Home / Kuliner / 5 Makanan Unik dari Kota Tasikmalaya

5 Makanan Unik dari Kota Tasikmalaya

5 Makanan  Unik dari Kota Tasikmalaya, merupakan makanan yang  bisa anda temukan sehari-hari di kota Tasikmalaya. Makan ini bisa dijumpai di banyak tempat penjualan makanan ringan.

Kota Tasikmalaya sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal  dengan sebutan negeri seribu pesantren. Terletak 120 km sebelah tenggara kota Bandung. Kota yang  merupakan  perluasan  dari kabupaten Tasikmalaya, memiliki berbagai  kuliner khas dengan resep warisan turun temurun.

Kuliner ini sangat sayang dilewatkan jika anda berkunjung ke kota Tasikmalaya, ini diantaranya

  • Opak Beca

Entah kenapa makanan ini diberi nama demikian. Jika melihat bentuknya makan ini berbentuk pipih bundar yang  menyerupai kerupuk.  Pangan  ini terbuat  dari singkong yang diparut lalu diberikan bumbu khas.

Setelah tercampur pangan ini dibuat bulatan-bulatan kecil lalu dipipihkan dan dijemur. Proses pengering memakan  waktu 2-3 hari tergantung  cuaca saat itu. Jika sudah kering pangnan ini siap digoreng.

Hasil gorengan yang gurih dan renyah membuat makanan  ringan ini tidak  pernah kurang  peminatnya.  Harganya yang murah membuatnya  banyak  dijadikan  cemilan sehari-hari.

  • Pais Monyong

Makanan manis yang terbungkus daun pisang ini menjadi  makanan unik  berikutnya. Makanan yang tergolong kue basah ini, terbuat  dari  tepung ketan yang dicampur air, garam, gula pasir dan sedikit minyak sayur.

Dibagian dalam terdapat kelapa parut yang dicampur  gula merah, gula pasir, garam dan ekstrak daun pandan untuk  memberikan aroma khas. Ada juga yang berisikan kacang hijau  yang telah direbus, lalu dihaluskan.

Kulit dari tepung ketan tadi diberi  isian yang telah disiapkan. Pada bagian luar dibungkus dengan daun pisang. Lalu dikukus selama kurang lebih 40 menit atau hingga  daun pisang tidak  ‘berkeringat’ lagi. Angkat pais minyong, lalu dinginkan. Sekarang siap untuk disantap.

  • Ladu
BACA JUGA  8 Pantangan setelah makan durian

Makan manis yang satu ini, terbuat dari tepung ketan juga. Bentuknya sekilas mirip dengan dodol hanya rasanya khas. Makanan ini banyak  disajikan saat menjamu tamu yang datang berlebaran.

Tetapi  kini makan bikinkan rumahan ini sudah  tersedia dalam bentuk kemasan, yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Tasikmalaya. Harganya yang ekonomis dengan rasa yang enak membuat kuliner unik ini, banyak penggemarnya.

Apa Makanan Kuno Tapi Unik?

  • Rangginang

Anda mungkin sudah sering mendengar dan merasakan makanan ringan ini. Rangginang memang ada diberbagai kota, tetapi rangginang merupakan makanan khas Tasikmalaya.  Rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi rangginang, jika ke Tasikmalaya.

Rangginang kini sudah mengalami inovasi. Makanan yang berasal dari beras ketan ini sudah memiliki  berbagai varian  rasa. Bentuknya pun kini beraneka ragam, tidak lagi bulat pipih, tetapi ada yang berbentuk bulatan kecil seperti kelereng dan berbagai bentuk lainnya.

  • Kolotong

Ini salah satu kuliner unik yang memiliki rasa gurih manis. Makanan yang berbahan dasar tepung ketan ini,memerlukan proses panjang dalam pembuatannya. Makanan ini merupakan hasil industri rumahan

Rasa kolotong yang manis membuat makan ini disukai anak-anak  maupun dewasa.  Makanan ringan yang banyak dijadikan  buah tangan ini, memiliki harga ekonomis. Anda pasti menyukai makanan ringan ini.

Tasikmalaya memang terkenal dengan  berbagai kuliner khasnya. Tidak hanya berbentuk makanan ringan tetapi juga jajanan lainnya.  Anda bisa menemukan banyak  tempat yang menjual jajanan dan cemilan khas  di setip  sudut kota Tasikmalaya.

Jika anda berkunjung ke sini, jangan  lupa untuk  menikmati berbagai kuliner unik yang dibandrol dengan harga ringan. Bisa menjadi pilihan berwisata murah bersama keluarga di penghujung tahun ini. Anda tertarik?