Fakta Unik Kuku

Kuku merupakan salah satu anggota tubuh manusia.  Ia tumbuh diujung jari.  Tumbuh dari mirip gel lembut,  mengeras,  kemudian mulai terbentuk ketika mulai menumbuh di ujung jari. Kuku sendiri berfungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut serta penuh urat syaraf juga mempertinggi daya sentuhan.

Selain mata,  rambut,  yang identik dengan daya pikatnya.  Kuku juga tidak kalah menarik perhatian orang-orang.  Contoh dengan mengaplikasikan nail art pada kuku tentu akan semakin meningkatkan daya pikatmu.  Mata-mata orang lain bisa saja memuji kecantikan atau justru keunikan kukumu. Maka dari itu kuku juga perlu diperhatikan sebagaimana kamu merawat anggota tubuh yang lain. Beberapa fakta unik kuku ini bisa kamu simak.

-Perubahan warna kuku tanda kesehatan terganggu

1). Kuning

Jika warna kuku berubah menjadi warna kuning bisa diindikasikan kukumu terinfeksi jamur.  Mengakibatkan kuku bisa kehilangan rekatnya terhadap kulit jari.  Terkelupas.  Waktu yang diperlukan sekitar 3-5 bulan untuk kuku tumbuh sempurna,  ketika kamu kehilangannya.

2). Putih

Fakta unik kuku nomor dua. Kuku berwarna putih disertai garis-garis merah muda menandakan kamu terkena gagal jantung,  gagal ginjal,  diabetes,  hepatitis atau sirosis dan lain-lain.  Penyakit yang sangat berbahaya kan?

3). Pucat

Tampak pucat,  menunjukkan kukumu kekurangan nutrisi atau masalah sirkulasi yang menghambat darah sampai menuju ujung jari kamu. Juga karena kuku kekurangan zat besi dalam aliran darah.

BACA JUGA:  Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini

4). Merah tua

Fakta unik kuku nomor empat. Merah tua berarti kamu rentang terkena penyakit jantung.  Jika warna merah tua ini sepenuhnya memenuhi kuku, ini karena mempengaruhi autoimun atau lupus.

5). Biru keunguan

Kekurangan oksigen dari aliran darah. Diakibatkan oleh emfisema juga bronkitis kronis.

6). Abu-abu dan cokelat

Fakta kunik kuku nomor enam. Ini diakbitkan karena kekurangan gizi atau tiroid atau masalah gizi.  Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan obat yang diresepkan seperti pil anti malaria.

-Tumbuh kuku rata-rata perbulan adalah 3.5 mm

American Academy of Dermatology mengatakan,  kuku di jari tangan lebih cepat tumbuh yaitu 3.5 mm per bulan.  Sedangkan di jari kaki 1.6 mm perbulan.

Yang membuat kuku tumbuh lama dikarenakan kurangnya asupan vitamin dan adanya penyakit tertentu.

-Kuku berbahan sama dengan bahan rambut

Keduanya sama-sama tumbuh dari keratin.  Hanya saja disatukan dengan cara yang berbeda.  Jika makanan untuk rambutmu bagus,  maka nutrisi untuk kuku juga baik. Maka perbanyak konsumi protein dan minyak nabati untuk mempercantik,  memperkuat dan memperlembab rambut serta kuku. Ini termasuk fakta unik kuku,  bukan?

BACA JUGA:  4 Fakta Unik Tentang Bunga Edelweis yang Masih Jarang Diketahui!

-Stres mempengaruhi pertumbuhan kuku

Ster dapat menguras pikiran dan emosi pada diri.  Maka dari itu stres dapat mengalihkan perhatian energi dan nutrisi untuk kuku dan rambut.  Menyebabkan keduanya tumbuh dengan lambat.

-Kuku pria lebih cepat tumbuh

Penelitian American Academy of Dermatology memperlihatkan bahwa kuku laki-laki lebih cepat tumbuh dibandingkan perempuan.  Tetapi,  hal ini tidak berlaku bagi wanita yang tengah mengandung buah hati.  Kukunya akan tumbuh sama cepatnya dengan pria.  Begitu pun dengan anak-anak muda pertumbuhan kukunya akan lebih cepat dibandingkan orang tua atau orang yang sudah dewasa. Fakta unik kuku yang satu ini cukup mencengangkan, ya.

-Kuku tidak perlu bernafas

Banyak mitos beredar,  kita perlu membiarkan beristirahat dari nail art untuk memberi sedikit ruang untuk bernapas. Sejatinya kuku berasal dari sel mati tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan oksigen.  Karena kuku sudah mendapatkan pasokan oksigen dari aliran darah.  Mitos ini harusnya terpatahkan. Tak ada alasan untuk mempercantik kuku. Utamakan dengan yang halal.

Itulah beberapa fakta unik kuku.  Semoga bisa bermanfaat dan menmbah wawasan. Yuk,  mulai merawat anggota tubuh dengan mengonsumi makanan, minuman yang baik bagi tubuh. Agar terhindar dari berbagai penyakit.

 

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.