Begini 6 Cara Bermain Game di Ponsel Android tapi Tetap Hemat Baterai

Begini 6 Cara Bermain Game di Ponsel Android tapi Tetap Hemat Baterai – Bagi sebagian besar orang, bermain game adalah salah satu cara untuk berelaksasi. Akan tetapi, belakangan ini, bermain game bukan hanya sekedar untuk bersantai saja. Ada sebagian orang yang menjadikan bermain game sebagai suatu hobi. Bahkan, ada juga yang menjadikannya sebagai ladang mencari uang.

Salah satu kendala dalam memainkan game, terutama menggunakan ponsel, adalah kapasitas baterai yang sering kali cepat habis. Memang tidak dipungkiri, ketika bermain game, pemakaian baterai menjadi lebih boros dari pada sekedar digunakan untuk berbalas pesan atau telepon saja. Supaya terhindar dari kehabisan baterai di tengah permainan, beberapa cara berikut ini patut dicoba.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara bermain game hemat baterai yang pertama adalah dengan menaktifkan Mode Hemat Baterai (Super Saver, Power Saver atau Battery Saver). Mode ini merupakan fitur yang tersedia di semua jenis ponsel pintar. Tidak perlu tambahan aplikasi apapun hanya tinggal mencarinya di Pengaturan atau Setting. Posisi mode hemat baterai ini mungkin akan berbeda-beda tergantung pada masing-masing merk ponsel yang digunakan.

Atur Tingkat Grafis ke Mode Rendah

Tampilan grafis pada suatu permainan merupakan salah satu aspek penting yang membuat setiap pemain tetap betah. Akan tetapi, jika ingin terus bisa bermain lama tanpa terganggu habis baterai, menurunkan tingkat grafis permainan tingkat rendah itu disarankan. Jika tidak mau terlalu rendah kualitas grafisnya maka tingkatan grafis medium sudah cukup untuk sedikit menghemat baterai. Pengaturan ini biasanya muncul pada pengaturan game.

BACA JUGA:  Cara Bermain Game Fantasy Football, Game Terbaru di Mobile Premier League

Atur Tingkat Kecerahan

Cara bermain game hemat baterai selanjutnya adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan (brightness) tampilan ponsel. Saat di dalam ruangan, tingkat kecerahan ponsel bisa diatur ke tingkatan rendah karena di dalam ruangan tidak ada gangguan cahaya lain seperti cahaya matahari yang sangat menyilaukan. Untuk mengatur kecerahan sangatlah mudah karena pengaturan ini biasanya terdapat di menu tersembunyi yang bisa diakses melalui bagian muka ponsel.

Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat (flight mode) sebenarnya tidak hanya bisa digunakan ketika dalam penerbangan. Mode ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menghemat baterai ketika bermain game. Dalam mode pesawat, semua panggilan atau pesan secara otomatis akan terblokir aksesnya. Meskipun begitu, jika kamu sedang memainkan game yang memerlukan koneksi internet maka gunakan sambungan wi-fi. Dengan cara seperti itu maka permainan akan tetap berjalan lancar tanpa terganggu.

BACA JUGA:  Sudah Tahu? Inilah Hal-hal Unik di Dunia yang Mungkin Tidak Terpikir Olehmu

Tutup Aplikasi Aktif Lain yang Tidak Digunakan

Cara bermain game yang mampu menghemat baterai selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan. Terkadang, setelah menggunakan suatu aplikasi, aplikasi tersebut dibiarkan terbuka begitu saja sehingga memberatkan kerja ponsel. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menutup aplikasi aktif setelah selesai digunakan demi kelancaran dalam bermain. Selain untuk menghemat baterai, cara ini juga berguna untuk menghemat penggunaan data internet.

Gunakan Mode Silent Tanpa Getar

Dalam bermain game, suara permainan bisa menjadi pendukung suasana. Akan tetapi jika suara yang muncul justru malah mengganggu, misalnya suara nada dering dari telpon atau pesan masuk, ada baiknya mode suaara dirubah ke silent. Getaran pun sebaiknya tidak digunakan karena dalam permainan getaran tidak terlalu banyak membantu tapi justru akan mengganggu konsentrasi saat ada pesan masuk.

Dari keenam cara bermain game hemat baterai di atas beberapa di antaranya bisa dikombinasikan supaya penggunaan baterai semakin hemat. Dengan kombinasi yang tepat maka kegembiraan dan kemenangan dalam bermain tidak akan terganggu oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan pendukung permainan.