Ini Dia Fakta Unik Kehidupan Orang Mesir Kuno yang Bikin Tercengang

Ini dia fakta unik kehidupan orang Mesir kuno yang bikin tercengang. Mesir memang negara yang penuh dengan budaya dan sejarah. Ini menjadikan negara yang satu itu banyak dipelajari oleh para sejarawan yang meneliti hal-hal berbau etnis dan antik. Namun, ada beberapa fakta yang rupanya tidak diketahui oleh banyak orang terkait dengan kehidupan orang Mesir kuno zaman dulu.

Nah, kamu penasaran apa saja hal-hal unik tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Tidak Semua Mayat Dijadikan Mumi

Saat mendengar kata Mesir, salah satu hal yang muncul di benak tentu adalah mumi. Memang, orang-orang di Mesir sering kali menjadikan mayat sebagai mumi yang diawetkan, hal ini sudah berlaku sejak kehidupan zaman dulu. Namun, rupanya tidak semua lho, penduduk Mesir kuno diawetkan sebagai mumi ketika mereka meninggal. Hal ini disebabkan, mumifikasi merupakan praktik yang prosesnya lama dan memakan banyak biaya. Karenanya, hanya masyarakat kelas atas saja yang bisa melakukannya.

Kenapa masyarakat Mesir ingin sekali dimumikan ketika mereka meninggal? Rupanya, ini berkaitan dengan kepercayaan mereka, bahwa mereka konon akan menjalani kehidupan lagi setelah mati dengan syarat tubuh mereka masih utuh. Fakta unik kehidupan orang Mesir kuno yang satu ini tentu tidak berlaku untuk masyarakat kelas bawah. Mereka hanya dikubur di lubang-lubang di padang pasir saja.

BACA JUGA:  Aksi mengejutkan singa laut menyambar gadis kecil kelaut

Firaun Sebenarnya Bertubuh Gemuk

Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari Mesir juga adalah tentang rajanya yang terkenal bengis, yang biasa disebut dengan gelar Firaun. Kalau kamu lihat dalam lukisan mau pun kaligrafi-kaligrafi tokoh Firaun, di sana pasti digambarkan dengan sosok yang bertubuh kurus dan seperti patung. Namun, tahukah kamu bahwa itu bukanlah cerminan para Firaun yang sebenarnya?

Beberapa ilmuwan sudah memeriksa mumi-mumi Firaun, dan dari sinilah mereka menyimpulkan bahwa semasa hidupnya, para raja Firaun ini cenderung memiliki tubuh yang tidak sehat. Banyak di antara mereka yang mengalami obesitas, bahkan beberapa di antaranya diindikasi terkena diabetes, seperti Ratu Hapshetsut yang memerintah dalam abad ke 15. Meski di peti matinya, Hapshetshut digambarkan sebagai sosok yang ramping serta atletis, tapi para ilmuwan menyanggah bahwa sosok itu sebenarnya gemuk dan botak.

Tak Hanya Wanita, Pria pun Memakai Make Up

Fakta unik kehidupan orang Mesir kuno yang satu ini juga tidak banyak yang tahu. Di sana, para pria pun juga memakai make up, lho! Dulu, orang-orang Mesir kuno menggunakan make up dengan tujuan yang berbeda dengan saat ini. Biasanya, mereka akan melukis area mata dengan warna hijau atau hitam. Menurut para ilmuwan, tujuan lukisan di area mata itu adalah untuk menyaring sinar matahari yang bisa masuk ke mata.

BACA JUGA:  Ini Dia Fakta Unik yang Hanya Ada di Jepang. Jangan Dilanggar

Selain itu, mereka juga ingin dibilang mirip dengan dewa matahari. Uniknya lagi, alat kosmetik bisa menjadi penanda status atau derajat sosial untuk masyarakat Mesir kuno. Misalnya saja, seorang perempuan yang membawa peralatan make up sendiri dianggap berasal dari kalangan kelas atas.

Pelayan Pribadi Firaun Akan Dibunuh Saat Raja Wafat

Ini juga fakta unik kehidupan orang Mesir kuno yang jarang orang tahu. Seperti telah disebutkan tadi, orang Mesir percaya setelah kematian akan ada kehidupan. Karena itu, para Firaun sering kali berwasiat supaya pelayan pribadinya ikut dibunuh saat dia meninggal. Tentu saja, pelayan yang setia tidak keberatan dengan hal ini. Ritual tersebut kini mulai ditinggalkan.

Nah, itu dia beberapa fakta unik kehidupan orang Mesir kuno yang ngeri-ngeri sedap. Bagaimana menurutmu?