Home / Peristiwa / Inilah3 Fakta di Balik Tenggelamnya Kapal Titanic yang Legendaris

Inilah3 Fakta di Balik Tenggelamnya Kapal Titanic yang Legendaris

Inilah 3 fakta di balik tenggelamnya kapal Titanic yang legendaris. Siapa ya, yang tidak mengetahui sejarah kapal yang satu ini? Selain filmnya yang diperankan Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet yang bisa menyentuh hati siapa saja, kapal Titanic memang nyata adanya. Kapal ini memang benar-benar karam, sama seperti yang diceritakan dalam filmnya.

Nah, meski sudah berlalu lebih dari ratusan tahun yang lalu, nyatanya fakta di balik tenggelamnya kapal Titanic ini masih menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan sampai saat ini. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Berbagai Teori Penyebab Tenggelam

Dirancang dengan desain dan berbahan dasar yang bisa dikatakan mustahil karam di lautan, muncullah berbagai analisis tentang penyebab tenggelamnya kapal Titanic. Salah satu penelitian menyebut bahwa penyebabnya adalah karena peristiwa bulan purnama yang terjadi pada saat itu. Memang, pada tanggal 4 Januari 1912 tersebut, bulan sedang bulat sempurna. Karena itulah, muncul gelombang laut yang sangat kuat sehingga gunung es jadi bergeser ke Selatan.

Selain teori bulan purnama, muncul pula teori ilusi optik yang diakibatkan dari atmosfer di bumi pada malam hari. Sejarawan Inggris menyatakan bahwa atmosfer bumi di malam hari bisa membuat kondisi di mana para awak kapal lain sulit melihat gunung es dan kapal Titanic. Adanya pembiasan dan lengkungan cahaya itu yang membuat para tim pencari tidak melihat kapal ini.

Konon Sudah Diramalkan

Fakta di balik tenggelamnya kapal Titanic yang satu ini cukup mencengangkan. Pada tahun 1898, novelis Morgan Robertson Futility membuat sebuah novel yang disebut-sebut sangat mirip dengan peristiwa karamnya Titanic. Novel yang terbit 14 tahun sebelum peristiwa tersebut terjadi bercerita tentang kapal Titan yang tenggelam di Atlantik Utara setelah menabrak gunung es.

BACA JUGA  Jangen berhenti ditengah badai

Dalam novelnya, Morgan juga menuliskan bahwa kapal itu mempunyai kehebatan yang sama, yaitu kapal anti tenggelam seperti halnya Titanic. Waktunya pun disebutkan dalam bulan April, dan baling-baling antara Titan dan Titanic juga sama, yakni tiga buah. Kemudian, ukuran kapal, korban yang berjatuhan, dan bagian kapal yang hancur juga hampir sama persis dengan kejadian aslinya. Hal ini membuat kejadian nahas Titanic menjadi sebuah misteri yang makin seram saja.

Ada Kisah Cinta di Dalamnya

Fakta di balik tenggelamnya kapal Titanic inilah yang mendasari lahirnya kisah cinta Rose dan Jack di film Titanic. Rupanya, kisah ini benar ada dalam kejadian aslinya. Pasangan itu adalah pria yang bernama Isidor Straus dan istrinya, yang merupakan co-owner Departemen Store Mercy. Ditemukan, dalam peristiwa itu dia dan sang istri sedang berpelukan dan berpegangan tangan. Bahkan, menurut kesaksian orang yang selamat, sebenarnya Isidor bisa selamat dari peristiwa itu.

Namun, Isidor lebih memilih memberikan sekocinya untuk para anak-anak dan wanita. Karena cinta, sang istri memilih keluar dari sekoci dan tidak mau meninggalkan Isidor sendirian. Akhirnya, mereka pun hanya bisa menatap sekocinya pergi menjauh dengan saling berpelukan. Beda dengan Jack dan Rose yang baru bertemu dan jatuh cinta di kapal Titanic, Isidor dan sang istri adalah pasangan yang sudah menikah selama 41 tahun. Wah, so sweet, bukan?

Nah, itu dia ketiga fakta di balik tenggelamnya kapal Titanic yang melegenda. Bagaimana, kamu juga salah satu penggemar berat filmnya?