Home / Unik / Jangan Malu, Inilah Fakta Unik Tentang Menangis yang Bisa Membuatmu Lega

Jangan Malu, Inilah Fakta Unik Tentang Menangis yang Bisa Membuatmu Lega

Jangan malu, inilah fakta unik tentang menangis yang bisa membuatmu lega. Menangis menjadi satu hal yang lumrah bagi manusia, khususnya perempuan. Menangis adalah salah satu jenis emosi yang bisa menjadi penanda suasana hati seseorang. Misalnya, bisa saja orang menangis karena memang sedih. Bisa juga saat sedang terlalu marah, terpuruk, bahkan bahagia. Karena itulah, menangis tidak bisa dideskripsikan secara pasti maknanya.

Nah, apa kamu masih malu untuk menangis, takut dianggap cengeng? Duh, kamu mesti simak fakta unik tentang menangis di bawah ini, ya!

Menangis Adalah Hal yang Menyehatkan

Hmm, siapa bilang kalau kamu menangis itu pertanda kamu lemah, rapuh, payah? Wah, menurut para peneliti, menangis justru adalah hal yang menyehatkan. Kenapa? Karena dengan menangis, hormon-hormon stresmu bisa ikut luruh dengan air mata. Kamu jadi lebih plong dan lega setelahnya karena rasa sesak sudah disalurkan. Selain itu, dengan menangis juga menandakan bahwa kelenjar-kelenjar tubuhmu masih aktif merespon terhadap perubahan emosional. Itu artinya kamu sehat.

Menangis Lebih Sering di Malam Hari

Fakta unik tentang menangis ini juga menjadi salah satu hal yang mungkin masih jarang diketahui banyak orang. Memang ya, kamu tidak bisa memprediksi kapan akan menangis, karena perubahan emosional yang dialami pun tidak bisa diprediksi. Apalagi merencanakan untuk menangis, tentu akan susah ya, karena menangis merupakan reaksi spontanitas. Namun, para ilmuwan telah meneliti bahwa ternyata, sebagian besar orang akan menangis di malam hari. Kira-kira antara pukul 19.00-22.00 malam adalah waktu yang mana banyak orang menangis. Kamu juga?

Perempuan Lebih Sering Menangis

Ini tentu bukan lagi rahasia, ya. Di mana-mana, perempuan memang lebih banyak menangis. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa perempuan rata-rata menangis sebanyak 47 kali dalam satu tahun, sementara lelaki hanya menangis 7 kali dalam satu tahunnya. Perbedaan yang cukup signifikan, bukan? Nah, ternyata ini bukan saja berhubungan dengan keadaan emosional dan kelemahan perempuan saja, lho!

BACA JUGA  Fakta Unik Tentang Aurora, Pertunjukan Cahaya yang Mengagumkan

Berbagai penelitian medis menyebutkan bahwa saluran air mata milik pria memang lebih kecil dibandingkan saluran air mata perempuan. Karena itu, pria lebih jarang menangis. Fakta unik tentang menangis pada bayi tentu lebih mencengangkan. Mereka paling tidak akan menangis setiap 1-3 jam sekali.

Durasi Orang Menangis

Apa kamu pernah iseng menghitung seberapa lama kamu menangis? Hal itu sepertinya tidak sempat dilakukan saat sedang menangis, ya, karena keadaan emosional yang sedang menggebu-gebu. Menangis memang bisa membuatmu mengabaikan apa saja, apalagi menghitung durasinya.

Para peneliti, lagi-lagi menemukan fakta unik tentang menangis selain kapan waktu paling banyak orang menangis. Durasinya juga telah dihitung oleh mereka. Mereka menyimpulkan bahwa rata-rata orang akan menghabiskan sekitar 6 menit untuk menangis. Kecuali kalau kamu nonton drakor yang sepanjang durasinya bikin nangis terus, tentu beda lagi, ya?

Rasa Marah Akan Hilang

Hal yang satu ini memang bisa dirasakan oleh siapa saja sepertinya. Apa kamu pernah menangis saat kamu benar-benar merasa marah? Dan apa yang terjadi selanjutnya setelah tangismu reda? Rasa marah tersebut akan hilang, bukan? Paling tidak berkurang sedikit, ya. Menangislah saat marah, sehingga setelahnya kamu bisa berpikir jernih karena terbebas dari kemarahan.

Nah, itu dia beberapa fakta unik tentang menangis yang harus kamu tahu. Bagaimana, masih menganggap menangis adalah hal memalukan?