Akad Nikah Unik di Tengah Wabah Corona, Ijab Kabul Pakai Tali

akad nikah foto detik com
Akad nikah unik di Jombang/Foto: Istimewa (detik.com)

Bhaca – Akad nikah unik sebab wabah corona terjadi di Jombang. Jabat tangan antara pengantin pria dengan penghulu ketika ijab kabul menerapkan seuntai tali untuk mencegah penularan Covid-19.

Akad nikah unik ini dijalani Ifan Saifudin asal Desa Pelemahan, Kecamatan Sumobito, Jombang dengan Miftahul Firdaus, warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang. Pasangan pengantin ini menggelar akad nikah di musala dekat rumah Miftahul, Rabu (1/4) kemarin.

Dikutp dari laman detik.com, Dua sejoli itu menerapkan masker dan sarung tangan agar terhindar dari virus corona. Semacam pula sekitar 10 keluarga kedua mempelai. Prosesi akad nikah dipimpin penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jombang.

BACA JUGA:  Hari Peringatan Unik di Dunia

Bagian yang unik ketika Ifan melafalkan ijab kabul di hadapan penghulu. Mereka menerapkan media tali sepanjang 60 cm ketika berjabat tangan selama ijab kabul. Penghulu ataupun Ifan mengendalikan erat ujung tali putih tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Jombang Hasanuddin mengatakan, ijab kabul pernikahan menerapkan media tali sudah menjadi rekomendasi Kementerian Agama. Tentunya akad nikah seperti ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab berjabat tangan dikhawatirkan menjadi media penularan virus tersebut.

BACA JUGA:  Curhatan saya dari perkenalan menjadi teman, pacaran hingga putus

“Memang hal itu tidak umum dilakukan, tetapi tidak mengurangi orisinilitas dan juga skor dari pernikahan itu sendiri,” kata Hasanuddin terhadap wartawan, Senin (6/4/2020).

Ifan selaku mempelai pria mengaku sempat cemas tali terlepas selama progres ijab kabul. Namun ia berterima kasih akhirnya akad nikah dengan gadis pujaannya berjalan lancar.

“Saya sempat was-was sebab tidak umum ijab kabul gunakan tali. Tadi takut jika talinya lepas,” ujarnya.

Padahal menerapkan media tali, Ifan meyakini ijab kabul ikatan suci itu tetap resmi di mata agama ataupun peraturan negara. “Alhamdulillah amat lega hatinya sudah resmi,” pungkasnya.

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.