4 Fakta Unik Tentang Semangka, Kamu Harus Tahu

4 Fakta Unik Tentang Semangka, Kamu Harus Tahu! Semangka, adalah buah yang terkenal menyegarkan dan cocok banget dikonsumsi pas cuaca lagi panas. Selain menyegarkan, nyatanya semangka juga mengandung beberapa vitamin yang bagus banget buat tubuh kita. Seperti misalnya vitamin B6, vitamin A, vitamin C, dan bahkan semangka juga buah yangrendah lemak plus rendah kalori.

Nah, tak hanya itu saja. Semangka pun mempunyai berbagai fakta unik lainnya yang harus kamu tahu. Pastinya biar kamu bisa mengkonsumsinya dengan aman dan nggak berlebihan. Karena apapun yang berlebihan itu juga nggak baik buat tubuh. Penasaran apa saja fakta uniknya? Yuk simak rangkuman singkatnya di bawah ini!

Biji Semangka Aman Dikonsumsi

Fakta unik tentang semangka yang pertama ini datang dari bijinya. Kebanyakan dari kita pastinya akan membuang biji semangka bila tak sengaja termakan. Ketika tertelan pun,kadang merasa cemas dan khawatir karena takut mengganggu pencernaan. Nyatanya, hal ini tak perlu kamu cemaskan lagi. Karena biji semangka aman untuk dikonsumsi, asalkan tidak secara langsung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The International Journal of Nutrition and Food Science, biji semangka memiliki manfaat bagi kesehatan. Ada kandungan berupa antioksidan dengan jumlah besar, mineral dan juga vitamin B. Sebelum mengonsumsi biji semangka ini, ia harus melewati proses pengeringan atau dipanggang. Kemudian kamu bisa menanamnya seperti taoge hingga biji tersebut berkecambah.

BACA JUGA:  Jarang Orang Tahu, Ini 5 Fakta Unik Pohon Natal!

Menurunkan Berat Badan dengan Detoks Semangka

Fakta unik tentang semangka yangkedua pastinya sangat disukai oleh beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan. Nyatanya, detoks semangka bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan juga mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Namun, untuk bisa melakukannya,kamu juga harus menghitung kebutuhan kalori harian yang kamu butuhkan.

Semangka adalah buah yang rendah kalori.Setiap 150 gram buah ini mengandung 46 kalori. Sedangkan kalori yang dibutuhkan oleh perempuan biasanya 1200 kalori per hari, sementara itu untuk laki-laki sekitar 1500 kalori per hari. Sehingga kamu harus memperhatikan dengan betul makanan apa yang akan kamu konsumsi bersama semangka setiap harinya agar bisa menurunkan berat badan dengan baik.

Redakan Nyeri Otot dengan Jus Semangka

Selanjutnya mengenai fakta unik tentang semangka, yakni buah terserah mengandung asam amino langka yang bernama L-citrulline. Konon senyawa yangsatu ini bekerja dengan sangat baik pada otot yang sedang sakit. Menurut penelitian yang telah diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry membuktikan jika jus semangka dapat mempercepat pemulihan terhadap otot bahkan juga bisa meningkatkan kinerjanya.

BACA JUGA:  Data 7 Fakta Unik Tentang Mimpi, Orang Buta Juga Bisa Mimpi Lho

 

Penelitian tersebut dilakukan terhadap seorang atlet yang telah mencoba untuk minum jus semangka dari satu jam sebelum ia berolahraga. Hasilnya pun sangat menakjubkan. Karena nyeri otot yang dirasakan sebelumnya berangsur pulih dengan sangat cepat.

Semangka yang Mentah Tidak Mengandung Banyak Nutrisi

Dalam fakta unik tentang semangka yang terakhir ini, kamu harus perhatikan dengan baik apakah semangka yang akan kamu beli sudah matang atau belum matang sama sekali. Sebab, hal itu hanya akan membuatmu rugi. Dikarenakan semangka yang belum matang tersebut tak mengandung banyak nutrisi. Bahkan bisa dibilang hampir tak ada kandungan betakaroten di dalamnya.

Pelajari tentang bagaimana ciri semangka yang sudah matang. Mulai dari permukaan kulitnya, apakah ada bercak warna putih yang menandakan bahwa semangka tersebut belum matang. Hingga pastikan dengan mengetuk buahnya beberapa kali. Jika suara yang dihasilkan semakin dalam dan tidak menggema, maka itu berarti kualitas semangkanya semakin bagus.

Itulah fakta unik tentang semangka yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.