Bukan Matahari, Ini Dia Beberapa Bintang Paling Terang di Luar Angkasa

Di alam semesta ini, ada banyak sekali benda langit yang tersebar dan menarik perhatian. Salah satu di antaranya ialah bintang yang bisa memancarkan cahaya. Ada 2 bintang, yaitu bintang yang memantulkan cahaya dari bintang lain dan bintang nyata yang memiliki cahaya sendiri. Akan tetapi, secara umum bintang merupakan benda langit yang mampu memancarkan cahaya sendiri. Hal inilah yang sering kali menjadi daya Tarik tersendiri untuk banyak orang.

Selama ini, bintang sudah memiliki sumbangsih yang cukup besar untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Manusia sering menggunakan bintang sebagai tanda untuk bercocok tanam, kalender, navigasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi adalah matahari. Ada banyak orang yang mengenal matahari sebagai bintang paling terang di dunia. Akan tetapi, ternyata tidak demikian. Ada beberapa bintang yang paling terang di dunia dan bukan matahari, seperti berikut ini.

1. Sirius

Sirius
Sirius

Sirius adalah bintang yang paling terang di langit. Bintang ini bisa dilihat hamper dari seluruh tempat di bumi, kecuali untuk yang tinggal pada lintang di atas 73,284 derajat utara. Sirius, dalam Bahasa Yunani, “Seirios” memiliki arti sangat panas atau menyala-nyala.

BACA JUGA:  Intip Beberapa Fakta Panda Raksasa yang Belum Banyak Diketahui Berikut Ini

2. Canopus

Canopus
Canopus

Canopus menjadi bintang kedua yang paling terang setelah Sirius. Binyang ini paling terang pada tasa Carina. Jika dilihat dari spektrumnya, Canopus menjadi bintang raksasa terang dengan warna kuning putih. Jaraknya sekiyat 310 tahun cahaya dari tata surya.

3. Rigil Kentaurus

Rigil Kentaurus
Rigil Kentaurus

Bintang yang paling terang ketiga ini memiliki nama popular Alpha Centauri. Rigil Kentaurus merupakan bintang paling terang pada rasi Centaurus. Bintang ini adalah sistem 3 bintang yang tampak seperti sebuah bintang dari jauh.

4. Arcturus

Arcturus

Alpha Bootis atau Arcturus merupakan bintang yang paling terang dalam rasi Bootes. Selain itu, Arcturus juga menjadi bintang yang paling terang pada bagian langit utara. Bintang ini hamper bisa dilihat dari seluruh penjuru bumi, sebab posisinya tidak jauh dari ekuator angit.

5. Vega

Vega
Vega

Alpha Lyrae atau Vega adalah bintang yang paling terang kelima di langit. Vega juga merupakan bintang yang paling terang pada rasi Lyra. Bintang ini menjadi yang paling terang kedua pada langit utara dan ukurannya 2 kali lebih besar daripada matahari.

BACA JUGA:  Bocah 12 Tahun Ini Melahirkan, Pengakuannya Mengejutkan

6. Capella

Capella

Alpha Aurigae atau Capella merupakan bintang paling terang dalam rasi Auriga. Di samping itu, ini juga menjadi bintang paling terang keenam di langit. Capella menjadi bintang yang paling bersinar pada langit utara setelah Arcturusdan Vega.

7. Rigel

Rigel

Beta Orionis atau Rigel menjadi bintang yang paling terang dalam rasi Orion. Bintang ini juga merupakan yang paling terang ketujuh di langit malam. Rigel sendiri berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti kaki atau kaki Orion. Diameternya 7 kali lebih besar dari matahari.

Ituah 7 bintang yang paling terang di langit. Ketujuh bintang tersebut tentu saja bukan matahari. Setelah mengetahui beberapa bintang yang paling terang di langit tersebut, maka Anda tidak perlu berpikir bahwa matahari yang menjadi jawaranya. Dengan demikian, Anda pun telah mengetahui fakta sebenarnya. Pengetahuan Anda pun telah bertambah dengan adanya beberapa informasi di atas, sehingga tidak perlu merasa bingung lagi jika ada yang membahas tenyang topik serupa.

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.