Home / Popular / 4 Penemuan Hebat dan Salah Satunya Anda Gunakan Sehari-hari Ini, Ternyata Terinspirasi dari Alam

4 Penemuan Hebat dan Salah Satunya Anda Gunakan Sehari-hari Ini, Ternyata Terinspirasi dari Alam

Memang ada banyak inovasi atau penemuan manusia yang tercipta atas dasar penelitian dan juga pengamatan akan sesuatu yang mana benar-benar murni hasil dari pemikiran sang penciptanya, namun tidak sedikit juga dari semua penemuan yang tercipta dan digunakan sekarang ini adalah muncul karena terinspirasi dari alam.

Ya, alam sejak ribuan tahun lalu telah menjadi inspirasi bagi manusia untuk menciptakan sesuatu. Bahkan ketika zaman semakin maju seperti sekarang, masih banyak penemu yang melahirkan sebuah penemuan dan tetap menggunakan alam sebagai inspirasinya. Nah, berikut ini adalah beberapa penemuan yang terinspirasi dari alam.

Sarang laba-laba

Sarang laba-laba

Jika Anda menyentuh sarang laba-laba baik secara sengaja atau tidak, maka yang terjadi adalah jaring-jaringnya tersebut akan menempel pada jari-jari. Walaupun Anda dapat dengan mudah membersihkannya, namun menurut penelitian jaring laba-laba tersebut memiliki daya rekat yang sangat bagus untuk dapat diaplikasikan di berbagai media dan juga sangat kuat.

Terinspirasi dari sarang atau jaring laba-laba tersebut, beberapa ilmuwan di luar negeri mengembangkannya dengan membuat sebuah plester luka yang dapat menempel dengan baik di berbagai permukaan tubuh tanpa harus merusak atau menyakiti jaringan kulit halus manusia ketika melepasnya suatu hari nanti. Bahkan plester tersebut dapat digunakan untuk bayi sekalipun.

Rumah rayap

Rumah rayap
Rumah rayap

Sudah bukan menjadi satu rahasia lagi jika di daratan Afrika dan sekitarnya memiliki temperatur yang relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya. Suhu udara ketika siang hari dapat mencapai 40 derajat Celcius, bahkan lebih. Akan tetapi ketika para ilmuwan meneliti bagian dalam sarang rayap yang terbuat dari gundukan tanah berukuran raksasa di sana, ternyata suhunya cukup sejuk walaupun hawa di luar sangat panas.

BACA JUGA  Terciduk melepaskan ikan sebanyak 300 kilogram, ini alasannya

Dikarenakan hal itulah, seorang arsitek bernama Mick Pearce bekerja sama dengan banyak ilmuwan membuat satu bangunan besar yang difungsikan sebagai sebuah kompleks perkantoran di Harare, Zimbabwe dengan meniru sistem sirkulasi udara dan segala macamnya berdasarkan sarang rayap tersebut.

Kulit hiu

Kulit hiu
Kulit hiu

Secara sekilas atau dari jauh, kulit ikan hiu terlihat licin dan halus, tidak seperti ikan lain pada umumnya yang bersisik. Namun ketika diteliti lebih lanjut, ternyata kulit ikan hiu tersebut memiliki sisik-sisik halus dan rata sekujur tubuh. Sisik-sisiknya tersebut memiliki pola khusus dan berfungsi dalam menjaga kestabilan saat menyelam atau juga ketika berenang cepat.

Terinspirasi dari hal tersebut, para ilmuwan di NASA kemudian menciptakan lapisan berskala mikroskopis yang mana diaplikasikan di permukaan sebuah kapal agar dapat mengurangi coating pada kendaraan air tersebut. Bahkan teknologi tersebut akhirnya mampu membuat Stars and Stripes memenangkan suatu lomba layar tingkat internasional pada tahu 1987. Sayangnya, karena dianggap tidak adil, maka federasi layar dunia melarang penggunaan teknologi yang terinspirasi dari kulit ikan hiu itu.

Velcro

Velcro
Velcro

Banyak jenis pakaian, dompet, sepatu sampai dengan topi menggunakan velcro sebagai perekat pengganti kancing. Ternyata, asal muasal penciptaan velcro ini berasal dari pemikiran seorang insinyur yang berasal dari Swiss, George de Mestral. Pada suatu hari, ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, dia mendapati banyak tanaman burdock yang menempel pada pakaiannya. Bahkan tanaman tersebut juga menempel di bulu-bulu anjngnya.

Setelah melakukan pengamatan dan berlanjut pada penelitian, Mestral kemudian menemukan bahwa pada tanaman tersebut terdapat dua sisi yang mana satu sisi berupa simpul seperti serat pakaian dan sisi lainnya berupa pengait. Cukup lama Mestral mengujicobakan eksperimen tersebut dan akhirnya terciptalah model velcro yang kita kenal sampai sekarang ini.

About indry

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan