Inilah Fakta Menarik Tentang Kuda, Lucu dan Mencengangkan

Inilah fakta menarik tentang kuda, lucu dan mencengangkan. Kuda merupakan salah satu hewan yang paling berguna bagi manusia karena kekuatannya. Hewan ini banyak dimanfaatkan untuk mengangkut berbagai barang di zaman sekarang, menarik dokar, juga dimanfaatkan sebagai tunggangan perang pada zaman dahulu.

Nah, mungkin kamu sering sekali melihat hewan ini berkeliaran, ya, tapi mungkin saja kamu belum tahu fakta unik tentangnya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini, ya! Inilah beberapa fakta menarik tentang kuda yang harus kamu tahu!

Punya Ingatan yang Kuat

Mungkin kamu belum tahu fakta yang satu ini tentang kuda. Kuda merupakan salah satu hewan dengan ingatan yang kuat, lho. Bahkan, sama kuatnya dengan gajah. Apabila kamu memperlakukan seekor kuda dengan baik, maka si kuda akan mengingat orang tersebut sebagai sahabat atau temannya seumur hidup. Setelah melihat orang tersebut lagi, kuda akan melanjutkan pertemanan mereka walaupun mereka sudah berpisah sejak lama.

Kuda juga bisa mengingat tempat-tempat yang bagus dengan sangat baik. Banyak kuda yang akan menjadi gugup saat mereka dibawa ke tempat yang memiliki kenangan mengejutkan bagi mereka. Jadi, kamu memang harus ramah dengan kuda, ya, agar mereka bisa mengingatmu dengan baik.

BACA JUGA:  Pria Menyamar Menjadi Tumbuhan Disaat Penerapan Larangan Keluar Rumah Karena Corona

Kuda Sering Tersenyum Atau Tertawa

Fakta menarik tentang kuda selanjutnya adalah yang satu ini. Pasti kamu sering menyaksikan kuda yang sedang memamerkan gigi mereka, bukan? Kamu pun akan mengira bahwa si kuda sedang tersenyum atau tertawa. Apakah itu benar? Nyatanya, kuda yang menyeringai memamerkan giginya bukan berarti sedang tertawa atau tersenyum. Seringaian kuda yang lebar itu akan membantu kuda memaksimalkan kemampuan penciumannya. Dengan tersenyum itu penciuman kuda jadi lebih peka.

Umur Kuda Dilihat dari Gigi

Kamu ingin tahu seberapa lama si kuda sudah hidup di dunia? Ini bukan cara yang susah, lho untuk menentukannya. Kamu cukup melihat saja dari giginya. Rumput yang dimakan oleh kuda-kuda tersebut tentunya mengandung debu dan pasir. Sehingga, gigi kuda lambat laun akan aus. Nah, dari keausan inilah umur kuda bisa dilihat. Dengan gigi kuda yang sangat panjang itulah, gigi ini jadi lebih mirip dengan tongkat yang tertancap di rahang.

Fakta menarik tentang kuda ini, khususnya giginya, jika dibandingkan dengan gigi manusia tentu akar gigi kuda masuk semakin ke dalam. Untuk kuda yang tua, akar gigi tersebut akan tampak di permukaan gusi. Gigi tersebut bisa aus sampai dengan 2,5 hingga 5 cm sebelum tidak bisa lagi digunakan untuk mengunyah.

BACA JUGA:  Berikut Beberapa Recehan Twitter yang Viral di Media Sosial

Penglihatan yang Bagus

Kamu juga mungkin belum tahu kalau kuda mempunyai penglihatan yang bagus. Kuda mata sendiri, mempunyai diameter yang lebarnya kira-kira sampai dengan 5 cm. Kuda mata merupakan salah satu mamalia darat terbesar, lho! Dan jika diukur dari volumenya, mata kuda bisa mencapai sembilan kali lebih besar dibandingkan mata manusia. Mata kuda diketahui mempunyai tiga kelopak. Yang kedua dan ketiganya disebut dengan membran nictitating yang letaknya ada di sudut mata bagian dalam serta sesekali menyapu mata. Juga melumasi dan membersihkan mata kuda.

Namun, fakta menarik tentang kuda khususnya di bagian mata ini adalah bahwa mata kuda tidak bisa terpusat seperti mata manusia. Di bagian bawah retinanya kuda bisa menyaksikan benda-benda di kejauhan serta dipakaikan kacamata. Kacamata ini digunakan supaya mereka bisa fokus karena mempunyai tiga kelopak tersebut.

Nah, itu dia fakta menarik tentang kuda yang perlu kamu tahu. Bagaimana, lucu kan?