Home / Unik / Fakta Unik Buah Durian

Fakta Unik Buah Durian

Fakta Unik Buah Durian

Siapa yang tak kenal dengan buah berbentuk unik ini?  Duri yang memenuhi seluruh bagian kulitnya membuat buah ini tampak berbeda dari yang lain. Durian sendiri merupakan buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Tempat asalnya masih diperdebatkan tetapi di yakini buah unik ini berasal dari Thailand, Indonesia,  Malaysia,  Filipina,  dan Brunei. Hanya Thailand yang mampu memberi pasokan durian lebih banyak dibandingan negara lainnya.  Nama durian pula diambil dari ciri khas buah ini sendiri, kulit buah yang berlekuk-lekuk berbentuk seperti piramida juga keras sampai menyerupai duri-duri.

Selain itu buah durian memiliki rasa yang lezat dan nikmat,  kaya akan nutrisi pula. Sayang,  banyak orang-orang tidak menyukai durian karena baunya yang menyengat. Padahal banyak sekali manfaatnya. Bahkan, fakta unik buah durian bisa membuat kamu tercengang. Beberapa fakta-faktanya akan kita ulas di bawah ini

Memliki julukan “Raja Buah”

 Di Asia Tenggara durian dijuluki sebagai Raja Buah. Karena ukurannya yang besar dibandingkan buah-buah lainnya juga memiliki aroma yang sangat menyengat. Jadilah buah ini dijuluki “Raja Buah” di wilayah Asia Tenggara.

Memiliki bau khas

Fakta unik buah durian kedua. Buah ini memliki bau khas dan menyengat.  Tidak dipungkiri pula jika banyak orang-orang yang tidak menyukai baunya ini.  Bau pada durian berasal dari 44 senyawa. Penelitian Journal Of Agricultural and Food Chemistry,  senyawa aktif yang terkandung dalam buah ini menimbulkan bau bermacam-macam.  Seperti; bau karamel,  telur busuk,  buah sup,  belerang,  bawang putih panggang dan terparah bau kotoran. Namun, tetap saja kelezatan daging buah durian mampu mengalahkan bau tidak sedapnya.

Membuat tubuh tetap hangat dan mengurangi kelelahan

BACA JUGA  Fakta Unik Kuku

Kandungan sulfida pada durian mampu memberikan efek panas setelah dikonsumsi. Memberi kehangatan terhadap tubuh.  Durian cocok sekali dikonsumsi ketika suhu udara rendah.

Kandungan mineral tinggi di dalamnya dapat mengurangi kelelahan.  Serta kandungan karbohidrat yang juga tinggi (setara 100 gram durian bisa memberikan 21% kebutuhan karbohidrat perhari) mampu mengisi energi dengan cepat.

Biji durian dapat dikonsumsi

Hasil dari Journal Of Pharmacological and Pharmateutical Scienes.  Biji durian mengandung nutrsi yang baik,  tidak kalah dengan dagingnya.  Manfaat dari mengonsumsi biji durian ini,  dapat mengatasi masalah pencernaan,  sumber energi,  menjaga kesehatan tulang dan gigi,  juga menguatkan otot. Fakta unik buah durian yang satu cukup mengejutkan,  ya. Eits,  jangan lupa direbus terlebih dahulu jika ingin dimakan.

Apa Saja Contoh Fakta Unik Buah Durian untuk Tubuh?

Meningkatkan berat badan

Dalam satu kilogram buah durian mengandung 1.350 kalori.  Sedangkan yang dibutuhkan orang dewasa laki-laki 2.500 kalori dan perempuan 2.000 kalori.  Jika memakan lebih dari 1 kg buah durian tentu akan meningkatkan berat badan. Jadi boleh dicoba,  nih, untuk yang sedang berusaha menggemukkan badan.

Mengonsumsi bersama alkohol?  Bahaya!

Fakta unik buah durian selanjutnya.  Jika mengosumsi buah durian bersamaan dengan alkohol akan mengakibatkan terganggunya kesehatan. Terparah dapat menyebabkan kematian.

Ini dikarenkan sulfur yang terbiasa mencegah enzim alkohol menjadi tidak berfungsi.  Kadar alkohol pada darah pun meningkat.  Menimbukkan gejala-gejala jantung berpacu lebih cepat, mual, dan muntah.

Makanan untuk meningkatkan mood

Mengonsumsi durian sama dengan mengonsumsi cokelat.  Bisa meningkatkan mood yang tadinya hancur menjadi lebih baik. Durian mengandung asam amino triptofan yang berfungsi memproduksi serotinin. Serotinin yaitu zat yang bisa membuat susana hati agar tetap stabil hingga mampu mengurangi risiko stres dan depresi.

BACA JUGA  10 foto kucing yang tidak mau ikut selfie jadi terlihat lucu

Itulah beberapa fakta unik buah durian.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.