5 Fakta Unik Mengenai Tinggi Badan Manusia. Sudah Tahu?

5 Fakta unik mengenai tinggi badan manusia. Sudah tahu? Pertumbuhan anak bisa dilihat dari tinggi badannya. Semakin bertambahnya usia, tinggi badan juga ikut bertambah. Tanpa sadar, tinggi badan manusia bisa berkembang dengan pesat. Namun, tinggi badan bisa menjadi salah satu hal yang sangat sensitif, khususnya pada kalangan pria. Tinggi badan rata-rata untuk seorang pria di Indonesia adalah 168 sentimeter, sedangkan untuk wanita ialah 163 sentimeter.

Pernahkah kamu berpikir tentang sebuah fakta yang mungkin ada mengenai tinggi badan manusia? Ternyata, tinggi badan manusia memiliki beberapa fakta yang sangat jarang diketahui dan tidak terpikirkan. Apa saja fakta tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pertumbuhan Manusia Sangat Cepat Pada Tahun Pertama

Fakta unik mengenai tinggi badan manusia yang pertama adalah adanya pertumbuhan yang sangat cepat pada tahun pertama. Menurut penelitian, manusia cenderung untuk tumbuh secara maksimal ketika bayi berada pada tahun pertama. Bayi akan tumbuh sekitar 25 sentimeter dari lahir sampai menginjak usia 1 tahun. Lalu, tinggi akan terus meningkat sampai remaja. Pernahkah kamu memerhatikan bahwa tinggi badan anak akan bertambah setiap malamnya? Adanya pertumbuhan yang terlepas saat sedang tidur menjadi penyebabnya. Untuk itu, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup agar tingginya menjadi maksimal.

BACA JUGA:  Ternyata kereta api jaman sekarang kalah dengan kereta api jaman old

Gen Tidak Selalu Berpengaruh

Sekitar 60-80%, tinggi badan akan ditentukan oleh faktor gen atau genetik, sedangkan sisanya tergantung dari sumber nutrisi dan pola hidup. Pola hidup dan kebiasaan makan adalah dua dari faktor lingkungan yang penting untuk tinggi badan. Untuk itu, sebagai orang tua, pastikan memberikan asupan makanan yang bergizi dan sehat. Tentunya harus seimbang dan sesuai dengan aturan 5 sehat 4 sempurna.

Tinggi Badan Dapat Berubah Setiap Saat

Tahukah kamu, fakta unik mengenai tinggi badan manusia adalah tinggi badan dapat berubah setiap saat. Tinggi badan akan tinggi di pagi hari ketika baru bangun tidur. Akan tetapi, pada malam hari, tinggi badan akan berkurang 1 sentimeter. Menurut dokter, hal ini disebabkan oleh cakram tulang belakang yang mana mencengkeram tulang. Akibatnya, tulang menjadi tegak sepanjang hari, sedangkan saat tidur, tulang belakang akan melemas sehingga menjadi lebih tinggi di pagi hari daripada malam hari.

Tubuh Tinggi Memiliki Banyak Peluang Untuk Mendapatkan Uang

Berbanggalah kamu yang memiliki tubuh tinggi. Pasalnya, seseorang yang memiliki tubuh tinggi memiliki banyak peluang untuk mendapatkan uang. Menurut penelitian, orang yang bertubuh tinggi memiliki penghasilan yang lebih banyak dibandingkan dengan  orang yang bertubuh pendek setiap tahunnya. Hal ini karena semakin tinggi badan seseorang maka semakin tinggi pula harga diri dan bagaimana orang lain memandang mereka atau disebut dengan harga diri sosial. Adanya pengaruh tersebut dapat memengaruhi keberhasilan karier seseorang.

BACA JUGA:  Fakta Unik Kuku

 Tubuh Tinggi Berisiko Kanker

Jika tadi keuntungan berpihak pada orang yang bertubuh tinggi, kali ini beruntunglah kalian yang memiliki tubuh pendek. Pasalnya, fakta unik mengenai tinggi badan manusia lainnya adalah seseorang yang memiliki tubuh atau perawakan tinggi memiliki risiko yang lebih besar dan banyak untuk mengalami kanker dibandingkan dengan orang bertubuh pendek. Menurut penelitian, pada kalangan wanita sekitar 37% memiliki risiko untuk terkena kanker. Banyaknya sel yang terdapat dalam tubuh orang tinggi dapat memunculkan kanker. Meski begitu, risiko seseorang untuk terkena kanker masih tergolong rendah. Untuk itu, tetap jaga pola makan agar terhindar dari penyakit. Wah, mending bertubuh pendek atau tinggi, nih?

Itu dia 5 fakta unik mengenai tinggi badan manusia. Manakah fakta yang kamu sukai?

About Debbie Valerie

Inspirasi: Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, Ambil nafas dalam-dalam dan coba lagi.