11 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

11 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia. Terdiri dari miliaran neuron (atau sel-sel saraf) yang berkomunikasi dalam triliunan koneksi yang disebut sinapsis, otak Anda adalah salah satu organ paling kompleks dan menarik di tubuh. Menjaga otak anda tetap sehat dan aktif sangat penting. Temukan betapa dahsyatnya fakta-fakta menarik ini.

Otak Manusia

Enam puluh persen otak manusia terbuat dari lemak. Tidak hanya itu membuatnya menjadi organ paling gemuk dalam tubuh manusia, tetapi asam lemak ini sangat penting untuk kinerja otak. Pastikan  memberinya energi yang tepat dengan nutrisi yang meningkatkan otak .

Otak manusia belum sepenuhnya terbentuk sampai usia 25 tahun. Perkembangan otak dimulai dari bagian belakang otak dan berjalan ke depan. Oleh karena itu, lobus frontal yang mengontrol perencanaan dan penalaran, adalah yang terakhir untuk memperkuat dan membangun koneksi.

Kapasitas penyimpanan otak  dianggap tidak terbatas. Penelitian menunjukkan otak manusia terdiri dari sekitar 86 miliar neuron. Setiap neuron membentuk koneksi ke neuron lain, yang dapat menambah hingga 1 kuadriliun (1.000 triliun) koneksi. Seiring waktu, neuron ini dapat bergabung, meningkatkan kapasitas penyimpanan. Namun, pada penyakit Alzheimer, misalnya, banyak neuron dapat menjadi rusak dan berhenti bekerja, terutama memengaruhi memori.

BACA JUGA:  Fakta Paling Menarik Tentang Dunia

Informasi otak manusia bergerak hingga 268 mil per jam yang mengesankan . Ketika neuron dirangsang, ia menghasilkan impuls listrik yang bergerak dari sel ke sel. Gangguan dalam pemrosesan rutin ini dapat menyebabkan kejang epilepsi .

Apa Saja Fakta Menarik Lainnya?

Rata-rata, tulang belakang  berhenti tumbuh pada usia 4 tahun. Sumsum tulang belakang Anda, yang terdiri dari kumpulan jaringan saraf dan sel-sel pendukung, bertanggung jawab untuk mengirim pesan dari otak  ke seluruh tubuh .

Sumsum tulang belakang adalah sumber utama komunikasi antara tubuh dan otak. ALS, atau amyotrophic lateral sclerosis. Menyebabkan neuron di otak manusia dan sumsum tulang belakang mati, berdampak pada pergerakan otot yang terkontrol.

Penyakit lain yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang adalah multiple sclerosis (MS). Pada MS, sistem kekebalan menyerang lapisan pelindung yang menutupi serabut saraf, menyebabkan masalah komunikasi antara otak dan tubuh.

Itu mitos bahwa Andahanya menggunakan 10% dari otak. Anda benar-benar menggunakan semua itu. (Ya, bahkan ketika  sedang tidur.) Ahli saraf mengkonfirmasi bahwa otak manusia  selalu aktif. Otak manusia memiliki berat 3 pon (sekitar setengah galon susu). Namun, ukuran tidak selalu menyiratkan kecerdasan. Pria cenderung memiliki otak yang lebih besar  daripada wanita.

BACA JUGA:  Burung merpati menjadi kurir narkoba, kok bisa?

Pembekuan otak adalah benar-benar ganglioneuralgia sphenopalatine . Rasa sakit ini terjadi ketika dingin mengenai reseptor di lapisan luar otak, yang disebut meninges. Dingin menciptakan pelebaran dan kontraksi arteri, menyebabkan sakit kepala yang cepat timbul .

Sepotong jaringan otak seukuran sebutir pasir mengandung 100.000 neuron dan 1 miliar sinapsis. Namun, kerusakan pada neuron dapat berdampak besar. Selama stroke , misalnya, darah tidak mampu mendapatkan oksigen ke otak. Akibatnya, sel-sel otak bisa mati, dan kemampuan di area otak itu bisa hilang. Demikian pula, penyakit Parkinson terjadi ketika sel-sel bagian otak  yang disebut substantia nigra mulai mati.

Otak manusia dapat menghasilkan sekitar 23 watt daya (cukup untuk menyalakan bola lampu). Semua kekuatan itu membutuhkan istirahat yang sangat dibutuhkan. Tidur yang cukup membantu menjaga jalur di otak . Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan penumpukan protein di otak  yang terkait dengan penyakit Alzheimer.