Fakta Unik Cicak dan Laba-Laba

Fakta Unik Cicak dan Laba-Laba. Anda pastinya sudah mengenal kedua hewan ini, kan? Cicak dan laba-laba merupakan hewan yang sering ada di dalam rumah. Kedua makhluk sederhana ini sangat menarik untuk dibahas karena memilik pengetahuan yang wajib kamu ketahui. Fakta tersebut akan mengungkap beberapa perbedaan yang mencolok tetapi jarang Anda sadari. Nantinya akan memberi banyak pelajaran bagi kehidupan Anda.

Dari segi fisik, cicak hanyalah binatang melata. Cicak tidak memiliki tangan dan lidah yang menjulur. Cicak hanya memiliki mulut dan kepala yang mampu mendongak. Sementara laba-laba juga memiliki fisik yang bahkan jauh lebih buruk dari cicak. Binatang ini tidak mempunyai mulut yang bisa terbuka lebar dan bisa menangkap dan melahap serangga yang menjadi makanannya dengan cepat.

Tuhan menciptakan makhluk dengan sebaik-baik ciptaan. Ada pelajaran dan hikmah yang terkandung dibalik penciptaan mahkluk dengan rupa yang berbeda-beda. Dengan perbedaan ciri fisik di antara keduanya, cicak dan laba-laba tetap memperoleh makanan dengan caranya masing-masing. Cicak dengan sabar menunggu serangga seperti nyamuk dan rayap untuk hinggap di dekatnya, sementara laba-laba harus membuat sarang terlebih dahulu. Sarang tersebut yang nantinya menjadi perangkap binatang-binatang yang menjadi makanannya.

Ternyata pola kerja cicak dan laba-laba dalam mencari makanan menjadi gambaran bagaimana manusia berpenghasilan. Fakta unik ini bisa membuka pikiran Anda. Bagaimana cara Anda berpenghasilan? Apakah seperti cicak atau mungkin seperti laba-laba?

BACA JUGA:  Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal!

Cicak memperoleh mangsa atau makanan secara langsung atau instan, sedangkan laba-laba membutuhkan waktu cenderung lebih lama karena butuh waktu untuk menyulam jaring. Kemudian laba-laba harus sabar menunggu apakah jaring yang dibuatnya sudah menghasilkan tangkapan atau tidak. Jika tidak menghasilkan, laba-laba harus mencari tempat baru untuk membuat jaring baru. Dengan kata lain, laba-laba memperoleh makanan tidak instan, tidak langsung, dan tidak pasti.

Cicak harus bekerja setiap hari untuk mendapatkan makanan. Jika tidak bekerja sehari saja, cicak tidak akan bisa makan. Sementara laba-laba hanya perlu bekerja keras di awal saja saat menentukan lokasi yang tepat untuk membuat jaring. Laba-laba tidak perlu susah menangkap karena jaring akan menjerat tiap serangga yang lewat. Walaupun laba-laba bersantai, tetap bisa mendapatkan makanan.

Apa Fakta Unik yang Anda Ketahui?

Ketika cicak tidur, saat istirahat, cicak tidak mungkin berpenghasilan atau memperoleh makanan. Sementara laba-laba tetap produktif menghasilkan walaupun sedang tidur karena bisa jadi jaringnya menangkap satu dua mangsa ketika laba-laba tidur.

BACA JUGA:  4 Fakta Unik Tentang Semangka, Kamu Harus Tahu

Dalam fakta unik, Cicak hanya bisa menangkap serangga yang berada beberapa sentimeter darinya. Jika terletak lebih jauh, cicak harus berlari mendekat. Kemungkinan, serangga yang jauh tidak bisa ditangkap. Berbeda dengan laba-laba, jangkauan tangkapan terhadap mangsa lebih luas, sepanjang jaring yang dibuat. Laba-laba juga bisa menambah jaring di lokasi berbeda.

Cicak tidak memiki kemampuan untuk menyimpan makanan dari hasil tangkapan. Jika ingin makan, cicak harus mencari. Begitu seterusnya. Sedangkan laba-laba bisa mengawetkan hasil tangkapan yang belum dimakan dengan cara membungkusnya. Jika suatu saat tidak ada serangga yang terjerat oleh jaring, laba-laba masih memiliki stok makanan.

Banyak sekali perbedaan pola cicak dan laba-laba dalam menghasilkan makanan. Secara sederhana disimpulkan bahwa pola cicak ialah bekerja untuk menghasilkan uang. Sementara laba-laba bekerja untuk membangun aset produktif dan nantinya aset tersebut akan menghasilkan uang.

Anda bekerja seperti pola cicak atau laba-laba? Sepertinya pola bekerja laba-laba lebih baik, ya? Cicak adalah simbol pekerja keras dan laba-laba merupakan simbol pekerja cerdas. Tidak perlu repot-repot menguras tenaga lebih untuk mendapatkan penghasilan lebih. Cukup tiru pola bekerja laba-laba. Semoga fakta unik ini menambah pengetahuan dan menjadi motivasi Anda dalam menentukan pekerjaan, ya!