Home / Popular / Cewek Wajib Tahu, Ini Dia Fakta Unik Lipstik yang Mempercantik Bibirmu

Cewek Wajib Tahu, Ini Dia Fakta Unik Lipstik yang Mempercantik Bibirmu

Cewek wajib tahu, ini dia fakta unik lipstik yang mempercantik bibirmu! Lipstik merupakan salah satu alat make up yang wajib dimiliki cewek zaman sekarang. Tidak heran ya, karena kegunaan pewarna bibir yang satu ini memang sangat ajaib. Wajah menjadi lebih cantik dan tidak pucat berkat lipstik.

Berbagai merek lipstik pun sangat banyak yang kini beredar di pasaran, sehingga tidak heran kalau kamu kadang bingung mau membeli yang mana, ya. Namun, di balik tenarnya lipstik seperti saat ini, rupanya ada fakta unik tentang alat make up yang satu ini, lho. Apa saja?

Ada Sejak 5000 Tahun Silam

Jangan salah mengira hanya cewek-cewek jaman now saja yang mengenal lipstik. Nyatanya, pewarna bibir ini sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Pertama kali yang membuat lipstik adalah para perempuan Mesopotamia. Lipstik saat itu dibuat dari serbuk permata untuk mewarnai bibir mereka. Kalau dalam catatan pra sejarah, tersebut pula perempuan-perempuan zaman dulu mewarnai bibir mereka dengan jus atau sari buah. Lebih alami, ya?

Benda yang Bisa Membatalkan Pernikahan

Fakta unik lipstik yang satu ini mungkin akan membuat kamu bersyukur karena di era sekarang kamu bisa memakai lipstik kapan saja. Berbeda pada zaman abad pertengahan Eropa, lipstik dianggap sebagai benda yang menandakan bahwa perempuan yang memakainya adalah perempuan nakal. Lipstik juga dianggap sebagai tindakan prostitusi bagi para perempuan kalangan bawah.

Bahkan, di tahun 1700-an, parlemen Inggris menyatakan aturan bahwa seorang pria boleh membatalkan pernikahan jika calon istrinya menarik mereka dengan lipstik dan blush on. Waduh, ngeri juga, ya.

Dibuat dengan Bahan yang Amis

Pernahkah kamu mencoba membaui lipstik yang kamu pakai? Mungkin, di zaman sekarang fakta unik lipstik yang satu ini tertutupi dengan aroma-aroma lipstik yang justru sangat menggoda. Namun, tahukah kamu bahwa pada zaman dulu lipstik dibuat menggunakan bahan-bahan yang amis? Minyak ikan contohnya, dicampurkan dalam lipstik supaya lebih berkilau tahan lama.

BACA JUGA  Kumpulan adegan film terkenal sebelum dan sesudah di beri efek

Bahkan, pada abad pertengahan Eropa dulu, sebagian besar pewarna bibir dicampur dengan lemak domba, juga tumbukan akar merah. Kamu bisa bayangkan bagaimana baunya? Untung sekarang sudah tidak seperti ini lagi, ya, karena bau amis lemak domba mau pun lemak ikan bisa membuat mual.

Munculnya Tube Lipstik

Fakta unik lipstik yang satu ini adalah pelopor dari model lipstik yang ada sampai saat ini. Pada tahun 1915, seorang perempuan bernama Maurice Levy berhasil berinovasi untuk pewarna bibir ini. Dialah orang yang pertama kali membuat tube lipstik modern yang bisa diputar, persis seperti lipstik saat ini. Akhirnya, penemuan ini berhasil didebutkan di tahun 1923. Nah, barulah pada tahun 1930, sebuah perusahaan bernama Max Factor, merilis lipgloss untuk yang pertama kali.

Nyaris Dilarang di New York

Perjalanan lipstik ini tidak semulus perkiraannya. Tepat pada tahun 1920-an, New York Board of Health telah sangsi pada penggunaan lipstik pada perempuan. Mereka hampir saja memutuskan untuk melarang penggunaan lipstik, lantaran disebut-sebut bisa meracuni pria yang mencium pasangannya yang memakai lipstik. Untung saja, keputusan tersebut tidak jadi diputuskan. Kalau jadi, mungkin lipstik tidak akan sepenting ini bagi perempuan di zaman sekarang.

Nah, itu dia beberapa fakta unik lipstik yang harus kamu tahu. Bagaimana, jadi makin sayang dengan alat make up yang satu ini, bukan?