Home / Peristiwa / Fakta Unik Tentang Candi Prambanan

Fakta Unik Tentang Candi Prambanan

Ketika Anda pergi ke wisata Jogja, Anda harus mengunjungi candi Prambanan. Ada fakta unik tentang candi Prambanan di bawah. Semua orang tahu tentang candi Prambanan dan kisah di balik candi ini. Jika Anda pergi berwisata ke Jogja saat liburan, Anda harus mengunjungi tempat ini. Untuk menemukan lokasi Prambanan sangat mudah, jadi jangan bingung tentang tempatnya.

Fakta Unik Tentang Candi Prambanan

Kuil ini suci dan merupakan Fakta Unik Candi Prambanan bagi tiga dewa Hindu yang dapat kita sebut oleh Brahma sebagai dewa pencipta, Siwa sebagai dewa pemusnahan dan Wisnu sebagai dewa penjaga. Berdasarkan prasasti siwagrha yang merupakan arti rumah siwa di sansekerta nama asli kompleks candi ini adalah siwagrha.

Warisan Dunia UNESCO, Pada tahun 1991 UNESCO menetapkan candi Prambanan sebagai warisan dunia. Ini karena bangunan Prambanan sangat indah dan memiliki kisah legenda di balik ini. Kuil Tercantik di Asia Tenggara, candi ini adalah salah satu candi terbesar di Indonesia dan candi paling indah di Asia. Arsitektur bangunan ini sangat tinggi dan ramping berdasarkan bangunan Hindu lainnya.

Tersesat, Karena gempa di candi Prambanan abad ke-16 hilang dan orang-orang di daerah ini membangun kembali candi ini tanpa mengetahui siapa raja dan kerajaan mana yang membangun candi ini. Sejarah Legenda, Berdasarkan imajinasi, orang membuat sejarah legenda tentang candi ini, bisa kita sebut dengan cerita roro jonggrang. Banyak orang percaya bahwa kisah itu nyata dan menceritakan kisah ini kepada anak-anak mereka.

Karena tempatnya juga di tengah kota sehingga Anda bisa menggunakan transportasi umum atau menggunakan transportasi pribadi. Harga untuk memasuki kuil ini sangat murah jadi jangan khawatir tentang anggaran atau dana.

BACA JUGA  Video alam semesta ini membuktikan betapa menakjubkan ciptaan yang maha kuasa

Anda bisa naik sepeda di kompleks Prambanan atau berolahraga di pagi hari karena Anda akan mendapatkan udara segar saat ini. Untuk transportasi, Anda dapat menggunakan Suhune transport Jogja untuk menjadi agen tur di Jogja.

Candi Prambanan atau Kuil Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Kuil ini didedikasikan untuk Trimurti, tiga dewa Hindu utama Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa kehancuran. Berdasarkan prasasti Siwagrhanama asli, kompleks candi ini adalah Siwagrha yaitu bahasa Sansekerta ‘Rumah Siwa’, dan memang di garbagriha yang merupakan ruang utama candi ini adalah patung Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menunjukkan bahwa di kuil ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Dimanakah Letak Candi Prambanan?

Kompleks candi terletak di Kecamatan Sleman, sekitar tujuh belas kilometer dari timur laut Yogyakarta, dan lima puluh kilometer dari barat daya Surakarta, seratus dua puluh kilometer selatan Semarang, dan di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi yang sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Sedangkan pintu masuk Candi Prambanan terletak di wilayah desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Kuil ini termasuk situs warisan dunia UNESCO, kuil Hindu terbesar di Indonesia, serta salah satu kuil terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa karena candi utama memiliki ketinggian mencapai empat puluh tujuh meter yang menjulang di tengah gugusan kompleks candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menarik wisatawan dari seluruh dunia.

BACA JUGA  Suka Musik Jenis Apa? Inilah Fakta Menarik Tentang Musik yang Harus Kamu Tahu

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun sekitar delapan ratus lima puluh meter oleh Rakai Pikatan, dan dikembangkan lebih lanjut dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, selama kekaisaran Medang Mataram.

Fakta Unik Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia. Ini adalah mahakarya budaya Hindu abad kesembilan. Prambanan adalah koleksi candi Hindu besar yang dibangun oleh Kerajaan Mataram, penguasa Jawa Tengah dan para penipu Dinasti Sailendra. Itulah beberapa Fakta Unik Tentang Candi Prambanan yang banyak orang tidak tahu sampai saat ini.

About bhaca