Ini Dia Fakta Unik yang Hanya Ada di Jepang. Jangan Dilanggar

Ini dia fakta unik yang hanya ada di Jepang. Jangan dilanggar! Kamu bercita-cita ingin menyambangi Negeri Sakura? Jika iya, maka kamu harus benar-benar mempelajari bagaimana kehidupan orang-orang atau masyarakat di sana. Benar, banyak sekali hal yang berbeda dan bahkan bisa bikin kamu tercengang, lho!

Tidak hanya menawarkan panorama yang indah dan makanannya yang khas, berikut fakta unik di Jepang dan hanya ada di sana. Kamu wajib tahu dan satu lagi, jangan sampai dilanggar! Apa saja?

Jangan Sesekali Memberi Tip

Kalau di sini para pelayan akan senang ketika menerima tip dari tamunya, jangan sesekali mempratikkan hal ini di Jepang. Pasalnya, Jepang merupakan negara yang sudah terkenal dengan pelayanan supernya. Pelayan di sana tidak terbiasa menerima tip karena memang mereka melayani setulus hati. Bahkan, jika kamu memaksa memberi tip, kamu justru bakal dianggap tidak sopan, lho! Jadi, meski merasa tidak enak ke mereka, jangan ngasih tip sembarangan, ya!

Perhatikan Etika di Kereta

Fakta unik di Jepang berikutnya juga masih terkait dengan etika dan kesopanan. Warga Jepang memang terkenal sangat sopan sehingga mereka punya aturan tersendiri berkaitan dengan itu. Salah satunya adalah etika saat berada di dalam kereta. Kalau kamu terbiasa makan atau menerima telpon di dalam kereta, sekarang belajarlah untuk tidak melakukan hal tersebut.

BACA JUGA:  Inilah Tanaman Paling Unik yang Ada di penjuru Dunia

Di Jepang, makan dan menerima telpon di kereta adalah salah satu tindakan yang tidak sopan. Saat tidak sempat sarapan atau makan di rumah, maka orang-orang Jepang akan membawa nasi kepal supaya bisa dimakan diam-diam tanpa ada orang yang melihat.

Terlambat? No Way!

Fakta unik di Jepang yang satu ini juga sebaiknya diterapkan di setiap negara. Bagi masyarakat Jepang, terlambat adalah kesalahan paling buruk yang dilakukan. Jadi, jangan sesekali kamu masih terbawa kebiasaan ngaret saat berada di sana. Kereta yang telat satu menit saja dari jamnya semula, akan ada pemberitahuan dan permintaan maaf.

Tak sampai di situ, nantinya kondektur di kereta juga akan meminta maaf dan mengedarkan surat terlambat pada masing-masing penumpang. Itu sebagai bukti bahwa keterlambatan memang berasal dari hal teknis, bukan karena para petugasnya. Wah, salut ya!

Suka Bawa Sampah

Masih menjadi salah satu fakta unik di Jepang, rupanya inilah rahasia kenapa jalanan dan tempat-tempat umum di Jepang selalu terlihat bersih. Orang-orang di sana suka membawa sampah mereka sendiri jika tidak menemukan tempat sampah. Bukannya malah hal itu digunakan untuk membuang sampah sembarangan. Jadi, tisu kotor, bungkus jajan, dan sebagainya akan dilipat rapi dan dimasukkan ke dalam plastik supaya bisa dikantongi atau dimasukkan dompet sampai mereka menemukan tempat sampah. Apa kabar di sini? Banyak tempat sampah pun kadang masih sering dibuang sembarangan, ya.

BACA JUGA:  Raja Kembali ke Thailand untuk Berpesta Setelah Isolasi dengan 20 Selir

Tidak Ada Istilah Pak Bon

Jika di sekolah kamu ada aturan piket, tapi paling banter hanya membersihkan kelas, bukan? Selain itu, kamu juga masih akan dibantu Pak Bon atau tukang kebun yang memang ada di sekolah. Nah, di sekolah Jepang istilah tukang kebun ini tidak ada. Artinya, semua kegiatan bersih-bersih mulai dari lorong, kelas, toilet, taman, dan sebagainya adalah tugas siswa. Wah, ini juga mungkin menjadi sebab kenapa orang-orang di sana sangat menjaga kebersihan. Mereka dari kelas satu SD sudah mengerti seperti apa capeknya bersih-bersih.

Nah, itu dia beberapa fakta unik di Jepang yang bikin kita berdecak kagum. Benar-benar mengesankan, bukan?