Budaya Unik Milik  Indonesia

Budaya Unik Milik  Indonesia yang menjadi kebanggaan bangsa.  Negara kita yang terkenal dengan kekayaan budaya di setiap daerahnya,  budaya yang hanya ada di Indonesia.

Hal ini tentu sangat membanggakan. Sudah sewajarnya bangsa ini melestarikan kekayaan budaya yang dimilikinya.  Jangan sampai anda sendiri pun tidak mengenal budaya yang khas Indonesia ini.

Ini budaya unik yang hanya  ada di negara kita

  • Kebo-keboan dari Banyuwangi

Acara rutin yang dilaksanakan setiap  tahunnya pada tanggal 10 suro. Orang-orang dengan kostum domba, lengkap dengan tanduk  dan wajah yang dihias menyerupai domba. Melakukan parade arak-arakan berkeliling kota.

Tradisi ini dilaksanakan sebagai tanda syukur atas keberhasilan panen. Selain itu arak-arakan ini sebagai ritual meminta hujan, saat masuknya musim kemarau. Kini acara ini sebagai acara budaya lokal saja, tanpa ada ritual khusus.

  • Pasola dari Sumba

Tradisi  masyarakat sumba yang bermaksud memohon  kepada para dewa, agar panen tidak gagal. Acara ini dilaksanakan  pada triwulan pertama setiap tahunnya, yaitu sekitar bulan februari atau maret.

Acara ini melambangkan peperangan antara dua kelompok berkuda. Masing-masing kelompok berisi 100 orang lelaki yang bersenjatakan tombak kayu dengan diameter 1,5 cm. Tentu saja peperangan ini hanyalah bersifat permainan.

  • Dugderan dari Semarang
BACA JUGA:  Beberapa Adegan Ini Terpaksa Dipotong dalam Avengers Endgame. Kenapa?

Ini merupakan tradisi unik dari Semarang yang dilaksanakan setiap tahunnya,  tepat satu hari sebelum bulan ramadhan. Dugderan sendiri merupakan acara puncak perayaan.  Sebelumnya telah digelar pasar rakyat selama seminggu.

Pada acara ini ‘Watak Ngendok ‘ menjadi ciri khas tradisi ini, yaitu hewan rekaan yang berkepala naga, bertubuh kambing yang mempunyai sisik emas. Hewan rekaan ini diarak berkeliling kota pada acara puncak.

  • Tabuik dari Pariaman

Tradisi milik masyarakat Pariaman yang dilaksanakan  sebagai  peringatan asyura.  Pariaman terletak  di pesisir selatan Sumatera Barat.  Upacara adat ini dilaksanakan setiap tanggal  10 muharram.

Tabuik berarti mengarak  jenazah berkeliling kota, yang kemudian melabuhkanya ke laut. Ini hanyalah acara adat warisan leluhur yang masih dilestarikan, tanpa mengandung tujuan mistis apa pun.

Apa Hal Unik Selanjutnya?

  • Makepung dari Bali

Tradisi unik yang berarti balapan kerbau. Acara ini merupakan  permainan petani disela waktu tanam, bukan sebagai perayaan adat. Saat ini àcara yang berasal dari  mengisi waktu luang, dijadikan acara budaya yang rutin setiap tahunnya.

Hal ini ternyata bisa menjadi daya tarik wisatawan bagi wisatawan asing. Balapan kerbau menggunakan kereta yang ditarik dua kerbau.  Sama seperti balapan lainnya yang tercepat keluar sebagai pemenang.

  • Debus dari Banten
BACA JUGA:  Mengejutkan, Pertunjukan kembang api pergantian tahun baru 2019 di Korea Utara

Pada awalnya Debus hanyalah olahraga bela diri  khas masyarakat  Banten. Lama kelamaan Debus menjadi atraksi yang banyak  dicari. Kemampuan pemainnya menahan benda tajam tanpa terluka menjadi daya tarik tersendiri.

Acara ini digelar sebagai acara budaya, mengisi acara resmi maupun hajatan.  Para pemain adalah mereka yang sudah terlatih. Anda jangan meniru adegan yang dimainkan karena sangat berbahaya.

  • Kasada dari  Gunung Bromo

Upacara adat yang dilaksanakan setiap bulan Kasada  pada hari ke 14. Upacara adat yang bertujuan sebagai sesajen kepada  Sang Hyang  Widhi sebagai bentuk rasa syukur atas segala pemberian.

Upacara adat i ini masih dilestarikan oleh masyarakat Tengger yang ada saat ini. Upacara ini juga memohon agar panen yang akan datang  baik, terhindar dari segala hama dan musibah baik banjir maupun kekeringan.

Ternyata tanah air Indonesia memiliki berbagai  budaya yang bisa dijadikan potensi wisata.  Sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya mengenal budaya bangsanya. Budaya Unik  yang hanya ada di Indonesia.