Home / Peristiwa / Bikin Merinding, Inilah Fakta Mencengangkan Palung Mariana

Bikin Merinding, Inilah Fakta Mencengangkan Palung Mariana

Bikin merinding, inilah fakta mencengangkan Palung Mariana. Kamu pasti sudah pernah dengar tentang palung yang satu ini, ya? Palung Mariana digadang sebagai bagian terdalam bumi yang jika ditegakkan, tingginya akan melebihi Gunung Everest. Menurut penelitian, kedalaman palung ini berkisar antara 10.984 meter, bahkan bisa lebih dalam dari itu. Padahal, di kedalaman 200 meter saja sinar matahari sudah tidak bisa menembus lautan, lho! Bisa dibayangkan ya, bagaimana gelapnya keadaan di Palung Mariana ini?

Tak hanya itu, ada lagi beberapa fakta mencengangkan Palung Mariana yang harus kamu tahu. Apa saja?

Proyek Challenger Deep

Pada tahun 1951, untuk kali pertamanya dilakukan pengamatan di Palung Mariana oleh kapal selam Inggris bernama Challenger II yang dinamakan proyek Challenger Deep. Proyek ini berhasil mencapai kedalaman sampai dengan 11.035 meter. Eksplorasi palung ini juga dilakukan pertama kali oleh Jacques Piccard serta Don Walsh di tahun 1960 dengan kapal The Trieste Bathyscape. Mereka hanya mencapai kedalaman 10.916 meter dengan waktu 20 menit.

Pada tahun 2016 kemarin, James Cameron turun ke dasar palung dengan kapal selam mininya dan mencapai kedalaman 10.989 meter dan bertahan sampai 3 jam. Sampai sekarang, hanya tiga orang itulah yang pernah terjun ke Palung Mariana.

Tubuh Manusia Akan Hancur

Fakta mencengangkan Palung Mariana selanjutnya adalah tekanannya yang begitu besar. Tentu saja dengan kedalaman tersebut, tekanan air di sana mencapai 703 kg/meter perseginya. Ini artinya, tekanan di palung tersebut 1000 kali lebih besar dibanding tekanan permukaan laut. Jika ditelaah lagi, rupanya tekanan sebesar ini sama dengan 50 buah pesawat jet jumbo yang menindih badan manusia. Karena itulah, meski kapal selam yang  digunakan oleh James Cameron berteknologi super canggih dan super mahal, tetap terjadi kerusakan. Kapal selam tersebut mengalami kebocoran cairan hidrolik sehingga harus buru-buru naik kembali ke permukaan.

BACA JUGA  Inilah Beberapa Tempat Aneh dan Menyeramkan Temuan Google Maps, Kamu Harus Tahu

Habitat Berbagai Hewan Mengerikan

Bukan hanya di film-film, hewan penghuni lautan yang mengerikan sudah tentu ada di dunia nyata, di Palung Mariana khususnya. Tentu saja ikan-ikan dan hewan yang hidup di sini tidak menggemaskan seperti ikan-ikan yang akan kamu lihat saat menyelam di pinggiran laut. Dari hasil penelitian, ditemukan tiga makhluk hidup yang sering terlihat di Palung Mariana, yakni teripang yang bisa mengeluarkan cahaya, xenophyophorea, juga amphipoda.

Masih ada lagi bagian dari fakta mencengangkan Palung Mariana selain hewan-hewan itu. Di sini kamu juga bisa menemukan hewan-hewan predator yang paling ganas seperti sea devil, yakni ikan yang mempunyai lampu penerangan untuk mengecoh mangsa, juga hiu hantu. Jangan harap bertemu hiu yang panjangnya bisa lebih dari enam meter ini, ya!

Tempat Bersemayam Hiu Megalodon

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang salah satu predator terganas di lautan yang satu ini. Dalam sejarahnya, Megalodon masih disebutkan sebagai legenda saja karena dinyatakan telah punah keberadaannya. Namun, para pengamat meyakini bahwa hiu ini masih ada di balik dasar Palung Mariana. Megalodon merupakan salah satu jenis ikan purba yang panjangnya sampai puluhan meter dan beratnya bisa mencapai ratusan ton.

Pengamat yakin karena kemampuan hiu lain seperti White Shark bisa menyelam sampai dengan dua kilometer, bahkan lebih. Selain itu, belum banyaknya bagian laut yang dieksplor pengetahuan manusia membuat pengamat semakin yakin bahwa hiu Megalodon ini masih ada. Hi!

Nah, itu dia beberapa fakta mencengangkan Palung Mariana. Bagaimana, berniat menyelam ke dalamnya?