JUGA:  Sekali seumur hidup melihat petir seperti ini

Sebenarnya Hanya Berumur 20 Tahun

Dulu, niat awal pembangunan Menara Eiffel ini awalnya tidak diniatkan untuk menjadi ikon permanen kota, lho! Eiffel dibangun hanya untuk menjadi dekorasi kota pada ajang World Fair yang berlangsung di Paris di tahun 1889. Ajang tersebut diadakan untuk memperingati Revolusi Perancis yang ke-100. Rencananya, menara ini hanya akan berdiri selama 20 tahun, kemudian dirubuhkan. Nyatanya, entah melalui proses yang bagaimana, menara ini akhirnya dipasang antena di puncaknya untuk kebutuhan siaran televisi dan radio. Hingga sampai sekarang, Menara Eiffel masih digunakan sebagai menara siar, lho!

BACA JUGA:  Bikin Merinding, Ini Dia Fakta-fakta Aneh Segitiga Bermuda yang Harus Kamu Tahu

Menara Ini Punya Istri

Fakta unik Menara Eiffel yang satu ini cukup bikin terheran-heran. Entah siapa juga yang menyebutkan bahwa Menara Eiffel berjenis kelamin laki-laki, tapi nyatanya menara ini mempunyai seorang istri. Yup, wanita asal Amerika yang bernama Erika Aya atau lebih senang jika dipanggil Erika Eiffel ini adalah istri dari Menara Eiffel. Pada tahun 2007 lalu, dia resmi menikahi si menara ini. Usut punya usut, Erika memang memiliki kelainan yakni paraphilia, yang bisa membuat dia jatuh cinta pada benda-benda mati. Aduh, unik atau ngeri, nih?

Jadi Tempat Uji Nyali

Beberapa pilot sering menjajal Eiffel sebagai tempat uji nyali. Beberapa dari mereka mencoba membawa pesawat dengan melewati kaki-kaki menara ini. Sayang, seorang pilot bernama Leon Collet gagal dan meninggal pada percobaannya di tahun 1926. Ada juga seorang bernama Franz Reichelt yang uji coba terjun dengan parasut dari lantai pertama Menara Eiffel pada tahun 1912. Hasilnya? Nyawanya melayang, dong!

Nah, itu dia beberapa fakta unik Menara Eiffel yang perlu kamu tahu sebelum berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat!