Home / Kuliner / 7 Makanan Khas Nepal yang Patut Anda Cicipi

7 Makanan Khas Nepal yang Patut Anda Cicipi

Mungkin jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lain seperti India, Thailand, Malaysia, Indonesia atau bahkan sampai dengan Kamboja, Nepal masih tergolong bukan satu negara yang cukup populer dan menjadi destinasi wisata terkenal dunia, walaupun jika ingin mendaki ke puncak Everest, setiap orang harus melewati daerah ini.

Akan tetapi, biarpun dikatakan masih kurang begitu populer, Nepal memiliki berbagai macam hidangan lokal yang sangat lezat dan enak sekali untuk disantap. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda mengetahui kearifan lokal Nepal dari sisi kulinernya. Berikut ini adalah makanan-makanan khas atau tradisional dari Nepal yang patut Anda ketahui.

Sel roti

Sel roti
Sel roti

Ketika mendengarkan kata ‘donat’ maka yang terlintas adalah sebuah makanan ringan dari tepung roti dengan  rasa gurih serta manis karena ada taburan gula serta topping yang beragam, namun di Nepal sendiri ada satu makanan yang dinamakan Sel roti di mana bentuknya mirip dengan donat. Hanya saja, Sel roti ini memiliki rasa yang sedikit hambar dibandingkan donat-donat pada umumnya. Makanan satu ini merupakan masakan rumahan yang dibuat ketika ada acara khusus, seperti Maghe Sandkranti dan Tihar.

Gundruk

Gundruk
Gundruk

Gundruk adalah makanan yang sangat populer di Nepal. Terbuat dari fermentasi sayur-sayuran hijau dan ditambah beberapa rempah serta garam, maka Gundruk sangat cocok disajikan terutama sebagai sandingan nasi kare khas Nepal.

Bara

Bara
Bara

Ada beberapa etnis di Nepal yang salah satunya bernama Newari. Etnis satu ini merupakan penduduk asli Lembah Kathmandu. Mereka memiliki bahasa, budaya, masakan dan juga arsitektur tersendiri yang membedakan dari etnis lain di Nepal. Salah satu makanan khas Newars adalah Bara atau juga terkadang disebut dengan nama Bada. Makanan satu ini bukan makanan berat dan lebih tepatnya disebut snack yang mirip dengan pancake dengan bahan utama dari nasi. Agar memiliki rasa, maka orang-orang Newari menambahkan telur di atasnya.

BACA JUGA  Deretan Minuman Super Aneh di Jepang, Bikin Tepuk Jidat Banget

Chatamari

Chatamari
Chatamari

 

Selain Bara, orang-orang Newari juga memiliki jenis makanan ringan lainnya yang diberi nama Chatamari. Makanan satu ini dapat dikatakan sebagai pizza-nya Nepal karena secara sekilas memang memiliki kemiripan dengan pizza khas Amerika Serikat atau Italia. Hanya saja, Chatamari ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan yang dibuat di Amerika Serikat atau Italia. Tidak hanya berukuran kecil, Chatamari juga cenderung tipis. Topping dari Chatamari adalah cacahan bawang putih, daging, cabe, telur dadar dan beberapa rempah lainnya.

Yomari

Yomari
Yomari

Yomari merupakan makanan spesial khas Nepal yang mana hanya dibuat dan disuguhkan ketika digelarnya peringatan tahunan yang selalu jatuh pada bulan Desember, yaitu Yomari Punhi. Peringata ini digelar sebagai tanda akhir tahun sekaligus mengawali musim tanam. Yomari sendiri memiliki rasa yang manis walaupun sebenarnya di dalamnya terdapat campuran ikan, nasi dan berbagai rempah lain yang dipadupadankan sedemikian rupa.

Chiura

Chiura
Chiura

Dapat dikatakan bahwa makanan khas Nepal yang bernama Chiura ini memiliki kemiripan dengan keripik kentang yang ada di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Hanya saja, Chiura ini dibuat dari nasi yang dijadikan tipis kemudian dibentuk kecil-kecil. Setelah itu, Chiura yang masih mentah dikeringkan agar menghilangkan kandungan air di dalamnya. Chiura biasanya dijadikan sandingan untuk nasi kare.

Sandheko

Sandheko

Bagi Anda yang suka makanan bercita rasa pedas, maka Sandheko adalah jawabannya. Makanan satu ini teruat dari campuran kacang dan kentang yang diaduk bersamaan dengan lusinan cabe serta rempah pedas lainnya. Tentu saja, jangan ditanya lagi seberapa pedas masakan tersebut karena banyak orang bukan asli Nepal yang akhirnya menyerah setelah memakannya.

BACA JUGA  9 Makanan Terpedas di Dunia yang Patut Anda Coba Sebagai Pencinta Pedas

 

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *